Selasa, 06 Agustus 2013

Pokemon Platinum Bagian 1

Bagain 1:
Walkthru ini telah direkomendasikan oleh pakar Pokemon Platinum, Rice2025 (Mirza).


PERHATIAN!!!
Pokemon Platinum yang asli adalah yang dirilis untuk mesin Nintendo DS, bukan GBA. Pokemon Platinum yang ada di GBA adalah game hack dan POIN tidak membahas game hack seperti itu. Pastikan kalian untuk memainkan game Platinum yang asli dari Nintendo untuk NDS.
Are You Boy or Girl?



Selamat datang di dunia Pokemon, di region Sinnoh yang luas. Petualangan besar kalian sebagai trainer Pokemon bermulai disini, di sebuah kota kecil kota Twinleaf. Saat baru memulai permainan, Profesor Rowan akan menanyakan apakah kalian anak laki-laki atau anak perempuan, namamu, dan nama rival/teman/saingan kalian. Selanjutnya kalian akan menyaksikan acara televisi. Setelah menyaksikan acara televisi, rival kalian akan datang dan mengajak kalian menemui Profesor Rowan untuk meminta Pokemon setelah itu dia pergi begitu saja. Turunlah ke lantai bawah dan ibu kalian akan mengatakan kalau berjalan di rumput liar tanpa Pokemon itu sangatlah berbahaya. Keluarlah dari rumah dan pergilah ke rumah rival kalian. Saat akan masuk ke dalam rumahnya, teman kalian tiba-tiba muncul dari dalam lalu masuk kembali ke dalam rumah. Masuklah ke dalam, naik ke kamarnya dan rival kalian akan pergi lagi. Berikutnya keluarlah dari rumah dan berjalanlah ke utara (atas) keluar dari kota Twinleaf. Rival kalian sudah menunggu di persimpangan dan dia mengajak kalian melintasi rumput liar untuk bisa pergi menemui Profesor Rowan di kota Sandgem. Kalian ingat nasehat ibu kalian bahwa sangatlah berbahaya berjalan di rerumputan liar tanpa Pokemon, tapi rival kalian tetap nekat mau berlari melintasi rerumputan. Beruntung seorang lelaki tua yang ternyata Profesor Rowan datang dan mencegahnya berlari.Kemudian datang asisten Profesor Rowan yaitu Dawn/Lucas membawa koper Profesor Rowan.Walaupun ragu, akhirnya Profesor Rowan memberikan salah satu Pokemon kepada kalian.Ada tiga Pokemon starter yang bisa kalian pilih yaitu Turtwig yang bertipe Grass, Chimchar yang bertipe Fire, dan Piplup yang bertipe Water. Pilihlah satu dari tiga Pokemon itu dan rival kalian akan ikut memilih Pokemon yang memiliki keuntungan tipe melawan Pokemon kalian. Profesor Rowan dan Dawn/Lucas lalu pergi dan rival kalian menantang kalian dalam pertarungan Pokemon.
Pertarungan Pokemon Pertama

Dalam pertarungan Pokemon, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan yaitu: HP, Move, dan Status. HP atau Hit Points adalah indicator kesehatan Pokemon kalian. Apabila bar HP sampai habis mencapai angka 0, maka Pokemon kalian akan fainted atau pingsan sehingga tidak bisa digunakan dalam pertarungan Pokemon. Untuk membangkitkannya kembali, kalian perlu membawanya ke Pokemon Center atau memberikannya item Revive. Apabila HP kalian berkurang, kalian bisa menambahkannya dengan berbagai item penambah HP seperti Potion, Super Potion, dan Hyper Potion yang bisa dibeli di PokeMart. Berikutnya yaitu Move. Move adalah jurus yang digunakan Pokemon dalam pertarungan. Ada tiga jenis jurus yaitu Attack/Physical Attack, Special Attack, dan Other. Attack atau serangan fisik adalah serangan yang memungkinkan persentuhan dengan Pokemon lawan seperti Tackle atau Scratch. Move dengan jenis ini memiliki dampak terhadap stat Defense. Jenis yang kedua yaitu Special Attack atau serangan yang tidak memungkinkan persentuhan dengan Pokemon lawan seperti Ember dan Bubble. Move dengan jenis ini memiliki dampak terhadap stat Special Defense. Sementara jenis terakhir yaitu Other move merupakan move yang menghasilkan efek tertentu dalam pertarungan, baik efek meningkatkan/menurunkan stat Pokemon pengguna atau Pokemon lawan, juga efek-efek lainnya. Contoh move ini yaitu Withdraw yang akan meningkatkan Defense Pokemon penggunanya sehingga Attack/Physical Attack akan sulit berdampak pada Pokemon yang bersangkutan. Setiap Pokemon memiliki sampai empat batas maksimal move yang bisa dipelajari. Move-move ini bisa dipelajari melalui peningkatan level atau level-up, melalui TM/HM, move tutor, atau breeding.Apabila Pokemon akan mempelajari move baru sementara slot move yang dimilikinya sudah penuh, maka move lama bisa dihapus atau dipertahankan. Pengecualian untuk HM move yang hanya bisa dihapus melalui move delete. Masing-masing move memiliki batasan penggunaan yang disebut Power Points atau PP. Apabila PP ini habis maka Pokemon tidak bisa menggunakan move tersebut. PP itu akan kembali terisi penuh apabil Pokemon dibawa ke Pokemon Center atau diberikan Ether/Elixir.
Memenangkan Pertarungan

Apabila kalian berhasil memenangkan suatu pertarungan, Pokemon kalian yang ikut serta dalam pertarungan itu akan mendapatkan sejumlah EXP atau Experience yang akan meningkatkan level Pokemon tersebut apabila telah mencapai batasnya. Apabila Pokemon kalian mencapai level-level tertentu, Pokemon kalian bisa mempelajari move baru atau bisa berevolusi. Evolusi adalah perubahan yang terjadi pada Pokemon sehingga berubah menjadi Pokemon baru yang lebih kuat. Peningkatan level adalah cara yang umum dalam evolusi Pokemon, namun tidak semua Pokemon berevolusi melalui peningkatan level atau level-up. Beberapa Pokemon hanya mengalami evolusi apabila dikenakan perlakukan khusus seperti dipapar batu evolusi, peningkatan happiness, atau melalui trade. Inilah yang kemudian disebut dengan melatih Pokemon, yaitu menjadikan mereka mencapai level tinggi, memiliki stat yang bagus, dan berada dalam kondisi tertentu.
Lelaki Misterius Bernama Cyrus

Setelah mengalahkan rival kalian, kalian akan kembali di rumah. Mengetahui Profesor Rowan memberikan Pokemon kepada kalian, ibu kalian akan menyuruh kalian pergi ke kota Sandgem untuk mengucapkan terima kasih. Sebelum kalian pergi, ibu kalian akan memberikan sepasang running shoes. Dengan menekan dan menahan tombol B lalu menggerakkan tombol arah, kini kalian bisa berlari dengan cepat. Berikutnya keluarlah dari rumah, pergi keluar kota Twinleaf dan kalian akan kembali bertemu rival kalian di persimpangan. Rekan kalian mengajak kalian menemui Profesor Rowan untuk mengucapkan terima kasih, tapi sebelum itu dia mengajak kalian ke Verity Lakefront untuk melihat Pokemon disana.Maka pergilah ke sebelah barat (kiri) ke Verity Lakefront. Disana kalian akan melihat seorang lelaki aneh berambut biru bernama Cyrus berbicara sendiri dan kemudian dia pergi melewati kalian. Selanjutnya rival kalian akan meninggalkan kalian, pergi terlebih dahulu menuju kota Sandgem.
Pokemon Liar

Untuk mencapai kota Sandgem kalian akan melewati rerumputan liar tinggi. Apabila kalian masuk melewatinya, kesempatan bertemu dengan Pokemon liar pun akan terbuka. Pokemon-Pokemon liar tinggal di tempat-tempat seperti rerumputan, gua, atau lautan.Beberapa Pokemon hanya muncul pada waktu-waktu tertentu saja seperti di pagi hari atau di malam hari.Terserah kalian apakah mau melawan mereka atau pergi dengan RUN.Dengan mengalahkan Pokemon-Pokemon itu akan menambah EXP Pokemon kalian. Meski begitu kemunculan Pokemon liar bisa dicegah apabila kalian menggunakan Repel dan meletakkan Pokemon dengan level yang lebih tinggi dari Pokemon liar di baris pertama party kalian. Pokemon-Pokemon ini nantinya bisa ditangkap apabila kalian sudah memiliki PokeBall, bola penangkap Pokemon liar.
Kota Sandgem

Melangkahlah ke arah timur (kanan) melewati rute 201. Di rute 201 kalian akan bertemu beberapa orang. Tidak hanya disitu saja, tapi di sepanjang perjalanan kalian sebagai trainer Pokemon kalian akan bertemu banyak orang. Pastikan kalian selalu berbicara dengan orang-orang itu karena beberapa item dan petunjuk didapatkan melalui percakapan tersebut. Jadi sekali lagi pastikan kalian berbicara dengan semua orang yang kalian temui dalam perjalanan kalian.Jangan lupa pula untuk masuk ke dalam rumah-rumah yang kalian temui dan bicara dengan orang di dalamnya.Oke, berikutnya melintasi rute 201 kalian akan mencapai kota Sandgem. Asisten Profesor Rowan, Dawn/Lucas telah menanti kalian disana dan dia akan mengajak kalian masuk ke laboratorium Profesor Rowan. Tapi sebelum kalian sempat masuk ke dalam laboratorium itu, rival kalian akan terlebih dulu keluar dan pergi begitu saja. Berikutnya masuklah ke dalam lab dimana Profesor Rowan telah menunggu. Profesor Rowan kemudian akan member kalian alat bernama PokeDex dan beliau meminta kalian untuk berpetualang menangkap banyak Pokemon untuk mengumpulkan data-data Pokemon di Sinnoh. Dawn/Lucas lalu mengajak kalian keluar tapi sebelum kalian pergi lebih jauh, Profesor Rowan memanggil kalian dan memberikan kalian TM Return.TM atau Technical Move adalah item berisi move-move tertentu untuk kemudian diajarkan kepada Pokemon.Penggunaan TM hanya berlaku satu kali saja, jadi gunakanlah TM dengan bijak.Terserah kalian mau menggunakannya atau menyimpannya.


Mengenal Pokemon Center dan PokeMart

Setelah itu Dawn/Lucas akan memandu kalian berkeliling kota Sandgem. Dia akan menunjukkan Pokemon Center dan PokeMart. Pokemon Center adalah tempat untuk mengembalikan HP Pokemon atau membangkitkan Pokemon yang fainted/pingsan. Bicara dengan wanita dibalik meja dan dia akan menyembuhkan Pokemon kalian dengan cepat. Di sampingnya ada sebuah computer yang bisa kalian gunakan untuk menyimpan Pokemonyaitu Someone’s PC/Bebe’s PC. Beralih pada bangunan beratap biru adalah PokeMart. Di PokeMart kalian bisa membeli item-item yang berguna dalam petualangan kalian seperti Potion, Antidote, atau PokeBall. Ada banyak item yang dijual di PokeMart dan setiap PokeMart menjual barang-barang yang berbeda pula.


Kembali ke Twinleaf

Setelah berkeliling, Dawn/Lucas menyuruh kalian pulang ke rumah untuk meminta izin pada ibu kalian. Maka kembalilah ke kota Twinleaf dimana kalian bisa mengambil jalur cepat dengan meloncat dari pembatas bukit yang berwarna cokelat. Kalian bisa lompat darisana, namun kalian tidak bisa berjalan melewatinya dari bawah. Sesampainya di Twinleaf, bicara dengan ibu kalian dan kalian akan mendapatkan jurnal untuk mencatat perjalanan kalian. Setelah meminta izin, keluarlah dari rumah tapi sebelumnya ibu rival kalian akan datang dan menitipkan Parcel kepada kalian untuk diberikan kepada rival kalian. So, berikutnya pergilah kembali ke kota Sandgem.
Menangkap Pokemon Liar

Dari kota Sandgem, pergilah ke utara (atas) ke rute 202 dan kalian akan bertemu dengan Dawn/Lucas. Kali ini dia akan mengajarkan cara menangkap Pokemon kepada kalian dengan PokeBall. Untuk menangkap Pokemon liar, yang kalian harus kalian lakukan pertama kali adalah mengurangi HP Pokemon liar yang akan kalian tangkap hingga berkurang paling tidak sampai batas merah, jangan sampai fainted. Berikutnya lemparkan PokeBall ke arahnya untuk menangkapnya. PokeBall tidak selalu berhasil menangkap Pokemon dengan tepat karena setiap Pokemon memilih catch rate atau tingkat tangkapan yang berbeda sehingga kalian mungkin butuh melemparkan PokeBall beberapa kali untuk menangkap Pokemon yang kalian inginkan. Jenis PokeBall sendiri ada banyak yang masing-masing memiliki fungsinya masing-masing.Perlu diketahui bahwa menangkap Pokemon adalah hal yang penting untuk mengisi data PokeDex.Jadi pastikan kalian menangkap Pokemon-Pokemon yang kalian temui di alam liar untuk mengisi data PokeDex kalian karena itulah inti dari permainan Pokemon, melengkapi data-data yang ada dalam PokeDex.Jangan malas berusaha menangkap Pokemon karena jumlah tangkapan Pokemon kalian berpengaruh pada kelanjutan perjalanan kalian sebagai trainer Pokemon.Pokemon-Pokemon ini bisa kalian bawa di sepanjang perjalanan kalian hingga batas enam Pokemon. Apabila slot party kalian keenamnya telah terisi penuh, maka Pokemon yang kalian tangkap akan secara otomatis terkirim ke Someone’s PC/Bebe’s PC dan kalian bisa mengambilnya di komputer Pokemon Center. Kalian tidak bisa hanya membawa stau Pokemon saja dalam party kalian karena itu akan menyulitkan perjalanan kalian.


Trainer Eyes: Trainer Battle

Di rute 202 kalian untuk pertama kalinya akan bertemu dengan trainer eyes, yaitu tantangan bertarung dari para trainer Pokemon lainnya apabila trainer-trainer itu melihat kalian. Kalian bisa menghindari pertarungan dengan trainer-trainer ini dengan cara menghindari kontak mata dengan mereka, tapi kalian perlu melawan mereka untuk melatih Pokemon kalian. Apabila kalian berhasil memenangkan pertarungan melawan trainer Pokemon lain itu kalian akan mendapatkan sejumlah uang demikian juga sebaliknya, apabila kalian kalah dalam pertarungan itu, kalian akan membayar sejumlah uang pada mereka.
Kota Jubilife: Trainers’ School

Melewati rute 202 akan membawa kalian ke kota Jubilife. Disini kalian akan bertemu kembali dengan Dawn/Lucas yang akan menunjukkan kalian pada Trainers’ School. Tapi sebelum itu kalian bertemu dengan Looker, anggota polisi internasional yang sedang menyamar. Dia akan berbaik hati memberikan VS Recorder kepada kalian. Setelah itu masuklah ke dalam Trainers’ School dan kalian akan bertemu rival kalian. Rival kalian kemudian akan pergi begitu saja setelah kalian memberikan parcel padanya dan kalian akan mendapatkan Town Map, peta region Sinnoh. Di papan tulis Trainers’s School ini kalian bisa membaca status-status yang bisa berpengaruh di dalam pertarungan Pokemon. Ada lima status yang perlu kalian ketahui yaitu Poisoned/keracunan atau PSN yang akan mengurangi HP Pokemon di setiap turn, obatnya adalah Antidote; Paralyzed atau PAR yang terkadang membuat Pokemon lumphuh tidak bisa bergerak, obatnya adalah Parylz Heal; Asleep atau SLP yaitu Pokemon tertidur sehingga tidak bisa menyerang hingga terbangun, obatnya adalah Awakening; Burned/terbakar atau BRN yang membuat HP Pokemon berkurang di setiap gilirannya, obatnya adalah Burned Heal; dan Frozen/membeku atau FRZ yang membuat Pokemon tidak bisa menyerang sampai esnya meleleh, obatnya adalah Ice Heal. Selain status-status itu kalian juga perlu tahu mengenai tipe elemen Pokemon.Setiap Pokemon memiliki tipe elemennya masing-masing maksimal memiliki dua tipe elemen.Ada tujuh belas tipe elemen yang bisa dimiliki oleh Pokemon dan masing-masing tipe elemen itu memiliki kelemahan, ketahanan, atau imunitas terhadap serangan bertipe elemen tertentu.Sebagai contoh adalah tipe Fire, tipe ini lemah terhadap serangan tipe Water namun unggul terhadap serangan tipe Grass.Contoh lainnya yaitu serangan bertipe Electric yang tidak mempan terhadap Pokemon bertipe Ground.
Kota Jubilife: Poketch

Apabila kalian sudah selesai mencari tahu di Trainers’ School, maka berikutnya keluarlah dan seorang lelaki gemuk telah menanti kalian di samping Trainers’ School. Dia akan meminta kalian mencari tiga badut promosi Poketch. Cari tiga badut itu di kota Jubilife, jawab pertanyaannya dengan benar, dapatkan kupon dan berikutnya temui kembali lelaki gemuk itu. Dia akan memberikan Poketch atau Pokemon Watch secara cuma-cuma. Poketch adalah sebuah aplikasi serbaguna untuk trainer Pokemon.Tampilan Poketch terlihat pada layar sentuh Nintendo DS yang bisa kalian gunakan kapan saja.Poketch memiliki banyak fitur menarik yang sebagian besar fitur tambahan itu bisa kalian dapatkan di sepanjang perjalanan kalian.


Menuju Oreburgh: HM

Setelah mendapatkan Poketch, pergilah ke arah timur (kanan) menuju rute 203. Saat baru keluar kota kalian akan dihadang oleh rival yang langsung mengajak kalian bertarung. Kalahkan dia dan teruskan perjalanan di rute 203 hingga kalian mencapai gua Oreburgh Gate. Seorang pendaki di dalam Oreburgh Gate akan memberikan HM6 Rock Smash. HM atau Hidden Machine adalah item yang mengajarkan move tertentu pada Pokemon, sama seperti TM. Bedanya HM bisa digunakan di luar battle untuk menyingkirkan penghalang-penghalan tertentu atau untuk melewati tempat-tempat tertentu. Meski begitu HM move baru bisa digunakan di luar pertarungan setelah mendapatkan lencana atau badge gym yang merupakan syarat penggunaannya. Dalam contoh ini HM6 Rock Smash baru bisa digunakan untuk menghancurkan baru kecil yang menghalangi jalan setelah mendapatkan lencana gym kota Oreburgh. Perbedaan lainnya antara HM dengan TM adalah HM dapat digunakan atau diajarkan berkali-kali namun menghapusnya hanya bisa dilakukan pada move deleter.


Kota Oreburgh

Saat kalian baru mencapai kota Oreburgh, seorang anak laki-laki akan memandu kalian menuju ke gedung gym. Gym adalah bangunan dimana kalian akan melawan gym leader untuk mendapatkan lencana gym atau badge.Selain mengumpulkan data PokeDex, tujuan lain dari seorang trainer Pokemon adalah mengumpulkan delapan lencana gym yang tersebar di delapan kota berbeda di region Sinnoh. Lencana atau badge tersebut didapatkan apabila kalian berhasil mengalahkan setiap gym leader dari gym yang kalian temui. Setiap gym leader merupakan spesialis Pokemon bertipe elemen tertentu dan masing-masing menggunakan Pokemon dengan tipe yang sama. Dan gym leader pertama ada di kota Oreburgh. Akan tetapi ternyata rival kalian sudah berada lebih dulu di gym dan dia menghalangi pintu masuk gym. Dia mengatakan bahwa gym leader Oreburgh sedang berada di Oreburgh Mine atau tambang Oreburgh.So, apabila kita ingin menantangnya bertarung, kita harus terlebih dulu menemuinya di Oreburgh Mine. Tapi sebelum itu ada baiknya kalian berkeliling kota Oreburgh terlebih dahulu. Di kota ini terdapat museum tambang atau Mining Museum dimana kalian bisa membangkitakn fosil Pokemon. Fosil Pokemon adalah fosil purbakala yang apabila dibangkitkan akan berubah menjadi Pokemon. Fosil ini bisa didapatkan di underground Sinnoh.


Ability Pokemon dan Pokemon Shiny

Bila kalian berkeliling kota Oreburgh kalian pasti mendengar yang disebut ability dan Pokemon shiny. Ability adalah kemampuan khusus yang dimiliki Pokemon yang berpengaruh baik dalam pertarungan Pokemon ataupun di luar pertarungan.Sebagai contoh adalah ability Pick-up yang dimiliki oleh Pachirisu.Ability ini memungkinkan Pachirisu mendapatkan item saat kalian berjalan.Contoh lainnya adalah ability Blaze yang dimiliki Chimchar. Ability ini memiliki efek di dalam pertarungan dimana kekuatan serangan bertipe Fire akan meningkat apabila HP Chimchar tinggal sepertiga atau berada di bawahnya. Pengetahuan tentang ability ini penting untuk diketahui karena berpengaruh di sepanjang perjalanan kalian.Sementara itu yang disebut Pokemon shiny adalah Pokemon yang memiliki warna berbeda dari warna umum Pokemon tersebut.Misalnya adalah Kecleon.Warna normal Kecleon adalah hijau, sementara warna shinynya adalah ungu.Tak ada perbedaan siginifikan antara Pokemon shiny dengan Pokemon normalnya, hanya pada warna dan juga kemunculannya dimana Pokemon shiny sangat jarang ditemukan di alam liar.Pokemon shiny biasanya dikenali melalui cahaya berkilauan saat kita menemukannya di alam liar.


Trade atau Pertukaran Pokemon

Di salah satu rumah kota Oreburgh terdapat anak perempuan yang menawarkan Abra untukmu dengan menukarkan Machop. Hal ini disebut dengan trade atau pertukaran Pokemon. Di sepanjang petualangan kalian kalian akan menemukan beberapa orang yang akan menawarkan pertukaran Pokemon. Apabila kalian memiliki Pokemon yang mereka inginkan, kalian bisa menukarkannya dengan Pokemon yang mereka tawarkan yang kebanyakan adalah Pokemon langka seperti Chatot. Trade Pokemon ini tidak hanya ada di dalam game yang kalian mainkan saja, akan tetapi bisa juga melakukan trade dengan mesin NDS lain milik teman kalian atau melalui Global Terminal di kota Jubilife setelah kalian mengalahkan Roark. Beberapa Pokemon mengalami evolusi setelah melalui trade, beberapa lainnya membutuhkan hold item tertentu agar evolusi bisa terjadi.
Bersambung Bagian 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar