Selasa, 06 Agustus 2013

Pokemon Platinum Bagian 2

Sebeumnya Bagian 1

Bagian 2:
Gym Leader Pertama: Roark

Pergilah ke Oreburgh Mine di selatan kota Oreburgh. Telusuri terus tambang itu hingga kalian bertemu dengan seseorang berhelm merah disana. Dia akan menunjukkan cara menggunakan Rock Smash dan kemudian pergi kembali ke gymnya. Berikutnya pergilah ke gym Oreburgh, masuk ke dalamnya dan lawan Gym Leader Roark.Roark adalah gym leader dengan spesialisasi Pokemon tipe Rock.Pokemon tipe Rock lemah terhadap serangan bertipe Water, Grass, Fighting, Ground, dan Steel.Jadi gunakan salah satu serangan bertipe tersebut untuk mengalahkannya dengan mudah. Setelah terkalahkan Roark akan memberikan lencana pertama dan juga TM Stealth Rock. Kalian pun kini bisa menggunakan move Rock Smash di luar pertarungan.
Kota Jubilife: Jubilife TV

Setelah mengalahkan Roark, kembalilah ke kota Jubilife. Tapi sebelum kalian meninggalkan Oreburgh, rival kalian akan datang dan mengatakan bahwa gym berikutnya ada di kota Eterna. Kemudian saat akan memasuki kota Jubilife, kalian akan berpapasan dengan Looker. Pergilah ke utara (atas) kota Jubilife dan kalian akan melihat dua orang berpakaian aneh sedang menodong Profesor Rowan dan Dawn/Lucas untuk merebut hasil penelitian. Dawn/Lucas lalu mengajak kalian bertarung ganda atau double battle melawan kedua orang itu. Setelah menang, Profesor Rowan dan Dawn/Lucas akan pergi dan bagian promosi Jubilife TV datang menginformasikan bahwa gedung Jubilife TV sudah bisa dimasuki bila kalian ingin mendandani Pokemon kalian. Kalian bisa mengunjungi Jubilife TV terlebih dahulu atau meneruskan perjalanan ke rute 204.


Kota Floaroma

Dari kota Jubilife pergilah ke utara ke rute 204 dan masuki Ravaged Path hingga keluar ke bagian lain/atas rute 204 hingga kalian mencapai kota Floaroma. Di kota Floaroma ini terdapat toko Pick a Peck of Color Flower Shop. Masuklah ke dalamnya untuk mendapatkan Sprayduck.Di toko ini kalian bisa menukarkan berry dengan aksesoris untuk Pokemon kalian.Berry adalah tanaman yang bisa kalian temukan di sepanjang Sinnoh. Berry bisa digunakan sebagai obat untuk Pokemon dan juga bisa dimasak menjadi Poffin. Setiap kali kalian memetik berry di pinggir-pinggir jalan, pastikan untuk menanam kembali dan menyiramnya dengan Sprayduck untuk menumbuhkan berry baru. Selain toko berry itu, di sudut kiri atas kota ini terdapat Floaroma Meadow yang saat ini belum bisa dilewati karena jalannya dihalangi oleh dua orang berkostum aneh yang mengaku sebagai Team Galactic. Jadi berikutnya lanjutkan perjalanan ke rute 205 di timur (kanan) kota menuju Valley Windworks dimana seorang anak perempuan disitu meminta tolong pada kalian untuk menyelamatkan ayahnya di Valley Windworks.


Sweet Honey

Bicaralah dengan Tim Galactic di depan pintu Valley Windworks dan kalahkan dia. Setelah itu pergilah kembali ke kota Floaroma dan kini tidak ada Tim Galactic yang menghalangi jalan ke Floaroma Meadow. Pergilah ke Floaroma Meadow dan kalahkan dua Tim Galactic yang sedang menodong bapak-bapak disana. Setelah terkalahkan, Tim Galactic akan pergi dan tidak sengaja menjatuhkan kunci Valley Windworks. Sebagai ucapan terima kasih, bapak-bapak itu akan memberikan Honey kepada kalian. Beberapa Pokemon hanya muncul di pepohonan tertentu yang disebut Honey Tree dan itulah gunanya Honey.Sebagai contoh di Floaroma Meadow terdapat sebuah pohon di samping rumah.Letakkan Honey di pohon itu, tinggalkan sejenak dan cek kembali pohon itu setelah lebih dari setengah hari, siapa tahu ada Pokemon liar yang datang tertarik oleh aroma madu yang kalian letakkan. Pokemon liar yang bisa ditemukan melalui cara ini adalah Burmy, Cherubi, Aipom, Combee, Heracross, Wurmple, dan Munchlax.
Valley Windworks

Setelah mendapatkan kunci, kembalilah ke Valley Windworks dan masuklah ke dalamnya.Kalahkan Tim Galactic dan commandernya, Mars untuk menyelamatkan pekerja Windworks ayah anak perempuan di rute 205. Setelah mengalahkan Mars, keluar dari Valley Windworks dan Looker akan datang menyelidiki Valley Windworks. Di depan Windworks ini setiap hari Jum’at kalian bisa melihat Drifloon melayang. Berikutnya lanjutkan perjalanan kalian ke utara rute 205.
Eterna Forest

Melangkahlah terus di rute 205 hingga kalian mencapai Eterna Forest. Saat memasuki Eterna Forest kalian akan bertemu seorang wanita bernama Cheryl yang takut berjalan sendiri di Eterna Forest. So, kalian pun berjalan bersama dengan Cheryl memasuki Eterna Forest. Kalian tidak perlu khawatir dengan HP Pokemon kalian karena Cheryl akan mengobatinya setelah pertarungan usai. Eterna Forest adalah sebuah hutan yang luas dimana di dalam hutan ini terdapat Moss Rock, batu misterius berwarna hijau. Apabila kalian melatih meningkatkan level Eevee di sekitar batu ini, maka Eevee akan berevolusi menjadi Leafeon. Selain itu di hutan ini juga terdapat Old Chateau, sebuah rumah kosong misterius dimana kalian bisa mendapatkan Rotom di dalam televisi saat malam hari antara pukul 8 PM s.d 4 AM. Tapi untuk bisa mengakses Old Chateau, Pokemon kalian haruslah sudah bisa menggunakan HM move Cut di luar pertarungan untuk memotong pohon kecil yang menghalangi jalan ke rumah villa itu. Sesaat sebelum keluar dari Eterna Forest, Cheryl akan berpisah dari kalian dan dia akan memberikan Soothe Bellsebagai ucapan terima kasih karena telah menemaninya melewati Eterna Forest.
Kota Eterna

Saat memasuki kota Eterna, kalian akan bertemu dengan rival kalian yang akan memandu kalian melihat patung Pokemon. Kalian akan bertemu kembali dengan Cyrus. Setelah melihat patung, kembalilah ke kota dan seorang wanita bernama Cynthia akan menemuimu. Dia akan memberikan HM1 Cut yang bisa digunakan memotong pohon kecil yang menghalangi jalan. Akan tetapi untuk bisa menggunakannya di luar pertarungan kalian harus mendapatkan lencana kota Eterna terlebih dahulu. So, pergilah ke gedung gym Eterna dimana Gardenia telah menunggu di depan pintu gym.
Gym Leader Kedua: Gardenia

Gardenia akan masuk ke dalam gymnya setelah berbicara denganmu. So, masuklah ke dalam gym dan kalian harus mengalahkan semua trainer yang ada di dalamnya sebelum bisa menantang Gardenia.Gardenia adalah gym leader dengan spesialis Pokemon bertipe Grass.Pokemon tipe Grass lemah terhadap serangan bertipe Fire, Ice, Flying, Bug, dan Poison.Gunakan salah satu serangan bertipe tersebut untuk bisa mengalahkan Gardenia dengan mudah. Setelah terkalahkan, Gardenia akan memberikan lencana kedua dan juga TM Grass Knot. Kalian pun kini bisa menggunakan move Cut di luar pertarungan.
Galactic Eterna Building

Segera setelah mengalahkan Gardenia, pergilah ke Galactic Building yang ada di bagian utara kota. Latihkan Cut pada salah satu Pokemon kalian yang bisa mempelajarinya lalu potong pohon kecil di depan Galactic Building. Masuklah ke dalamnya dan kalian akan bertemu Looker yang sedang menyamar menjadi anggota Tim Galactic. Telusuri gedung ini, kalahkan semua Tim Galactic hingga kalian mencapai lantai atas. Di lantai atas telah menanti salah satu commander Tim Galactic, Jupiter. Kalahkan Jupiter serta selamatkan pemilik toko sepeda.Setelah mengalahkan Jupiter, keluarlah dari Galactic Building dan pergilah ke toko sepeda Rad Rickshaw.Tapi sebelum itu Cynthia akan kembali datang dan memberimu sebutir telur Pokemon. Bawa serta telur Pokemon ini dalam party Pokemon kalian sampai kemudian menetas. Lalu lanjutkan ke toko sepeda, dimana pemilik toko sepeda itu akan memberikanmu sebuah sepeda/bicycle model terbaru sebagai ucapan terima kasih karena telah menyelamatkan Pokemonnya. Kini kalian bisa bergerak lebih cepat dengan menggunakan sepeda.Sepeda ini memiliki batas kecepatan yang bisa kalian naikkan dengan menekan tombol B untuk mengganti gear maksimal 4.
Underground Man

Selain toko sepeda, patung Pokemon dan Galactic Building, di kota Eterna juga terdapat rumah Underground Man. Bicara dengan kakek-kakek Underground Man dan dia akan memberikanmu Explorer Kit. Kini kalian bisa pergi ke underground atau bawah tanah Sinnoh untuk mencari harta karun atau fosil Pokemon dan membuat Secret Base kalian. Gunakan Explorer Kit setiap kalian ingin masuk ke dalam underground Sinnoh. Berhati-hatilah karena ada banyak trap atau jebakan yang menanti kalian disana.
Cycling Road dan Wayward Cave

Setelah selesai dengan kota Eterna, berikutnya pergilah kearah selatan (bawah) kota Eterna menuju ke Cycling Road. Tapi sebelum itu bicaralah terlebih dahulu dengan asisten Profesor Roawan yang juga ayah dari Dawn/Lucas di gerbang masuk cycling road dimana dia akan memberikan Exp-Share pada kalian. Di jalan sepeda ini kalian harus memakai sepeda untuk bisa melewatinya. Ada banyak trainer bersepeda yang akan kalian hadapi disini. Lintasi jalan ini untuk mencapai rute 207.Tapi sebelum kalian melanjutkan ke rute 207, kalian perlu pergi dulu ke Wayward Cave. Keluar dari cycling road belok kiri, gunakan Cut untuk mencapai bagian bawah cycling road. Di bagian bawah cycling road ini terdapat Wayward Cave, sebuah gua yang sayang untuk dilewatkan. Ada dua pintu masuk Wayward Cave, satu pintu yang terlihat dari luar yang membawa pada labirin gua gelap yang kompleks dan satu pintu lagitersembunyi tepat di dinding di bawah jembatan cycling road yang tidak terlihat dari atas. Bila kalian suka tantangan, kalian bisa masuk ke dalam Wayward Cave pintu masuk yang terlihat.Gua ini sangatlah gelap dan berliku, namun kalian bisa meneranginya dengan move Flash yang TM-nya bisa diapatkan di Oreburgh Gate. Di ujung terdalam gua ini ada seorang anak perempuan yang tersesat bernama Mira.Temukan dia dan bawa dia keluar dari gua. Mira akan berjalan bersama kalian keluar dari Wayward Cave dan akan mengobati Pokemon kalian setelah pertarungan selesai. Sementara itu pintu gua yang kedua yaitu pintu tersembunyi yang berada di dinding tepat di bawah jembatan cycling road akan membawa kalian ke bagian bawah gua yang terang. Disinilah satu-satunya tempat dimana kalian bisa menemukan Gible dan juga TM Earthquake yang legendaris.Kalian butuh mengendarai sepeda dengan kecepatan penuh untuk bisa mengakses jalanan di bagian dalam gua ini.


VS Seeker dan Dowsing Machine.

Lanjutkan perjalanan kalian ke rute 207. Saat kalian akan masuk ke dalam gua Mt. Coronet, Dawn/Lucas akan datang dan memberikan VS. Seeker pada kalian. VS. Seeker adalah item yang berguna untuk mencari lawan tanding dalam remath Pokemon battle. Jadi bila kalian ingin melakukan rematch, gunakan alat ini untuk mencari trainer yang ingin bertarung melawan kalian.Selain VS. Seeker, Dawn/Lucas juga akan memberikan aplikasi Dowsing Machine pada Poketch kalian. Dowsing Machine adalah alat yang berguna untuk menemukan item-item tersembunyi yang tidak terlihat. Gunakan alat ini untuk mendeteksi keberadaan item-item tersembunyi di sekitar kalian.
Odd Keystone dan Berry Master’s House

Masuklah ke dalam gua Mt. Coronet dan kalian akan kalian bertemu Cyrus. Setelah mengatakan beberapa hal, dia akan pergi. Berikutnya keluarlah dari gua itu untuk mencapai rute 208. Di rute 208 ada seseorang yang akan memberikan Odd Keystone kepada kalian. Odd Keystone adalah item yang kalian butuhkan untuk bisa mendapatkan Spiritomb, Pokemon kutukan yang tidak memiliki kelemahan.Cara menggunakannya bisa dibaca disini (klik). Selain itu di rute 208 juga terdapat rumah Berry Master. Masuklah ke dalamnya untuk mendapatkan berry gratis, membeli pupuk/mulch, atau mendapatkan informasi tentang tata cara menanam berry yang benar termasuk mendapatkan aplikasi Berry Searcher untuk Poketch.
Kota Hearthome: Poffin

Setelah melewati rute 208 kalian akan mencapai kota Hearthome. Seekor Buneary akan berlari menyambut kalian. Di kota ini kalian bisa mengunjungi Poffin House. Poffin adalah makanan Pokemon yang terbuat dari berry.Di Poffin House kalian bisa memasak Poffin dengan alat yang ada disana.Poffin berguna untuk meningkatkan stat contest apabila diberikan kepada Pokemon. Untuk bisa membuat Poffin kalian harus terlebih dahulu memiliki Poffin Case yang bisa kalian dapatkan dengan berbicara pada manajer Pokemon Fan Club yang ada di kota Hearthome.
Kota Hearthome: Bebe dan Eevee

Di kota Hearthome terdapat rumah Bebe, administrator Pokemon storage computer atau Someone’s PC tempat kalian menyimpan Pokemon yang kalian tangkap. Bicaralah dengan Bebe dan sejak itu nama komputer penyimpan Pokemon akan berubah menjadi Bebe’s PC. Bebe akan memberikan Pokemon bernama Eevee pada kalian, pastikan tersisa satu slot dalam party kalian untuk mendapatkannya. Eevee adalah Pokemon evolusi yang unik karena dapat berevolusi menjadi tujuh Pokemon yang berbeda.Untuk lebih lanjut tentang Pokemon ini bisa kalian baca dalam artikel CasCisCus Eevee, klik disini.


Kota Hearthome: Amity Square dan Contest Hall

Di kota Hearthome terdapat dua tempat menarik yang bisa kalian kunjungi yaitu Amity Square dan Contest Hall. Amity Square adalah semacam taman yang bisa kalian kunjungi di kota ini. Disini kalian bisa berjalan-jalan bersama Pokemon starter kalian dan Pokemon-Pokemon tertentu seperti Pikachu, Psyduck, Pachirisu dan Drifloon.Saat berjalan di dalam Amity Square kalian bisa mendapatkan beragam aksesoris kontes bila kalian beruntung. Sedangkan Contest Hall adalah bangunan besar tempat Pokemon contest diadakan. Contest adalah fitur lain yang bisa kalian mainkan di samping pertarungan Pokemon. Dalam contest kalian akan mendandani Pokemon kalian semenarik mungkin, menampilkan tarian dan juga performa Pokemon terbaik kalian. Saat pertama kali memasukinya kalian akan bertemu dengan ibu kalian yang memberikan tuksedo/dress untuk mengikuti contest. Ada banyak mode dan pilihan contest yang bisa kalian ikuti untuk mendapatkan ribbon.
Gym Leader Ketiga: Fantina

Gym ketiga terdapat di kota Hearthome. Akan tetapi penjaga gym mengatakan bahwa sang gym leader sedang tidak ada di tempat. Pergilah ke Contest Hall dan temui wanita berambut ungu dengan rok lebar dan bicaralah dengannya. Dia adalah Fantina, gym leader kota Hearthome dan segera setelah itu dia akan kembali ke gym menanti tantangan dari kalian. So, kembalilah ke gym untuk melawan Fantina. Terdapat teka-teki di gym Hearthome, kalian harus menemukan keramik berwarna biru dan masuklah pada pintu dengan keramik bercorak sama untuk bisa menemui Fantina. Fantina adalah gym leader spesialis Pokemon tipe Ghost. Pokemon bertipe Ghost lemah terhadap serangan bertipe Ghost dan Dark, jadi gunakan salah satu daru dua jenis serangan itu untuk mengalahkan Fantina dengan mudah. Setelah terkalahkan, Fantina akan memberikan lencana gym ketiga dan juga TM Shadow Claw. Kini kalian bisa menggunakan HM Defog di luar pertarungan.


Lost Tower

Selesai mengalahkan Fantina, lanjutkan perjalanan kalian ke rute 209.Di rute ini kalian bisa mendapatkan Good Rod dari seorang nelayan. Di rute ini terdapat broken stone tower atau menara batu yang rusak. Gunakan Odd Keystone untuk memperbaikinya menjadi Hallowed Tower. Di rute ini sebelum mencapai Solaceon, kalian bisa mengunjungi Lost Tower, menara tempat kuburan Pokemon. Menara ini berkabut tebal dan kalian bisa menghilangkan kabutnya dengan HM move Defog. Di puncak menara ini kalian bisa mendapatkan Cleanse Tag dan Spell Tag.


Kota Solaceon: DayCare

Melintasi rute 209 akan membawa kalian ke Solaceon Town. Ada banyak hal menarik di kota kecil ini, salah satunya Pokemon DayCare. DayCare adalah tempat penitipan Pokemon. Disini kalian bisa menitipkan dua Pokemon kalian untuk meningkatkan level atau melakukan breeding. Selagi Pokemon kalian tinggalkan di DayCare, lanjutkan perjalanan kalian dimana experience Pokemon kalian di DayCare akan bertambah tergantung pada langkah kaki kalian. Semakin banyak kalian melangkah, semakin cepat Pokemon kalian naik level. Kemudian apabila kalian meninggalkan dua Pokemon dengan gender berbeda dan keduanya berada dalam satu grup egg, maka tak lama setelah kalian tinggalkan, kakek-kakek di DayCare akan mengatakan kalau Pokemon kalian bertelur dan akan memberikan telurnya kepada kalian. Sama seperti telur Togepi, bawa telur Pokemon hasil breeding tersebut dalam party kalian hingga menetas. Spesies Pokemon yang menetas dari telur tersebut sama dengan spesies Pokemon betina yang kalian tinggalkan di DayCare. Kalian perlu melakukan breeding untuk mendapatkan Pokemon-Pokemon bayi tertentu seperti Magby atau Elekid. Beberapa Pokemon membutuhkan tambahan hold item untuk menghasilkan spesies baby Pokemon tertentu.Kalian juga bisa mendapatkan aplikasi Poketch DayCare Checker di DayCare untuk melihat bagaimana perkembangan Pokemon yang kalian tinggalkan disana.


Kota Solaceon: Pokemon News Press dan Seal

Di kota Solaceon terdapat rumah tempat Pokemon News Press. Bawakan Pokemon yang diinginkan orang di dalamnya untuk mendapatkan hadiah Heart Scale atau Pokeball.Batas waktunya dalam satu hari tersebut, jadi kalian harus bergerak cepat untuk menunjukkannya. Di sisi lain kota ini terdapat rumah Seal Boy. Bicara dengan ibu sang anak dan dia akan memberikan Seal Case pada kalian termasuk lima seal di dalamnya. Seal adalah stiker yang bisa menimbulkan efek menarik apabila dihiaskan pada Ball Capsule untuk Pokeball. Untuk menggunakannya, pergilah ke Pokemon Center, nyalakan komputer, pilih PC kalian pilih pilihan Ball Capsules dan mulailah menghias Ball Capsule kalian lalu set untuk PokeBall Pokemon kalian. Ragam Seal bisa kalian dapatkan dengan menunjukkan Unown pada anak laki-laki di rumah itu dan juga bisa kalian beli dari lelaki di Sunnyshore Market.
Solaceon Ruins

Di bagian timur (kanan) kota ini terdapat Solaceon Ruins, semacam gua labirin yang cukup membingungkan. Telusuri reruntuhan ini untuk mendapatkan HM Defog, kalian pastilah bisa menemukannya. HM Defog adalah HM move yang apabila digunakan baik di dalam atau di luar pertarungan akan melenyapkan kabut, contohnya seperti kabut yang ada di Lost Tower. Kabut-kabut itu membuat akurasi serangan Pokemon menjadi berkurang, jadi kalian perlu menggunakan Defog untuk melenyapkannya atau untuk melihat lingkungan sekitar yang berkabut menjadi jelas. Selain itu di Solaceon Ruins juga terdapat banyak Unown, Pokemon berbentuk huruf alphabet dari A sampai Z. Apabila kalian telah menangkap ke-26 Unown alphabet tersebut, maka Ruin Maniac Cave di rute 214 akan berubah menjadi Maniac Tunnel yang terhubung dengan lantai dua Solaceon Ruins, dimana kalian bisa menangkap dua bentuk terakhir Unown yaitu bentuk tanda tanya dan tanda seru.


Café Cabin

Setelah selesai dengan Solaceon, lanjutkan perjalanan kalian ke kota Veilstone dengan melewati rute 210. Di rute 210 terdapat Café Kabin, sebuah kafe kecil dimana kalian bisa membeli Moomoo Milk. Pastikan kalian membeli satu lusin Moomoo Milk karena itu akan berguna untuk mengembalikan HP Pokemon kalian. Di dekat Café Cabin terdapat jalan menuju kota Celsetic, namun sekelompok Psyduck tampak menghalangi jalan, mereka sepertinya sakit kepala. Kalian tidak punya jalan lain kecuali melanjutkan perjalanan ke rute 215 dengan hujan deras mengguyur disana menuju kota Veilstone.


Kota Veilstone: Dept. Store dan Game Corner

Kota Veilstone adalah kota yang besar. Disini terdapat banyak tempat menarik seperti Veilstone Dept. Store dan Game Corner. Di Veilstone Dept. Store kalian bisa membeli item-item yang berguna dalam petualangan kalian mulai dari medicine hingga TM. Selain itu pada lantai bawahnya kalian bisa membeli berry atau poffin. Sedangkan di Game Corner kalian bisa memainkan permainan yang menyenangkan dan kalian bisa mendapatkan hadiah besar! Akan tetapi untuk bisa bermain di Game Corner, kalian harus terlebih dulu memiliki Coin Case.Bicara dengan Badut yang ada di rumah di samping Game Corner, tebak koinnya dan dapatkan Coin Case.Sekarang kalian bisa bermain di Game Corner dimana ternyata Looker juga bermain disana.
Kota Veilstone: Massage dan Porygon

Ada sebuah rumah di kota Veilstone dimana lelaki di dalamnya akan memberikan Porygon padamu. Pastikan ada tempat kosong dalam party kamu saat berbicara dengan lelaki itu. Di Veilstone juga terdapat sbuah rumah dimana kalian bisa memberikan massage pada Pokemon kalian. Massage dapat meningkat happiness Pokemon kalian, jadi apabila kalian sedang melatih Pokemon berdasarkan happiness, pastikan kalian tidak lupa memberikan massage pada Pokemon kalian.
Gym Leader Keempat: Maylene

Gym Pokemon keempat terdapat di kota Veilstone. Untuk bisa mencapai gym leadernya, kalian harus terlebih dahulu menjatuhkan tumpukan ban dengan menghantamkan samsak.Maylene adalah gym leader spesialis Pokemon bertipe Fighting. Pokemon tipe Fighting lemah terhadap serangan bertipe Flying dan Psychic, jadi gunakan salah satu dari dua jenis serangan itu untuk bisa mengalahkan Maylene dengan mudah. Setelah terkalahkan, Maylene akan memberikan lencana keempat dan juga TM Drain Punch. Dengan lencana keempat kalian dapatkan, kini kalian bisa menggunakan HM Fly di luar pertarungan.


Menolong Dawn/Lucas

Setelah mengalahkan Maylene, keluarlah dari gym dan Dawn/Lucas akan datang mengatakan bahwa PokeDexnya diambil oleh Team Galactic. Maka pergilah ke Galactic Warehouse di bagian utara kota dimana disana telah menunggu Dawn/Lucas di depan dua Team Galactic. Kalahkan Team Galactic dan berikutnya Looker akan datang mengajakmu masuk ke dalam Warehouse. Sayangnya pintu di dalam Warehouse dikunci dan butuh special key untuk membukanya meski begitu Looker memberitahukan HM2 Fly pada kalian yang ada di dalam Warehouse itu. HM Fly adalah move yang bisa digunakan di luar pertarungan untuk terbang cepat menuju ke kota-kota yang pernah kalian datangi sebelumnya. Ambil HM Fly di Warehouse dan latihkan move Fly pada salah satu Pokemon kalian yang bisa mempelajarinya.


Maniac Tunnel

Lanjutkan perjalanan kalian menuju kota Pastoria. Terlebih dahulu kalian harus melintasi rute 214. Di rute 214 terdapat Ruin Maniac Cave dimana di dalamnya terdapat TM Dig yang bisa kalian gunakan di luar pertarungan untuk keluar dari dalam gua seperti Escape Rope. Ruin Maniac Cave ini akan bertambah dalam dan berubah menjadi Maniac Tunnel apabila kalian telah mengumpulkan 26 bentuk alphabet Unown di Solaceon Ruins. Maniac Tunnel akan terhubung dengan bagian lain Solaceon Ruins dimana kalian bisa mendapatkan bentuk terakhir Unown yaitu tanda tanya dan tanda seru.


Grand Lake

Menelusuri terus rute 214 ke selatan (bawah) akan membawa kalian ke Lake Valor, akan tetapi ada dua lameramen yang menghalangi jalan kalian disana. Jadi lanjutkan langkah kalian hingga mencapai Valor Lakefront dan rute 213, dimana disana terdapat spot wisata seperti Seven Stars Restaurant dan Grand Lake Hotel. Arah timur (kanan) menuju ke kota Sunnyshore namun seorang gendut disana menghalangi jalan kalian dan mengatakan sedang terjadi blackout di Sunnyshore. Lanjutkan perjalanan kalian ke Pastoria melalui pantai rute 213.


Kota Pastoria: Great Marsh

Great Marsh adalah rawa-rawa dimana kalian bisa menemukan banyak Pokemon yang tidak bisa ditemukan di tempat lain di Sinnoh. Ikuti Safari Game Pastoria untuk bisa masuk ke dalamnya seharga 500.Di dalam Great Marsh kalian tidak diperbolehkan membawa Pokemon kalian, sebagai gantinya kalian hanya diberikan 30 Safari Ball dalam langkah kaki terbatas.Tersedia kereta trem di dalamnya untuk menuju area-area Great Marsh. Untuk menangkap Pokemon liar di dalam Great Marsh, kalian memiliki pilihan langsung melempar Safari Ball, melempar Bait untuk member mereka makan, atau melempar lumpur untuk membuat mereka marah sehingga mereka mendekati kalian. Bila kalian beruntung kalian akan bisa mendapatkan Pokemon tersebut. Tangkap lima Pokemon Great Marsh dalam sekali kunjungan dan gadis petani di gerbang Great Marsh akan memberi kalian aplikasi Poketch. Bila kalian ingin melihat lokasi Pokemon-Pokemon di Great Marsh, kalian bisa naik ke lantai atas gerbang dan menggunakan teropong binocular untuk melihatnya.


Move Tutor dan Scarf Guy

Di kota Pastoria terdapat dua rumah menarik yang bisa kalian kunjungi. Yang pertama adalah rumah Scarf Guy, yang bisa menunjukkan tingkat happiness Pokemon kalian dan memberikan scarf tergantung kondisi Pokemon kalian. Kalian bisa memberikan Poffin pada Pokemon kalian untuk menaikkan kondisinya agar Scarf Guy memberikan Scar kepada kalian.Rumah kedua yaitu Move Tutor. Dia akan mengajarkan kembali move-move yang pernah dipelajari Pokemon dan sudah dilupakan. Akan tetapi dia mengajarkannya tidak gratis, kalian harus memberikan Heart Scale padanya agar dia mau mengajarkan move pada Pokemon kalian.
Bersambung Bagian 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar