Selasa, 06 Agustus 2013

Pokemon Platinum Bagian 3

Sebelumnya Bagian 2

Bagian 3:
Gym Leader Kelima: Wake

Gym kelima terdapat di kota Pastoria dengan leadernya si pegulat yang suka bernyanyi, Crasher Wake. Tapi saat akan masuk ke dalam gym, rival kalian akan datang dan menantang kalian bertarung. Kalahkan dia dan masuklah ke dalam gym.Untuk bisa mencapai lokasi Wake di gymnya, kalian harus terlebih dahulu menik dan menurunkan tekanan air dengan menekan tombol yang ada.Teka-teki gym ini mungkin terlihat membingungkan, tapi kalian pasti bisa menyelesaikannya bila memerhatikan dengan baik. Wake adalah gym leader spesialis Pokemon bertipe Water. Tipe Water lemah terhadap serangan bertipe Electric dan Grass, jadi gunakan salah satu dari dua jenis serangan tersebut untuk bisa mengalahkannya dengan mudah. Setelah terkalahkan, Wake akan memberikan lencana kelima dan TM Brine pada kalian. Dengan lencana kelima, kini kalian bisa menggunakan HM Surf di luar pertarungan.
Mengejar Team Galactic

Setelah mengalahkan Wake, keluarlah dari gym dan rival kalian akan datang memberitahukan bahwa Team Galactic merencanakan sesuatu di Great Marsh. Wake juga akan keluar dan bersama rival dia pergi menuju Great Marsh. Ikuti mereka, bicara dengan Wake di depan gerbang Great Marsh dan akan terjadi ledakan. Team Galactic akan keluar dari Great Marsh dan kebur begitu saja. Sementara Wake masuk ke Great Marsh untuk menyelidiki yang terjadi dan Barry berjaga di depan Great Marsh, kejarlah Team Galactic hingga kalian akhirnya bertarung dengannya di Valor Lakefront.Setelah mengalahkan Team Galactic, Cynthia akan datang dan mengatakan sesuatu tentang Psyduck yang menghalangi jalan di rute 210. Dia akan memberikan SecretPotion padamu untuk diberikan pada Psyduck yang sedang sakit kepala.


Pokemon Mansion

Ke barat kota Pastoria setelah melewati rute 212 yang luas dan hujan deras, kalian akan tiba di sebuah rumah besar yang disebut Pokemon Mansion.Masuklah ke dalamnya, bicara dengan Mr. Backlot di ruangannya dan baca buku yang ada di meja ruangan itu untuk mencatat data Manaphy.Di bagian kiri dalam rumah ini terdapat para pelayan yang siap bertarung melawan kalian. Pastikan kalian memenangkan semua pertarungan dengan pelayan ini dengan turn yang disyaratkan untuk bisa melawan master dari para pelayan ini. Sang master akan mengeluarkan Blissey yang membawa Rare Candy, gunakan move thief untuk mencurinya saat bertarung melawan sang master. Di belakang Pokemon Mansion terdapat Trophy Garden, dimana kalian bisa menangkap Pokemon-Pokemon langka seperti Pichu.
Rute Berkabut Menuju Celestic

Kalian ingat dengan Psyduck yang menghalangi jalan kalian di rute 210 di dekat Café Cabin?Sekarang kembalilah kesana, bicara dengan Psyduck-Psyduck itu sehingga otomatis kalian memberikan SecretPotion pada mereka. Sakit kepala Psyduck pun sembuh dan mereka berjalan pergi dari sana. Cynthia lalu datang dan memberikan Old Charm kepada kalian untuk diberikan pada neneknya di kota Celestic. Berikutnya telusuri rute 210 untuk menuju ke kota Celestic. Sebagian rute 210 tertutupi kabut yang bisa kalian hilangkan dengan HM Defog. Ingat bahwa kabut berpengaruh di dalam pertarungan dimana akurasi serangan Pokemon kalian akan menurun drastis saat bertarung dalam keadaan berkabut.


Kota Celestic

Melewati rute 210 membawa kalian ke kota Celestic. Di kota ini tidak terdapat PokeMart, tapi kalian bisa membeli item-item PokeMart di rumah yang ada di sudut kiri atas kota ini. Ada seorang Team Galactic yang menutupi jalan masuk ruin di tengah kota. Dia bicara tentang meledakkan bom di kota, jadi lawan dia dan kalahkan hingga dia pergi dari sana. Setelah Team Galactic pergi, seorang nenek akan datang dan bicara dengan kalian. Ternyata nenek itu adalah nenek Cynthia. Berikan Old Charm titipan Cynthia dan nenek itu akan mengajakmu masuk ke dalam ruin. Saat sedang berbicara mengenai symbol segitiga di dinding ruin, Cyrus datang mengganggu, menghina dunia yang katanya tidak sempurna. Dia akan menantangmu bertarung jadi lawan dia dan menangkan. Setelah terkalahkan, Cyrus akan pergi dan nenek Cynthia memberikanmu HM Surf sebagai ucapan terima kasih. HM Surf adalah HM move yang digunakan untuk menyeberangi wilayah perairan seperti sungai, danau, atau laut. Ajarkan move ini pada Pokemon tipe kalian yang bisa mempelajarinya terutama Pokemon Water karena move ini penting untuk melanjutkan perjalanan.


Fuego Ironworks dan Sisi Lain Floaroma

Setelah mendapatkan HM Surf, kini kalian bisa mengakses sisi lain kota Floaroma dan juga Fuego Ironworks dari rute 205. Gunakan Surf di sungai kecil yang ada di rute 205 dan telurusi jalannya hingga kalian menemukan dua jalan, bagian utara ke Fuego Ironworks (atas) sementara bagian selatan (bawah) menuju bagian lain Floaroma Meadow. Di Fuego Ironworks, kalian bisa mendapatkan item-item menarik seperti Fire Stone macam-macam shard, dan TM Flamethrower. Pemilik ironworks ini, Mr. Fuego akan memberikan Star Piece padamu. Dia juga melayani penukaran Star Piece, sebagai gantinya dia akan memberikanmu beragam Shards. Bila kalian memiliki Star Piece, pastikan untuk menukarkannya dengan Shards karena Shards bisa diberikan pada move tutor di rute 212 sebagai imbalan mengajarkan move pada Pokemon. Sementara di sisi lain Floaroma Meadow, kalian bisa mendapatkan item-item dan juga honey tapi beberapa item disini dideteksi menggunakan Dowsing Machine.


Kota Canalave

Tujuan sekaligus gym berikutnya adalah kota Canalave. Untuk mengaksesnya, kembalilah ke kota Jubilife, bisa menggunakan HM Fly. Melangkah ke rute 218 di barat (kiri) kota. Gunakan Surf dan telusuri terus hingga mencapai daratan, kota Canalave. Di gerbang masuknya kalian akan bertemu kembali dengan ayah Dawn/Lucas yang melakukan upgrade PokeDex kalian sehingga kalian bisa melihat perbedaan gender di PokeDex. Di kota Canalave terdapat rumah Move Deleter, dimana kalian bisa menghapus move-move Pokemon terutama HM move yang hanya bisa dihapus disini. Disini juga terdapat sebuah perpustakaan yang bisa kalian kunjungi dan membaca buku-buku kisah legenda Sinnoh. Rival kalian akan kembali menantang kalian bertarung ketika kalian melewati jembatan menuju bagian lain Canalave. Kalahkan dia dan berikutnya terserah kalian, apakah mau melawan gym leader terlebih dahulu atau pergi ke Iron Island untuk melatih Pokemon kalian.
Iron Island

Di kota Canalave terdapat dermaga dimana kalian bisa menumpang kapal untuk menuju ke Iron Island. Sebelum menantang Gym Leader Canalave, ada baiknya kalian mengunjungi pulau ini terlebih dahulu.Naik ke kapal dan berangkatlah ke Iron Island untuk melatih Pokemon kalian dan mendapatkan HM Strength. Di Iron Island kalian akan bertemu dengan Riley, lelaki berpakaian biru yang akan memberikan HM Strength pada kalian. HM Strength adalah HM move bisa digunakan untuk mendorong batu besar. Untuk menggunakannya di luar pertarungan, kalian harus terlebih dahulu mendapatkan lencana keenam.Masuklah ke dalam gua Iron Island dan di lantai bawah yang kedua kalian akan bertemu kembali dengan Riley, kali ini mengajak kalian menjelajahi gua bersama-sama karena merasakan hal yang aneh di gua itu. Selama perjalanan kalian di gua, Riley akan mengobati Pokemon kalian setelah bertarung. Telusuri gua Iron Island bersama Riley hingga kalian bertemu Team Galactic. Kalahkan mereka dan Riley akan memberikan telur Pokemon kepada kalian lalu berpisah. Telur itu nantinya akan menetas menjadi Riolu. Riolu dapat berubah menjadi Lucario apabila happinessnya mencapai maksimal.
Gym Leader Keenam: Byron

Gym keenam terdapat di kota Canalave dengan gym leadernya, Byron. Gym ini terdiri dari banyak lift naik turun dan menyamping yang harus kalian lewati sebelum akhirnya mencapai lokasi Byron. Byron adalah gym leader spesialis Pokemon tipe Steel.Tipe Steel lemah terhadap serangan bertipe Fire, Ground, dan Fighting, jadi gunakan salah satu tipe serangan tersebut untuk bisa mengalahkannya dengan mudah. Setelah terkalahkan, Byron akan memberikan lencana keenam kepada kalian dan juga TM Flash Cannon. Dengan lencana keenam, kini kalian bisa menggunakan HM Strength di luar pertarungan untuk mendorong batu besar yang menghalangi jalan.


Ledakan Besar

Setelah mengalahkan Byron, rival kalian akan datang dan mengajak kalian ke perpustakaan. Bila kalian belum mendapatkan HM Strength, dia akan menyuruh kalian mendapatkannya terlebih dahulu di Iron Island. Setelah itu Rival kalian akan masuk ke dalam perpustkaan, ikuti dia naik ke lantai ketiga. Di lantai ketiga telah menunggu Profesor Rowan dan Dawn/Lucas.Profesor Rowan meminta kalian bertiga menyelidiki Pokemon legenda di tiga danau yang berbeda.Saat sedang berbibaca itulah terdengar suara ledakan yang keras disertai gempa bumi.Berita di televisi menyatakan bahwa telah terjadi ledakan di Lake Valor.Keluarlah dari perpustakaan bersama Profesor, rival, dan Dawn/Lucas untuk mengetahui keadaan sekitar. Kalian kemudian akan berpencar seperti yang direncanakan, rival ke Lake Acquity, Dawn/Lucas dan Profesor Rowan ke Lake Verity, sedangkan kalian sendiri pergilah ke Lake Valor.
Lake Valor

Pergilah ke Lake Valor dengan cara menggunakan HM Fly ke Pastoria atau Veilstone, lalu bergeraklah ke Valor Lakefront. Kameramen yang sebelumnya menghalangi jalan ke Lake Valor kini sudah tidak ada disana, jadi bergegaslah ke Lake Valor.Yang terjadi disana begitu menyedihkan dengan wilayah danau yang sudah diledakkan dan banyak Magikarp terkapar tak berdaya.Kalahkan semua Tim Galactic yang ada disana lalu masuklah ke dalam gua di tengah danau.Di dalamnya telah menunggu commander Team Galactic, Saturn. Kalahkan dia. Setelah terkalahkan, Saturn akan mengatakan bahwa kalian terlambat karena Pokemon danau legendaries sudah dibawa ke markas Tim Galactic. Dia juga mengatakan bahwa Mars berada di Lake Verity sekarang untuk menangkap Pokemon danau legendaries lainnya.


Lake Verity

Setelah berurusan dengan Tim Galactic di Lake Valor, segeralah pergi ke Lake Verity. Kalian bisa menggunakan fly ke Twinleaf untuk cepat sampai disana. Di Lake Verity kalian akan melihat Profesor Rowan dan Dawn/Lucas sedang dikeroyok oleh Tim Galactic. Selamatkan mereka dengan mengalahkan semua Tim Galactic disana. Commander Tim Galactic, Mars berhasil mengalahkan Dawn/Lucas sehingga kalian perlu mengalahkannya untuk membalas kekalahan Dawn/Lucas. Meski begitu kalian ternyata juga terlambat disini karena Mars mengatakan bahwa Pokemon danau legendaries di Lake Verity sudah dibawa ke Markas Tim Galactic. Profesor Rowan kemudian mengatakan kekhawatirannya pada rival kalian di Lake Acuity. Jadi sekarang pergilah ke Lake Acuity.


Rute Bersalju

Untuk bisa mencapai Lake Acuity, kalian harus melewati perjalanan panjang. Pertama terbanglah ke kota Celestic lalu melangkahlah ke barat (kiri) ke rute 211 atau terbanglah ke kota Eterna lalu melangkahlah ke timur (kanan) ke rute 211. Masuklah ke dalam gua Mt.Coronet, gunakan HM Strength untuk mengakses bagian yang terhalang di Mt. Coronet.Telusuri gua itu hingga kalian keluar dari dalamnya mencapai rute 216, rute bersalju. Di sepanjang rute ini terjadi hujan salju atau hail, yang berefek di dalam pertarungan Pokemon mengurangi HP Pokemon di setiap turn kecuali Pokemon bertipe Ice. Di rute 216 tepatnya di wilayah dengan badai salju ganas, kalian bisa menemukan HM Rock Climb di belakang salah satu rumah yang ada disana. HM Rock Climb adalah HM move yang bisa digunakan di luar pertarungan untuk memanjat dinding berbatu. Di sisi lain arena badai salju lebat itu terdapat sebuah batu biru yang disebut Icy Rock. Apabila kalian meningkatkan level Eevee di sekitar batu itu, Eevee akan berevolusi menjadi Glaceon.


Kota Snowpoint

Keluar dari rute 216 di rute 217, kalian akan bertemu rival kalian atas bukit. Dia mengatakan kalian bisa naik ke atas dengan move Rock Climb, tapi kalian belum bisa menggunakannya di luar pertarungan bila belum mendapatkan badge Snowpoint. So, teruskan perjalanan kalian memasuki kota Snowpoint, sebuah kota bersalju. Sama seperti di rute 212, di kota Snowpoint terdapat move tutor yang akan mengajarkan move pada Pokemon kalian dengan syarat memberikan shard. Di kota ini terdapat Snowpoint Temple berisi Regigigas serta ada pula pelabuhan yang akan membawa kalian ke Battle Frontier. Akan tetapi keduanya baru bisa diakses setelah kalian mendapatkan National PokeDex.
Gym Leader Ketujuh: Candice

Gedung gym ketujuh terdapat di kota ini dengan gym leadernya yaitu Candice. Interior gedung ini adalah lantai es yang licin dan bola- bola es padat. Untuk bisa mencapai tempat Candice, kalian harus menghancurkan bola-bola es padat itu terlebih dahulu dengan cara meluncur dari sisi atas ke sisi bawah. Candice adalah gym leader spesialis Pokemon tipe Ice. Pokemon tipe Ice lemah terhadap serangan bertipe Fire dan Fighting, jadi gunakan salah satu dari dua tipe serangan itu untuk mengalahkannya dengan mudah. Setelah terkalahkan, Candice akan memberikan lencana ketujuh dan juga TM Avalanche. Dengan lencana ketujuh, kini kalian bisa menggunakan Rock Climb di luar pertarungan untuk memanjat dinding berbatu.


Lake Acuity

Setelah selesai dengan kota Snowpoint, pergilah ke tempat dimana kalian bertemu dengan rival di rute 217. Gunakan Rock Climb untuk memanjat ke atas dan pergilah ke Lake Acuity. Di Lake Acuity kalian akan mengetahui bahwa rival kalian telah dikalahkan oleh Jupiter. Jupiter mengatakan bahwa Pokemon danau legendaris di Lake Acuity telah dipindahkan dan setelah mengatakan itu dia akan pergi. Bicaralah dengan rival kalian hingga rival kalian pergi meninggalkan Lake Acuity. Kalian juga segera meninggalkan Lake Acuity, tapi ada baiknya kalian menjelajahi danau ini terlebih dahulu untuk mendapatkan item. Kalian juga bisa mendapatkan Bibarel level tinggi disini bila kalian hendak menjadikannya HM Slave.


Galactic Warehouse

Jupiter mengatakan bahwa Pokemon danau legendaris semuanya sudah dibawa ke markas Team Galactic. So, pergilah kembali ke kota Veilstone menuju ke Galactic Veilstone Building. Di depan Galactic Veilstone Building kalian bertemu dengan Team Galactic yang kemudian pergi dari sana. Lalu datang Looker, mengatakan bahwa dia sudah mendapatkan Storage Key, kunci untuk masuk ke Galactic Warehouse. Masuklah ke dalam Galactic Warehouse dan Looker akan datang menyusulmu, membukakan pintu di dalam Galactic Warehouse. Jelajahi Galactic Warehouse, kalahkan semua Team Galactic disana dan temukan Galactic Key. Setelah menemukan Galactic Key, keluarlah dari Warehouse dan masuklah ke Galactic Veilstone Building.


Galactic Veilstone Building

Buka pintu besi di dalamGalactic Veilstone Building dengan Galactic Key. Masuklah ke dalamnya, telusuri, kalahkan semua Team Galactic yang ada disana hingga kalian tiba di ruangan aula dimana Cyrus, pemimpin Team Galactic tengah berpidato pada anggota-anggota Team Galactic yang berbaris disana. Bersama Looker, kalian akan menyaksikan pidato Cyrus tersebut hingga acara itu selesai. Setelah pidato selesai, telusuri kembali Galactic Veilstone Building, kalahkan Team Galactic yang ada, gunakan warp panel hingga kalian tiba di nap room. Tidurlah di kasur yang ada di nap room untuk mengembalikan HP Pokemon kalian karena setelah itu kalian akan bertarung dengan bos Team Galactic, Cyrus.


Menyelamatkan Pokemon Danau Legendaris

Naiklah ke atas dimana Cyrus telah menanti disana.Sebagai bos dari Team Galactic, Cyrus tentu sulit ditaklukkan, tapi trainer hebat seperti kalian pastilah bisa mengalahkannya dengan mudah. Setelah terkalahkan Cyrus akan memberikan Master Ball sebagai hadiah untuk kalian. Master Ball adalah jenis PokeBall paling canggih yang langsung bisa menangkap Pokemon apapun tanpa gagal.Hanya ada satu Master Ball, jadi gunakanlah bola ini dengan bijak.Cyrus kemudian mengatakan bahwa dengan memanfaatkan kekuatan Pokemon danau legendaris dia berhasil menciptakan Red Chain.Dia mengatakan sesuatu tentang Mt. Coronet dan pergi meninggalkan kalian.Setelah dia pergi, melangkahlah ke ruangan sebelah, gunakan warp untuk tiba di ruangan dimana Pokemon danau legendaris dikurung.Kalahkan Saturn dan bebaskan Pokemon danau legendaris dengan menekan tombol komputer.
Mt. Coronet

Cyrus mengatakan akan melakukan sesuatu di Mt. Coronet yang merupakan tujuan terakhir Team Galactic. Jadi kalian tidak bisa diam saja, kalian harus segera mengejar Team Galactic di Mt. Coronet.Pergilah ke Mt. Coronet lewat gua di bagian tengah Mt. Coronet yang berada di dekat Oreburgh City. Sebelum pergi, pastikan dalam party kalian ada Pokemon yang mempelajari Surf, Rock Climb, Strength, dan Rock Smash. Mt. Coronet terdiri dari dua sisi yaitu sisi bagian dalam dan bagian luar.Di bagian luar gunung ini terjadi hujan salju, sehingga kalian butuh memperhatikan dinding-dindingnya dengan seksama untuk bisa melihat bebatuan untuk dipanjat dengan Rock Climb. Di Mt. Coronet terdapat banyak item tak terlihat sehingga kalian perlu mengaktifkan Dowsing Machine kalian untuk menemukan item-item yang tentunya berguna di sepanjang perjalanan kalian.Dan juga pastikan kalian telah membeli beberapa Ultra Ball karena nantinya kalian membutuhkan banyak bola untuk menangkap Giratina bila kalian ingin menangkapnya.


Spear Pillar

Di dalam Mt. Coronet kalian akan berjumpa dengan banyak Team Galactic. Kalahkan mereka semua agar kalian bisa melanjutkan perjalanan kalian menuju puncak Mt. Coronet, Spear Pillar. Kalian akan sempat bertemu Looker di Mt. Coronet yang menyuruh kalian terus masuk ke Mt. Coronet. Perjalanan di dalam Mt. Coronet cukup panjang dan melelahkan, tapi itu pasti bukan masalah untuk trainer hebat seperti kalian. Setelah keluar masuk gua Mt. Coronet, dari bagian dalam dan juga bagian luar gunung, kalian akan mencapai puncaknya yang disebut Spear Pillar. Cyrus tampak berdiri di tengah-tengah altar, tapi dua commander Team Galactic yaitu Mars dan Jupiter menghalangi kalian mendekatinya dan memaksa kalian bertarung. Saat itulah rival kalian datang untuk membantu kalian dalam pertarungan ganda melawan Jupiter dan Mars. Kalahkan Jupiter dan Mars agar kalian bisa menghentikan ambisi Cyrus.
Kemunculan Giratina

Kalian hendak menghentikan Cyrus tapi terlambat, dia telah menggunakan Red Chain untuk memanggil Dialga, Pokemon waktu dan Palkia, Pokemon ruang. Dialga dan Palkia muncul secara cinematic, membuat Cyrus merasa senang karena keinginannya untuk menciptakan dunia baru yang sempurna akan segera tercapai. Akan tetapi tiba-tiba muncul sebuah bayangan hitam dan Pokemon misterius muncul.Pokemon itu menciptakan lubang hitam dan membawa Cyrus masuk ke dalamnya.Saat itulah Cynthia muncul dan mengatakan bahwa Pokemon bayangan adalah Pokemon ketiga di antara Dialga dan Palkia. Nama Pokemon itu adalah Giratina yang terlupakan karena tinggal di dimensi lain yang disebut Distortion World. Giratina muncul karena merasa terganggu akibat ketidakseimbangan yang disebabkan oleh kemunculan Dialga dan Palkia.Cynthia mengatakan bahwa dunia kalian terancam akibat kemunculan Giratina sehingga kalian perlu untuk menghentikan Giratina. Cynthia akan menanyakan kesiapan kalian untuk memasuki Distortion World demi menghentikan Giratina. Bila kalian siap, segeralah masuk ke dalam lubang hitam yang ada di altar untuk pergi ke Distortion World.


Distortion World

Distortion World adalah sebuah dunia atau dimensi dimana segalanya tidak beraturan, waktu tidak bergerak dan ruang tidak stabil.Tidak ada makhluk atau Pokemon yang tinggal di dalamnya kecuali Giratina.Bersama Cynthia kalian akan menjelajahi dunia ini dimana akhirnya kalian berpencar. Telusuri terus Distortion World dan kagumi keajaiban dunia terbalik ini. Uxie, Azelf, dan Mesprit, tiga Pokemon danau legendaris akan datang menunjukkan arah pada kalian. Saat bertemu kembali dengan Cynthia, dia akan mengatakan bahwa Pokemon-Pokemon danau itu datang memberikan petunjuk untuk meneruskan perjalanan di Distortion World. Dia benar, yang perlu kalian lakukan adalah menemukan tiga batu yang bisa didorong dengan Strength dan menjatuhkannya ke dalam lubang di dekatnya, ke tempat yang sejajar dengan lokasi Cynthia. Lalu secara otomatis kalian akan kembali ke lokasi yang sejajar dengan tempat Cynthia dimana di tiga tempat yang berbeda terdapat Pokemon danau legendaris tengah melayang. Jatuhkan batu-batu tersebut ke lubang yang berada tepat di depan masing-masing Pokemon danau itu lalu bicaralah dengan Cynthia. Sebuah jalan akan terbuka dan lanjutkan perjalanan kalian. Pada akhirnya kalian akan bertemu kembali dengan Cyrus yang menantang kalian dalam pertarungan terakhir. Cyrus lebih tangguh kali ini sehingga kalian butuh strategi yang tepat untuk bisa mengalahkannya.
Legendary Quest: Giratina

Setelah terkalahkan, Cyrus akan mengoceh bahwa dunia akan hancur apabila kalian menangkap atau mengalahkan Giratina dan kemudian pergi begitu saja dengan kekecewaan karena rencananya digagalkan oleh Giratina. Setelah mendengar ucapan Cyrus, kalian jadi ragu untuk menangkap atau mengalahkan Giratina, tapi Cynthia kemudian meyakinkan kalian dengan mengatakan yang disebutkan Cyrus adalah bohong.Jadi percayalah pada Cynthia karena dia orang baik dan juga dia wanita (?).Jadi melangkahlah terus hingga Giratina muncul.Tangkap atau kalahkan dia untuk membuka portal ke dunia nyata. Cyrus akan datang setelah kalian menangkap atau mengalahkan Giratina, tak percaya bahwa Pokemon itu bisa kalian tangkap. Setelah berdebat dengan Cynthia, dia lalu pergi begitu saja.Berikutnya Cynthia mengajak kalian kembali ke dunia nyata melalui lubang putih yang ada disana. Saat memasuki lubang itu kalian akantiba di Sendoff Spring – Spring Path yang terhubung dengan rute 214. Cynthia menyuruhmu menemui Profesor Rowan di kota Sandgem, so pergilah kesana karena Profesor pastilah sangat khawatir.


Kembali ke Sandgem

Kembalilah ke kota Sandgem dengan Fly, masuk ke laboratorium Profesor Rowan dan beliau akan melakukan cek pada PokeDex kalian. Menyadari kalian telah mendapatkan tujuh lencana, beliau lalu akan menyuruh kalian untuk menantang gym terakhir di kota Sunnyshore. Tapi sebelum kalian kesana, ada baiknya kalian pergi dulu ke Pal Park melalui pantai di selatan Sandgem.Gunakan HM Surf dan telusuri lautnya, lawan trainer yang ada hingga kalian mencapai Pal Park.Pal Park adalah tempat dimana kalian bisa mengirimkan Pokemon-Pokemon dari versi FireRed/LeafGreen dan Ruby/Sapphire/Emerald.Akan tetapi tempat ini baru bisa diakses setelah kalian mendapatkan National Dex, jadi kembalilah kesini setelah kalian mendapatkan National Dex.
Legendary Quest: Uxie, Azelf, dan Mesprit

Setelah terbebas dari kurungan di Galactic Veilstone Building serta membantu kalian di Distortion World, ketiga Pokemon danau legendaris yaitu Uxie, Azelf, dan Mesprit akan kembali ke tempat asal mereka di dalam gua yang ada di tengah danau tempat tinggal mereka. Uxie berada di Lake Acuity, Azelf di Lake Valor, dan Mesprit di Lake Verity.Ketiganya bertipe Psychic dengan ability Levitate dan level 50. Datangilah gua-gua itu untuk menangkap ketiga Pokemon danau legendaris tersebut. Pengecualian untuk Mesprit, dimana saat kalian menemuinya di gua Lake Verity, Pokemon itu akan pergi dan memulai roaming menjelajah Sinnoh. Gunakan aplikasi Poketch Marking Map untuk melacak jejaknya.Aplikasi Marking Map bisa didapatkan di Poketch Company di Jubilife.Saat mengetahui lokasi Mesprit, kejarlah dengan berjalan kaki atau sepeda, jangan dengan Fly. Saat tiba di lokasi, masuklah ke rumput liar atau permukaan air yang ada disana untuk counter Mesprit. Tapi saat bertemu Mesprit, di turn pertama dia akan langsung kabur sehingga kalian akan sulit untuk bisa mendapatkannya. Untuk mencegahnya kabur dari arena pertarungan, gunakan move Mean Look atau Block, lalu lemahkan hingga bisa kalian dapatkan.


Kota Sunnyshore

Lanjutkan perjalanan kalian ke kota Sunnyshore dari Grand Lake Valor Lakefront. Kini lelaki gendut yang menghalangi jalan kalian sebelumnya sudah tidak ada sehingga kalian bisa pergi melanjutkan perjalanan ke rute 222. Telusuri rute 222 hingga kalian mencapai kota Sunnyshore, kota dengan panel surya. Tapi sebelum itu kalian akan bertemu dengan Flint yang memintamu bertarung melawan gym leader Sunnyshore untuk mengembalikan kembali semangat gym leader itu. Masuki kota Sunnyshore dimana terdapat Sunnyshore Market yang menjual berbagai jenis Seal untuk Ball Capsule. Terdapat pula wanita yang akan memberikan effort Ribbon di market ini. Di bagian lain kota ini kalian juga bisa mendapatkan Ribbon dari Julia dan mendapatkan aplikasi Poketch.
Gym Leader Terakhir: Volkner

Gym kedelapan sekaligus terakhir terdapat di kota ini yang harus kalian kalahkan untuk melengkapi lencana kalian. Akan tetapi Flint berdiri menghalangi di depan pintu gym, mengatakan bahwa gym leader Sunnyshore berada di Lighthouse. Pergi dan masuklah ke Lighthouse dan bicara dengan lelaki di depan binocular. Dia adalah Volkner, gym leader Sunnyshore yang setelah itu akan pergi kembali ke gymnya, menunggu tantangan kalian disana. Langsung saja pergi ke gym Sunnyshore dan Flint akan mempersilakanmu masuk ke dalamnya seraya pergi meninggalkan Sunnyshore. Bagian dalam gym Sunnyshore adalah kumpulan gear raksasa yang menggerakkan jembatan di atasnya. Kalian perlu menekan tombol-tombol yang ada disana untuk mengatur gerakan jembatan hingga kalian mencapai lokasi Volkner.Volkner adalah gym leader spesialis Pokemon bertipe Electric. Pokemon tipe Electric lemah terhadap serangan bertipe Ground, jadi gunakan move bertipe Ground untuk bisa mengalahkannya dengan cepat. Setelah terkalahkan Volkner akan memberikan lencana kedelapan sekaligus terakhir kepada kalian dan juga TM Charge Beam. Dengan lencana kedelapan, kini semua Pokemon yang kalian dapatkan melalui trade akan mematuhi perintah kalian. Kalian juga kini bisa menggunakan HM Waterfall di luar pertarungan untuk menaiki air terjun.

Selanjutnya Bagian 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar