Selasa, 06 Agustus 2013

Pokemon Platinum Bagian 4

Sebelumnya Bagian 3

Bagian 4:
Menuju Victory Road

Setelah mengalahkan Volkner dan mengobati Pokemon kalian, melangkahlah ke arah utara (atas) Sunnyshore untuk menuju ke rute 223. Tapi saat kalian akan melangkah kesana, rival kalian akan datang dan mengoceh tentang persaingan kalian berdua lalu pergi lagi. Jasmine, wanita yang ada disana yang melihat percakapan kalian dengan rival merasa senang melihat persahabatan kalian tersebut dan sebagai hadiah dia akan memberikan HM Waterfall. HM Waterfall adalah HM move yang bisa digunakan untuk menaiki air terjun. Ajarkan HM Move ini pada salah satu Pokemon tipe Water kalian yang bisa mempelajarinya karena move ini penting untuk menuju ke Victory Road. Maka berselancarlah melewati rute 223, kalahkan semua trainer yang ada disana hingga kalian mencapai air terjun besar. Gunakan move Waterfall, naiki air terjunnya dan beristirahatlah sejenak di Pokemon Center, obati Pokemon kalian sebelum kalian siap untuk tantangan Victory Road.




Victory Road

Victory Road adalah sebuah gua dengan jalan berliku yang harus kalian lewati untuk bisa mencapai gedung Pokemon League. Di dalamnya banyak trainer-trainer hebat dan Pokemon-Pokemon liar level tinggi yang siap menghadang langkah kalian. Kalahkan mereka semua untuk melatih Pokemon-Pokemon kalian dan bila kalian mencari Pokemon berlevel tinggi, disinilah tempatnya.Dalam perjalanan menuju pintu keluar dari Victory Road kalian mungkin akan menemukan sebuah pintu gua yang dihalangi oleh lelaki gendut. Pintu itu baru bisa kalian akses setelah kalian memenangkan liga Pokemon, jadi saat ini fokuskan langkah kalian untuk melewati dan keluar dari Victory Road.


Gerbang Liga

Keluar dari Victory Road akan membawa kalian ke air terjun lain. Naiki air terjun itu dan kalian akan mencapai gerbang liga Pokemon. Masuk ke dalamnya, sembuhkan Pokemon kalian dan stock item-item penting untuk pertarungan liga yang sangat menentukan.Stock item yang disarankan yaitu Hyper Potion, Max Potion, Revive, Full Heal, dan Full Restore.Bila memungkinkan, belilah item-item itu sebanyak-banyaknya. Dalam liga Pokemon kalian akan menghadapi empat trainer terkuat plus Champion liga yang tentunya sangatlah kuat. Kalian mungkin akan kesulitan mengalahkan mereka, karena itu disarankan untuk melatih Pokemon kalian hingga levelnya tinggi di atas 50-an atau 60-an, atau kalau di atas itu justru lebih baik. Pastikan juga Pokemon-Pokemon kalian memiliki ragam tipe yang berbeda dan juga move-move coverage yang mendukung. Move coverage adalah move yang member perlindungan terhadap Pokemon lawan yang menjadi ancaman. Contohnya Torterra yang lemah terhadap serangan/Pokemon Fire, akan tetapi Torterra memiliki Earthquake yang efektif menjatuhkan Pokemon Fire. Bila kalian sudah yakin untuk menantang liga Pokemon, maka bicaralah dengan lelaki yang menghalangi pintu tengah menuju Elite Four. Bicara dengan dia dan OOPS! Tiba-tiba rival kalian datang dan menantang kalian bertarung untuk kali terakhir.Dia ingin memastikan bahwa kalian telah siap menantang liga Pokemon.Jadi kalahkan dia dan buktikan bahwa kalian memang telah siap untuk menjadi juara liga Pokemon yang baru.


Elite Four

Setelah terkalahkan, rival akan pergi meninggalkanmu. Bicara dengan lelaki yang menghalangi pintu dan dia akan memastikan apakah lencana gym yang kalian miliki telah lengkap. Tentu saja lengkap, kalian tidak akan bisa melewati semua itu bila lencana kalian tidak lengkap. Lelaki itu pun menyingkir dan mempersilakan kalian untuk masuk melawan Elite Four.Elite Four adalah empat trainer terkuat yang ada di Sinnoh.Keempatnya adalah spesialis Pokemon bertipe elemen tertentu dan kalian harus memenangkan semuanya untuk bisa mencapai lokasi Champion.Ingat baik-baik, sekali kalian masuk ke dalam ruangan Elite Four, kalian tidak bisa kembali lagi ke gerbang utama. Apabila kalian terkalahkan sekali saja, kalian akan kembali ke gerbang dan harus mengulang dari Elite Four pertama lagi. Kemenangan beruntun adalah mutlak kalian dapatkan bila ingin menjadi Champion, juara baru liga Pokemon.Karena itulah siapkan Pokemon-Pokemon terbaik kalian, stock item-item penting, dan lakukan save sebelum kalian masuk ke ruangan Elite Four.
Elite Four Shodown

Elite Four pertama adalah Aaron, spesialis Pokemon bertipe Bug.Pokemon bertipe Bug lemah dengan serangan bertipe Fire, Flying, dan Rock, jadi serang menggunakan salah satu tipe serangan tersebut untuk mengalahkannya dengan mudah.
Elite Four kedua adalah Bertha, spesialis Pokemon bertipe Ground. Pokemon bertipe Ground lemah terhadap serangan bertipe Grass, Water, dan Ice, jadi serang dengan salah satu serangan bertipe tersebut untuk bisa mengalahkannya dengan mudah.
Elite Four ketiga adalah Flint, spesialis Pokemon bertipe Fire.Pokemon bertipe Fire lemah terhadap serangan bertipe Ground, Water, dan Rock, jadi serang dengan salah satu serangan bertipe tersebut untuk bisa mengalahkannya dengan mudah.
Elite Four keempat adalah Lucian, spesialis Pokemon bertipe Psychic. Pokemon bertipe Psychic lemah terhadap serangan bertipe Bug dan Dark, jadi serang dengan salah satu serangan bertipe tersebut untuk bisa mengalahkannya dengan mudah.
Akan tetapi perlu diingat bahwa kelemahan tipe itu bukan patokan untuk mengalahkan Elite Four mengingat Elite Four juga menggunakan Pokemon yang memiliki kombinasi tipe lainnya yang menjadikan serangan efektif itu menjadi tidak berarti. Sebagai contoh adalah Drapion Aaron yang memiliki kombinasi tipe Dark dan Poison yang artinya tidak efektif diserang dengan tipe Fire, Flying atau Rock tapi lemah terhadap serangan bertipe Ground. Yang perlu kalian lakukan adalah menyerang dengan serangan efektif terhadap Pokemon tersebut.
Champion

Setelah mengalahkan Elite Four terakhir, pastikan kalian untuk mengobati Pokemon kalian terlebih dahulu sebelum beranjak ke ruangan berikutnya.Ada trainer terkuat di Sinnoh yang disebut Champion yang telah menunggu tantangan kalian. Siapakah Champion itu? Maka bila telah memastikan Pokemon-Pokemon kalian dalam keadaan sehat maksimal, melangkahlah ke ruangan berikutnya untuk mengetahui siapa Champion yang harus kalian kalahkan untuk bisa menjadi juara baru liga Pokemon. Ternyata dia adalah Cynthia! Pertarungan ini akan menjadi pertarungan yang berat, pastikan kalian telah mempersiapkan diri kalian dengan sebaik-baiknya karena Cynthia adalah trainer terkuat yang akan kalian hadapi. Tentu kalian akan menjadi yang terkuat setelah mengalahkan Cynthia, karena itu hadapi dia dan kalahkan! Cynthia menggunakan kombinasi Pokemon dengan tipe yang berbeda-beda, salah satu Pokemonnya bahkan tidak memiliki kelemahan tipe.Inilah ujian terakhir kalian apakah kalian telah siap untuk menjadi Pokemon Champion.


Hall of Fame

Setelah berhasil mengalahkan Cynthia, Profesor Rowan akan datang dan terkejut dengan keberhasilan kalian. Cynthia lalu mengajak kalian ke ruang Hall of Fame untuk mencatat keberhasilan kalian tersebut. Pokemon-Pokemon dalam party kalian pun akan masuk dalam daftar Hall of Fame dimana semuanya akan mendapatkan Champion Ribbon. Perjalanan kalian menjadi Champion pun selesai sudah dan credit ending title akan mulai berjalan. Selamat, kalian baru saja memenangkan liga Pokemon dan itu tidaklah mudah. Lalu apa berikutnya? Tamat?
National Dex

Meskipun credit telah muncul, tapi masih banyak yang bisa kalian lakukan di Pokemon Platinum.Bisa dibilang perjalanan kalian masih berlanjut, kali ini sebagai world traveler.Lanjutkan petualangan kalian dengan klik Continue setelah credit selesai. Kalian akan berada di kamar kalian di Twinleaf. Buka PokeDex kalian dan lihatlah apakah kalian telah melihat semua Pokemon dalam PokeDex Sinnoh.Ada total 210 Pokemon yang harus kalian lihat/seen (bukan tangkap) untuk bisa melanjutkan petualangan kalian.PokeDex Sinnoh Platinum dimulai dari Turtwig berakhir di Giratina.Perhatikan baik-baik PokeDex kalian dan bila masih ada Pokemon yang belum kalian lihat, maka carilah Pokemon itu untuk melengkapi PokeDex kalian. Apabila semua Pokemon dalam PokeDex Sinnoh sudah kalian lihat (210 seen), pergilah ke laboratorium Profesor Rowan di Sandgem dan bicara dengannya. Profesor Oak akan datang dan melakukan upgrade pada PokeDex kalian menjadi National Dex. Ingat, kalian harus mendapatkan National Dex untuk bisa melanjutkan perjalanan kalian.


PokeRadar

Sebagai hadiah karena kalian telah melengkapi PokeDex Sinnoh, Profesor Rowan akan memberikan hadiah PokeRadar. PokeRadar adalah alat canggih untuk menemukan Pokemon-Pokemon yang tidak ada dalam PokeDex Sinnoh. Bicaralah dengan Dawn/Lucas di depan laboratorium Profesor Rowan dan dia akan menunggumu di rute 202 untuk mengajarimu cara menggunakan PokeRadar. Beberapa Pokemon dalam National Dex hanya bisa ditemukan dengan PokeRadar, jadi bila kalian berencana melengkapi National Dex, kalian harus menggunakan PokeRadar dengan maksimal. PokeRadar memunculkan rumput bergoyang (rustling grass) yang apabila didatangi akan encounter Pokemon liar tertentu dalam National Dex. Sayangnya PokeRadar membutuhkan tenaga baterai untuk menggunakannya yang harus kalian isi ulang dengan cara berjalan kaki.


Mass Outbreak

Mass Outbreak adalah situasi dimana terjadi kemunculan Pokemon secara besar-besaran di suatu area. Pokemon yang muncul biasanya adalah Pokemon yang langka dan jarang ditemukan di Sinnoh. Lokasinya acak dan bergantung pada waktu, untuk memastikannya kalian bisa bertanya pada adik Dawn/Lucas di rumahnya di kota Sandgem. Mass Outbreak adalah salah satu pilihan atau cara untuk bisa melengkapi data National PokeDex kalian.
Legendary Quest: Dialga dan Palkia

Bicara dengan Dawn di depan laboratorium Profesor Rowan dan dia akan mengatakan bahwa elder kota Celestic (nenek Cynthia) ingin bertemu dengan kalian. Setelah itu pergilah ke kota Celestic, masuklah ke dalam rumah besar di sudut kanan atas kota, bicara dengan nenek disana. Beliau mengatakan telah menemukan buku tua di Mt. Coronet dan mulai membacakannya untuk kalian.Cerita itu membuka kunci bagi kalian untuk menemukan Dialga dan Palkia. Pergilah ke sebuah ruangan di Mt. Coronet di atas air terjun yang diakses melalui jalan yang sama menuju Spear Pillar. Ada dua item di ruangan itu yaitu Adamant Orb dan Lustrous Orb.Ambil dua item itu lalu pergilah ke Spear Pillar. Saat masuk ke dalamnya kalian akan melihat Kristal biru besar yang berputar. Klik Kristal itu untuk berhadapan dengan Dialga.Setelah berhasil menangkap Dialga, keluarlah dari Spear Pillar lalu masuklah kembali ke dalamnya. Kali ini kalian akan melihat Kristal violet besar berputar disana. Klik Kristal itu untuk berhadapan dengan Palkia.Baik Dialga dan Palkia memiliki level 70, jadi pastikan kalian benar-benar siap untuk menangkapnya.


Pal Park

Kini kalian bisa mengakses Pal Park, sebuah tempat di selatan Sinnoh yang bisa diakses melalui perairan rute 219.Di Pal Park kalian bisa mendapatkan Pokemon-Pokemon dari region Hoenn dan Kanto dengan terlebih dahulu mengirimkannya dari game Pokemon versi Ruby/Sapphire/Emerald atau FireRed/LeafGreen. Pergilah ke Pal Park dan kalian akan bertemu Profesor Oak disana yang akan memberikan aplikasi Poketch PokeRadar Counter. Setelah kalian mengirimkan Pokemon Kanto/Hoenn kalian, ikutilah catching contest di Pal Park untuk mendapatkannya dan membawanya dalam party Sinnoh Platinum kalian.
Legendary Quest: Articuno, Zapdos, dan Moltres

Pergilah ke kota Eterna dan masuklah ke dalam sebuah rumah di pojok kiri bawah kota itu. Bicara dengan Profesor Oak dan dia akan memberikanmu UpGrade. Dia juga mengatakan bahwa trio Pokemon burung legendaris Kanto yaitu Articuno, Zapdos, dan Moltres terlihat menjelajah atau roaming wilayah Sinnoh.Gunakan aplikasi Poketch Marking Map untuk menemukan lokasi mereka di rumput liar atau permukaan air. Sama seperti Mesprit, kalian harus berjalan atau bersepeda untuk menemukannya. Mereka juga akan kabur saat kalian temui, jadi gunakan move Mean Look atau Block untuk mencegah mereka kabur. Ketiga Pokemon burung legendaris ini memiliki level 60, pastikan kalian siap untuk menangkap mereka.
Legendary Quest: Cresselia

Pergilah ke kota Canalave dan masuklah ke rumah Sailor Eldtrich. Bicara dengan ibu anak yang sedang tertidur. Sang ibu akan mengatakan bahwa anaknya tertidur dalam mimpi buruk dan tidak bisa terbangun. Beliau mengatakan untuk membangunkannya dibutuhkan Lunar Wing.Sayangnya suaminya sudah mencarinya di Fullmoon Island namun tidak menemukannya. Kini keluarlah dari rumah, bicara dengan pelaut di dermaga yang tak lain adalah Sailor Eldtrich untuk pergi berlayar ke Fullmoon Island. Setibanya di Fullmoon Island, jelajahi pulau hingga kalian bertemu dengan Cresselia. Cresselia akan langsung pergi saat kalian menemukannya, akan tetapi dia meninggalkan Lunar Wing. Ambil Lunar Wing dan kembalilah ke Canalave.Masuk ke dalam rumah Sailor Eldtrich dan gunakan Lunar Wing untuk membangunkan anak yang tertidur dan bermimpi buruk disana.Sejak itu Cresselia mulai bergerak menjelejah atau roaming di wilayah Sinnoh.Gunakan aplikasi Poketch Marking Map untuk menemukan lokasinya di rerumputan atau permukaan air.Sama seperti Mesprit dan Pokemon burung legendaries, kalian harus berjalan atau bersepeda untuk menemukannya. Cresselia level 50 ini juga akan kabur saat kalian temui, jadi gunakan move Mean Look atau Block untuk mencegah mereka kabur.


Turnback Cave

Ingat gua yang jalan masuknya dihalangi oleh Cynthia setelah kita keluar dari Distortion World? Gua itu adalah Turnback, sebuah gua labirin panjang berkabut yang akan membawa kita ke ruangan dimana Giratina telah menunggu disana apabila kita belum menangkapnya di Distortion World. Jadi bila kalian belum mendapatkan Giratina, ini adalah kesempatan kedua kalian untuk bisa menangkapnya. Apabila kalian sudah menangkapnya sebelumnya, ada portal di ruangan itu yang akan membawa kalian ke Distortion World. Akan muncul jalan lain di Distortion World dimana kalian bisa mendapatkan Griceous Orb, Orb yang bisa digunakan untuk merubah bentuk Giratina menjadi Origin Form di dunia manusia apabila dipasangkan padanya.
Legendary Quest: Regigigas

Pergilah ke kota Snowpoint, tepatnya di bagian utara kota di Snowpoint Temple. Saat kalian akan masuk, penjaga di depan temple akan mencegah kalian, mengatakan bahwa hanya trainer terpilih yang boleh masuk ke dalamnya. Kemudian Candice akan datang dan mengatakan untuk memperbolehkan kalian masuk. Kalian pun kini bisa masuk ke dalam Snowpoint Temple. Jelajahi Temple dengan beberapa lantainya yang terbuat dari es ini hingga mencapai dasar temple dimana kalian akan melihat patung Pokemon besar. Itu adalah patung Regigigas, Pokemon legendaries.Untuk membangkitkan Pokemon itu, kalian memerlukan tiga Pokemon legendaris lainnya yaitu trio Regis yang terdiri dari Regirock, Regice, dan Registeel di dalam party kalian. Apabila kalian sudah mendapatkan trio regis dari versi Ruby/Sapphire/Emerald, kirimkan ketiga Pokemon itu melalui PalPark dan bawa Pokemon itu dalam party kalian saat berhadapan dengan patung Regigigas di Snowpoint Temple. Regigigas level 1 akan bangkit dan inilah kesempatan kalian untuk mendapatkannya.
Sisi Lain Victory Road: Rute 224

Ingat gua di dalam Victory Road yang jalan masuknya dihalangi lelaki gendut?Pergilah kesana dan sekarang lelaki gendut itu sudah tidak berdiri disana lagi. Masuklah ke dalamnya dan kalian akan bertemu Marley, yang mengajak kalian bersama-sama keluar menuju sisi lain gua berkabut itu. Selama dalam perjalanan, Marley akan mengobati Pokemon kalian seusai pertarungan. Saat mendekati pintu keluar, Marley akan mengatakan sesuatu tentang Stone Tablet dan kemudian meninggalkanmu. Lanjutkan perjalanan kalian ke rute 224, sebuah rute dengan banyak trainer untuk dikalahkan dan banyak item untuk didapatkan. Rute 224 ini terhubung dengan Seabreak Path yang akan muncul melalui event Oak’s Letter untuk mendapatkan Shaymin di Flower Paradise (baca bagian Legendary Quest: The Event).
Fight Area

Pergilah ke kota Snowpoint dan bicaralah dengan pelaut yang ada di samping kapal yang merapat disana. Cynthia akan datang dan menyuruhmu untuk menunjukkan kemampuanmu di Fight Area. Jadi bicara dengan pelaut untuk menumpang kapal menuju Fight Area. Fight Area adalah tempat yang tepat untuk bertarung, sesuai dengan namanya. Saat baru turun dari kapal, rival kalian telah menunggu dan mengajak kalian ke Battle Frontier, dimana dua bersahabat Volkner dan Flint menghalangi jalan ke Battle Frontier. Rival akan mengajak kalian bertarung bersama seperti yang kalian lakukan di Spear Pillar. So, bekerjasamalah dengan rival untuk mengalahkan Volkner dan juga Flint. Setelah terkalahkan, Volkner dan Flint akan pergi dan seorang lelaki akan keluar dari dalam Battle Frontier. Dia adalah Palmer, ayah rival kalian yang ternyata adalah Tower Tycoon. Setelah itu Palmer akan kembali masuk kembali dan rival kalian pergi begitu saja. Lalu anak laki-laki berambut merah bicara pada kalian, memperkenalkan dirinya sebagai Buck dan setelah mengatakan tentang Survival Area dia lalu pergi.
Battle Frontier

Battle Frontier adalah sebuah tempat dimana kalian bisa menguji kemampuan pertarungan kalian dalam lima jenis fasilitas dengan system pertarungan yang berbeda. Saat pertama masuk ke dalam tempat ini, kalian akan disapa dan Vs. Recorder kalian akan diupgrade. Ada lima fasilitas battle yang bisa kalian coba yaitu Battle Tower, Battle Arcade, Battle Hall, Battle Castle, dan Battle Factory. Apabila kalian berhasil memenangkan 21 pertarungan secara berturut tanpa kekalahan, pada pertarungan ke-22 kalian akan berhadapan dengan leader dari masing-masing fasilitas. Kalian akan berhadapan dengan Palmer untuk Battle Tower, Thorton untuk Battle Factory, Dahlia untuk Battle Arcade, Darach untuk Battle Castle, dan Argenta untuk Battle Hall. Pengecualian untuk Battle Hall dimana kalian baru akan bertarung dengan Hall Matron Argenta pada pertarungan ke-50.


Survival Area

Melangkah ke gerbang di dekat dermaga Fight Area. Lelaki di dekat gerbang akan memberikan Super Rod, alat pancing paling keren dalam game ini. Dengan Super Rod kalian bisa memancing spesies Pokemon air yang lebih bervariasi,lebih canggih dari Good Rod. Setelah itu melangkalah ke rute 225 menuju Survival Area. Telusuri rute 225 hingga kalian tiba di Survival Area. Disini terdapat sebuah rumah bertuliskan “Members Only” dimana kalian belum bisa memasukinya. Di bagian atas, terdapat rumah Move Tutor yang akan mengajarkan beberapa move dengan menukarkan shard. Sembuhkan Pokemon kalian di Pokemon Center lalu lanjutkan perjalanan menuju Stark Mountain.
Stark Mountain

Telusuri rute 226 yang berlanjut dengan rute air menggunakan Surf. Di tengah perairan itu terdapat rumah Meister yang akan melakukan upgrade PokeDex sehingga kalian bisa melihat deskripsi Pokemon dalam bahasa lain seperti Jepang, Prancis, Spanyol, dan Jerman.Selesai berurusan dengan Meister, pergilan ke utara perairan untuk mencapai rute 227 yang berakhir di Stark Mountain. Awal memasuki rute 227 kalian akan bertemu dengan Wake dan rival kalian. Wake memperingatkan tentang Pokemon kuat yang menghuni Stark Mountain dan setelah itu pergi disusul rival kalian. Sebelum melanjutkan perjalan kesana, ada baiknya kalian beristirahat di dalam rumah yang ada disana. Di rute 227, mendekati Stark Mountain kalian akan mendapati hujan abu. Teruskanlah perjalanan kalian dimana kalian akan bertemu Buck yang meminta kalian berpatroli di Stark Mountain. Masuklah ke dalam gua Stark Mountain dimana tiga commander Team Galactic menyambut kalian di dalamnya. Mars dan Saturn kemudian menantang kalian dalam pertarungan Pokemon, yang perlu kalian lakukan adalah mengalahkan mereka. Setelah terkalahkan, Mars dan Saturn yang tidak setuju dengan rencana Charon memutuskan keluar dari Tim Galactic lalu pergi begitu saja dari Stark Mountain. Sebaliknya Charon, lelaki tua yang mengklaim sebagai pemimpin baru Team Galactic sepeninggal Cyrus bersama dua grunt Team Galactic masuk lebih dalam ke Stark Mountain. Kejar dia ke dalam Stark Mountain hingga Buck datang. Merasa terganggu dengan keberadaan Team Galactic, Buck memutuskan melakukan perjalanan bersama kalian untuk menemukan Team Galactic. Selama perjalanan bersamanya, Buck akan mengobati Pokemon kalian seusai pertarungan. Telusuri terus Stark Mountain hingga kalian mencapai sebuah ruangan dimana Charon berada. Charon mengklaim dengan menggunakan Magma Stone dia bisa membangkitkan Heatran dan mengendalikan gunung berapi. Saat itulah dari sebuah batu muncul Croagunk yang berlari dan mengambil Magma Stone dari Charon. Rupanya batu yang ada di ruangan itu adalah Looker yang sedang menyamar. Saat itulah datang dua orang polisi yang menangkap Charon dan membawanya pergi.
BattleGround: Gym Leader Rematch

Setelah Charon tertangkap, Buck memutuskan kembali ke Survival Area sementara tugas Looker telah selesai dan itulah pertemuan terakhir kalian dengan Looker. Kembalilah ke Survival Area dimana Buck dan rival kalian telah menunggu di depan rumah bertuliskan “Members Only”. Kini kalian diizinkan masuk ke dalam rumah itu yang ternyata adalah BattleGround, dimana kalian bisa menantang kembali para Gym Leader Sinnoh dan juga lima trainer yang pernah mendampingi kalian dalam perjalanan (Cheryl, Mira, Riley, Marley, Buck). Kalian juga bisa bertarung kembali dengan rival kalian di setiap hari Sabtu dan Minggu.
Legendary Quest: Heatran

Ingat dengan ucapan Wake tentang Pokemon kuat yang menghuni Stark Mountain dan juga cerita salah seorang di Survival Area tentang Pokemon yang lahir dari lava? Setelah bisa mengakses BattleGround di Survival Area, kini kembalilah ke Stark Mountain, tepatnya di ruangan dimana Charon ditangkap. Kalian pasti akan terkejut saat mendapati kini ada Pokemon di dalamnya. Pokemon itu adalah Heatran, Pokemon legendaris bertipe Fire dan Steel. Levelnya 50, level yang sama yang dimiliki trio danau legendaris. Jadi siapkan diri kalian dan bola penangkap terbaik kalian (Ultra Ball/Dusk Ball) untuk bisa menangkap Pokemon magma ini.


Ultimate Move

Rute 228 adalah rute dengan badai pasir yang ganas tiada akhir. Di rute ini terdapat rumah Move Tutor yang akan mengajarkan move terkuat khusus untuk bentuk evolusi terakhir dari Pokemon starter. Dia akan mengajarkan Frenzy Plant pada Pokemon starter tipe Grass (Torterra, Venusaur, Meganium, Sceptile), Blast Burn pada Pokemon starter tipe Fire (Infernape, Charizard, Typhlosion, Blaziken) atau Hydro Cannon pada Pokemon starter tipe Water (Empoleon, Blastoise, Feraligatr, Swampert). Kalian bisa mendapatkan move ini berkali-kali dan itu gratis! Syaratnya cuma happiness Pokemon starter kalian tersebut haruslah tinggi. Selain rumah move tutor, terdapat pula sebuah rumah dimana di dalamnya seorang lelaki akan bercerita mengenai masa kecil Cyrus yang menyedihkan.


Resort Area

Rute 228 akan membawa ke rute 229, sebuah rute yang nantinya bercabang dua. Di sebelah barat (kiri) rute ini menuju ke rute 230 yang akan membawa kalian kembali ke Fight Area sementara di sebelah selatan (bawah) rute ini menuju Resort Area. Pergilah ke Resort Area, sebuah tempat dimana kalian bisa beristirahat dari lelahnya bertarung Pokemon. Di Resort Area terdapat Ribbon Syndicate dan sebuah vila besar yang... hei, pemiliknya memberikannya pada kalian secara gratis! Untuk bisa masuk ke Ribbon syndicate kalian harus memiliki paling tidak sepuluh ribbon yang berbeda dalam party kalian. Di dalamnya banyak fasilitas yang bisa kalian nikmati salah satunya adalah spa Pokemon untuk meningkatkan happiness Pokemon kalian. Sementara itu mengenai vila... Yeah, sekarang vila besar itu menjadi milik kalian dan kalian bisa mendekorasinya menurut selera kalian sendiri! Dekorasi vila kalian sebaik mungkin karena mungkin saja beberapa orang akan datang mengunjungi kalian seperti rival kalian dan Profesor Rowan, para Gym Leader atau bahkan Champion Cynthia!
Elite Four Rematch!

Bila kalian mencari lawan tangguh dalam pertarungan Pokemon, kalian bisa kapan saja menantang kembali para Elite Four beserta Championnya. Tentunya pada tantangan kedua kemampuan mereka telah meningkat lebih baik dibandingkan sebelumnya dimana kini Pokemon mereka memiliki level yang meningkat sebanyak 15 sampai 16 level! Tapi bagi trainer hebat yang memiliki vila seperti kalian, hal seperti itu pastilah bukan masalah. Jadi tak ada salahnya membuktikan betapa kuatnya kalian sebagai trainer Pokemon dengan menantang mereka kembali bukan?


Legendary Quest: The Event

Beberapa Pokemon legenda hanya bisa didapatkan apabila memiliki item tertentu yang dibagikan melalui event distribusi wifi dari Nintendo. Untuk saat ini masa event distribusi itu sudah lewat, jadi tidak dimungkinkan untuk mendapatkan item-item tersebut. Akan tetapi dimungkinkan untuk mendapatkan item-item tersebut melalui kode Action Replay. Berikut ini adalah action replay untuk mendapatkan item-item tersebut. Masukkan kodenya, lalu tekan L+R untuk mengaktifkannya. Setelah itu masuklah ke dalam PokeMart dan bicara dengan Postman yang ada disana untuk mendapatkan itemnya dan pergilah ke tempat-tempat dimana item itu akan berfungsi.
Legendary Event 1: Shaymin

Kalian membutuhkan item Oak's Letter untuk mengakses Seabreak Path yang menghubungkan rute 224 dengan Flower Paradise. Setelah mendapatkan Oak's Letter, pergilah ke rute 224 tepatnya di batu butih besar Stone Tablet dimana Profesor Oak telah menunggu disana. Marley akan datang mengatakan sesuatu tentang batu itu. Bicaralah dengan Profesor Oak dan Profesor Oak akan memintamu menuliskan sesuatu di atas batu putih besar itu. Tuliskan apa saja dan sebuah jalan penuh bunga akan terbuka dimana Shaymin akan datang melihat kalian setelah itu pergi. Ikuti Shaymin di Seabreak Path yang akan membawa kalian ke Flower Paradise, dimana kalian bisa menangkapnya. Shaymin memiliki dua bentuk yaitu Land form yang bertipe Grass dan Sky Form yang bertipe ganda Grass/Flying. Untuk merubahnya menjadi Sky Form, kalian perlu bicara dengan seorang wanita di Floaroma yang mengatakan sesuatu tentang bunga Gracidea.

Kode Oak’s Letter
94000130 FCFF0000
62101D40 00000000
B2101D40 00000000
0000B5D4 00000009
0000B5D8 00000000
D2000000 00000000
Legendary Event 2: Darkrai

Kalian membutuhkan Member's Card untuk bisa masuk ke Harbor Inn yang terkunci di kota Canalave. Setelah mendapatkan Member's Card, pergilah ke kota Canalave tepatnya di sebuah rumah terkunci bertuliskan Harbor Inn. Papan di depan rumah yang sebelumnya tidak bisa kalian baca kini bisa kalian baca sepenuhnya dan kini kalian bahkan bisa masuk ke dalam rumah itu. Saat masuk ke dalamnya, seseorang yang aneh akan langsung menyambut kalian dan mempersilakan kalian tidur di tempat tidur. Kalian lalu tertidur dan bermimpi buruk, mendapati kalian berada di Newmoon Island. Jelajahi Newmoon Island hingga kalian bertemu Darkrai. Setelah kalian berhasil menangkap Darkrai, terdengar suara misterius ??? yang mengatakan sesuatu tentang mimpi buruk dan alasan kenapa Darkrai berada di Newmoon Island. Selanjutnya kalian akan terbangun dan ketika keluar dari dalam rumah akan ada sailor yang mengatakan bahwa kalian telah tertidur lama dan menanyakan apa yang kalian lakukan di sebuah rumah yang sudah lima puluh tahun lamanya tak berpenghuni. Jadi, siapakah laki-laki yang kalian temui di dalam rumah itu?

Kode Member's Card
94000130 FCFF0000
62101D40 00000000
B2101D40 00000000
0000B5D4 00000008
0000B5D8 00000000
D2000000 00000000
Legendary Event 3: Manaphy dan Phione

Manaphy didapatkan melalui kiriman dari Pokemon Ranger di Fiore, Almia, atau Oblivia dalam bentuk egg/telur. Apabila kalian tidak memainkan game Pokemon Ranger, kalian bisa mendapatkannya dengan memasukkan kode di bawah ini lalu ambillah dari Postman di PokeMart terdekat. Apabila kalian melakukan breed Manaphy dengan Ditto, maka akan menhasilkan telur Pokemon legendaris lainnya, Phione.

Kode Manaphy Egg
94000130 FCFF0000
62101D40 00000000
B2101D40 00000000
0000B5D4 00000007
0000B5D8 00000000
D2000000 00000000
Transformation Event: Rotom

Rotom, Pokemon bertipe Electric/Ghost yang kalian dapatkan dari dalam televisi di rumah berhantu Old Chateau saat malam hari itu dapat berubah bentuknya menjadi lima bentuk. Untuk merubah bentuknya kalian harus masuk ke sebuah ruangan di Galactic Eterna Building yang terkunci. Untuk membukanya kalian membutuhkan Secret Key yang bisa kalian dapatkan dengan memasukkan kode di bawah ini. Setelah mendapatkan kuncinya, masuklah ke ruangan tersebut lalu klik pada salah satu dari lima benda elektronik yang ada disana dan Rotom akan berubah menyerupai benda elektronik tersebut.

Kode Secret Key
94000130 FCFF0000
62101D40 00000000
B2101D40 00000000
0000B5D4 0000000C
0000B5D8 00000000
D2000000 00000000
Ultimate Legendary Event: Arceus

Arceus adalah Pokemon legenda terakhir yang ada dalam National Dex Platinum. Pokemon ini berdiam di Hall of Origins di puncak Spear Pillar. Untuk mengaksesnya kalian membutuhkan item Azure Flute dan juga sudah mendapatkan Dialga - Palkia. Setelah mendapatkan Azure Flute pergilah ke Spear Pillar dan sebuah tangga akan muncul yang membawa kalian ke tempat "tuhannya" Pokemon, Arceus. Tipe dasar Arceus adalah Normal, akan tetapi tipe ini akan berubah apabila kalian memasangkan plate tertentu sebagai hold item. Ada total 17 plate yang masing-masing mewakili tipe elemen Pokemon. Plate-plate ini bisa kalian temukan tersebar di wilayah Sinnoh.

Kode Azure Flute
94000130 FCFF0000
62101D40 00000000
B2101D40 00000000
0000B5D4 0000000A
0000B5D8 00000000
D2000000 00000000


***

Demikian walkthrough Pokemon Platinum berbahasa Indonesia yang disusun khusus untuk para trainer Pokemon di Indonesia yang kesulitan. Semoga walkthrough ini berguna dan bisa membantu kalian semua. Walkthru ini sendiri disusun berdasarkan petunjuk resminya sehingga tersusun secara kronologis agar mudah diikuti.

~Ditulis oleh Elite Four L.

1 komentar: