Jumat, 09 Agustus 2013

Pokemon Black And White Bagian 1

Bagian 1:
Black dan White adalah versi terbaru (sebelum pokemon black and white 2) dari seri utama Pokemon. Game yang mengawali munculnya Generasi kelima di Dunia Pokemon ini mengambil tempat di sebuah region bernama Unova. Game ini menampilkan duo Naga Reshiram dan Zekrom sebagai maskot, di mana Reshiram sebagai maskot Black dan Zekrom sebagai maskot White. Kedua game ini memiliki jalan cerita yang sama, hanya ada beberapa perbedaan minor. Selain itu, game ini juga menyajikan berbagai fitur dan peningkatan terutama pada sisi grafisnya. Walkthrough ini sengaja tidak dibuat terlalu mendetail agar tidak mengurangi keasyikan bermain, tapi kalau ada yang kurang selalu bisa ditanyakan melalui kolom komentar. :) Mudcchi mempersembahkan... Walkthrough Pokemon Black/White Bahasa Indonesia, hanya di POIN!



Kota Nuvema: Awal Petualangan yang Lain!

Setelah memilih opsi “New Game”, Profesor Juniper akan memperkenalkan diri. Pilih gender dari karaktermu dan beri nama. Ia juga memperkenalkan Cheren dan Bianca, dua temanmu yang akan membantumu sepanjang perjalanan. Setelah itu kalian akan melihat pemandangan kota yang merupakan tempat tinggal kalian, Kota Nuvema.

Di kamarmu, ada sebuah kotak kado besar! Itu adalah hadiah dari Profesor Juniper untukmu dan kedua temanmu. Buka, dan isinya adalah... 3 Pokemon Starter: Tepig si Babi Api, Oshawott si Otter, dan Snivy si Ular Daun. Apapun yang kamu pilih, Bianca akan mengambil Pokemon yang tipenya lemah terhadap tipe Pokemon pilihanmu, dan Cheren akan memilih Pokemon yang tipenya kuat terhadap tipe Pokemon startermu. Setelah itu, kamu harus menghadapi Cheren dan Bianca dalam pertarungan Pokemon. Selesai bertarung, turun ke lantai bawah dan ibumu akan memberikanmu Xtransceiver, sebuah alat yang berfungsi untuk melakukan komunikasi video.

Kedua sahabatmu akan mengajakmu mengunjungi Prof. Juniper dan berterima kasih atas hadiahnya. Sebelumnya, ikutilah Bianca menuju rumahnya (di sebelah kiri bawah). Ayah Bianca melarangnya melakukan perjalanan, tapi Bianca bersikeras. Di lab, Prof. Juniper akan memberikan Pokedex pada kalian bertiga. Waktunya untuk memulai petualanganmu! Ikuti Profesor ke Rute 1 di mana ia memberitahukan cara menangkap Pokemon padamu. Lurus untuk menuju kota berikutnya, Kota Accumula.



 
Kota Nuvema --> Kota Accumula: Pidato Tim Plasma

   Sesampainya di Kota Accumula, Prof. Juniper akan menunjukkan tentang Pokemon Center dan semua fasilitas di dalamnya. Mulai generasi ini, Pokemon Center juga merangkap PokeMart yang menjual berbagai kebutuhan dasar Trainer seperti Potion dan PokeBall, juga beragam jenis hold item Mail atau Technical Machine (TM)

Begitu kamu keluar Pokemon Center, penduduk Kota Accumula berkumpul. Ada ribut-ribut apa ini? Rupanya, Ghetsis dan Tim Plasma, tim antagonis di versi Black/White, sedang menghimbau para penduduk untuk membebaskan Pokemon mereka. Setelah mereka pergi, muncullah seorang Trainer misterius berambut hijau yang memperkenalkan diri sebagai N... dan menantang kalian bertarung! Begitu urusan dengannya selesai, pergi ke Kota Striaton untuk mendapatkan lencana pertama.



Rute 2 --> Kota Striaton

   Sesampainya di Kota Striaton, ternyata Ketua Gym-nya sedang tidak ada! Cari dia di Trainer School, sebelah kiri Pokemon Center. Tapi dia juga tidak ada di sini... Hei, mungkin Cheren melihatnya? Kata Cheren, si Ketua Gym baru saja kembali ke Gym-nya. Sebelum kembali ke Gym, ada baiknya kalian menuju Dreamyard. Di sana ada seorang gadis yang akan memberikanmu salah satu di antara trio monyet elemen (Panpour, Pansear, Pansage) tergantung dari tipe startermu. Tipe dari monyet elemen yang ia berikan efektif melawan tipe Pokemon yang akan dipakai di Gym Striaton, jadi hal ini akan sangat membantumu dalam mengalahkan Gym.

Kembali ke Gym, calon lawanmu menunggu. Ikuti dia ke dalam gedung. Untuk bisa mencapai ketua Gym, kamu harus berdiri di atas tombol lantai yang menunjukkan tipe yang efektif melawan tipe apa yang tergambar di tirai di depanmu. Misalnya, jika tirai itu bergambar api, berdirilah di atas tombol yang bergambar air.

   Di balik tirai terakhir, sang Ketua Gym sudah menunggumu! Kalau kamu memilih Snivy, Chili si pengguna Pokemon tipe api akan menjadi lawanmu. Jika kamu memilih Oshawott, Cilan si pengguna Pokemon tipe rumput yang akan kau hadapi. Dan kalau kau memilih Tepig, Cress si pengguna tipe Air yang akan menjadi lawanmu. Kalahkan salah satu dari mereka untuk mendapatkan lencana Trio dan TM83, Work Up.

Keluar dari Gym, seorang wanita ilmuwan bernama Fennel akan mengajakmu ke ruangannya dan memberikanmu HM01, Cut, dan memintamu untuk mendapatkan Dream Mist dari Pokemon Munna yang ada di Dreamyard. Gunakan Cut untuk memotong pohon yang menghalangi jalanmu masuk ke Dreamyard. Bianca akan datang dan mengatakan ingin mencari Pokemon Mimpi itu juga. Dan... itu dia, si Munna! Tapi, Tim Plasma rupanya juga mengincar Munna itu. Setelah berhasil mengusir Tim Plasma, Fennel akan datang dan mengambil Dream Mist, serta mengundangmu ke tempatnya. Ia akan memberikan C-Gear, alat yang memungkinkanmu melakukan komunikasi wireless via Infrared atau Nintendo Wi-Fi Club.



Rute 3 --> Kota Nacrene

   Pokemon Day-Care terletak di Rute 3. Persiapkan dirimu karena Cheren akan menantangmu di sekitar sini. Kamu juga bisa menyembuhkan Pokemonmu di TK di samping Day-care.

...dan lagi-lagi Tim Plasma! Kali ini mereka mencuri Pokemon milik seorang gadis kecil, dan Bianca memintamu untuk mengembalikannya. Pergilah menuju Wellspring Cave, di mana kamu harus kembali melawan para Anggota Tim Plasma. TM46, Thief, juga bisa didapatkan di sana.

Setelah tim antagonis itu pergi, Cheren akan mengembalikan Pokemon milik si gadis kecil, jadi kini saatnya melanjutkan perjalanan ke Kota Nacrene. Lihat rumput-rumput yang berwarna lebih gelap di sebelah kanan jembatan menuju Nacrene? Jika kamu bertarung di rumput itu, terkadang kamu akan dilawan 2 Pokemon sekaligus dan terjadilah Pertarungan Ganda melawan Pokemon liar.

   Sampailah kamu di Kota Nacrene! Di rumah di kiri Pokemon Center, ada yang menjual Battle Items semacam X Attack, Dire Hit, dll. jika kamu tertarik. Rumah di sampingnya lagi, ada gadis yang akan memberikanmu hold item tergantung Pokemon mana yang kamu pilih. Sementara di rumah di sebelah kanan Pokemon Center ada Happiness Checker dan gadis yang ingin menukar Cottonee milikmu dengan Petilil miliknya (di Black) atau Petilil milikmu dengan Cottonee miliknya (di White). Tidak jauh dari Gym, terdapat sebuah kafe kecil yang akan memberikanmu sebuah Soda Pop setiap hari Rabu apabila kamu bicara pada sang pelayan kafe.

   Gym Kota Nacrene merangkap sebagai museum yang menyimpan fosil-fosil Pokemon. Lenora sang Ketua Gym menggunakan tipe Normal. Untuk bisa mencapai tempat Lenora, kamu harus mencari buku-buku tertentu dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disisipkan di dalam buku tersebut. Jawab keempat pertanyaan dengan benar dan akan muncul jalan untuk ke tempat Lenora. Kalahkan ia untuk mendapatkan lencana Basic dan TM67, Retaliate.

Dan untuk kesekian kalinya, Tim Plasma datang lagi... Kali ini mereka mencuri tengkorak Pokemon Naga yang dimiliki Museum. Kejar mereka menuju Hutan Pinwheel. Tak berapa lama, Cheren dan Bianca pun datang untuk membantu. Bianca memberimu Dowsing Machine, alat untuk mencari item yang tersembunyi. Pastikan untuk mengaktifkannya sebelum memasuki Hutan Pinwheel, karena akan ada banyak item yang bisa kamu temukan dengan bantuan alat itu.



Hutan Pinwheel

   Bicaralah pada orang berbaju merah di depan jalan menuju Hutan Pinwheel dan dia akan memberikanmu TM94, Rock Smash.

Seorang suster berdiri di dekat pintu masuk menuju Hutan Pinwheel. Kalahkan ia dalam pertarungan dan sejak itu hingga seterusnya, ia akan menyembuhkan semua Pokemonmu jika kamu bicara dengannya.

Dari tempat suster itu berdiri, kamu bisa pergi ke selatan dan akan ada beberapa Trainer yang bisa kau lawan. Berjalanlah terus ke kanan, lalu naiki tangga untuk mencapai sebuah batu bernama Challenge Rock. Bawa Pokemon tipe Petarung dan kamu bisa menyuruhnya memukul batu itu. Kamu bisa mendapatkan sebuah Star Piece gratis setiap harinya dengan melakukan kegiatan ini.

 
Masuk ke area Hutan Pinwheel yang sebenarnya, Burgh akan memintamu untuk menyusuri hutan dan mencari Tim Plasma. Ah, itu dia, panjang umur. Anggota Tim Plasma itu akan menantangmu bertarung. Namun rupanya bukan ia yang membawa tengkorak Pokemon Naga. Lanjutkan perjalananmu dan kamu akan menemui antek-antek Tim Plasma yang kedua.

Di dekat anggota Tim Plasma itu, di sebelah kanan atas, ada Moss Rock yang bisa membuat Eevee berevolusi menjadi Leafeon.

 
Lanjutkan pencarianmu dan kamu akan melihat sebuah batang kayu yang disandarkan miring ke tanah yang lebih tinggi. Naiki kayu itu untuk bertarung dengan Anggota Tim Plasma yang ketiga. Turun melalui batang kayu lainnya di sebelah utara. Kamu akan mencapai persimpangan jalan: ke utara dan selatan. Pergilah ke selatan dulu dan dapatkan TM86, Grass Knot. Kini saatnya mengambil jalan utara. Itu anggota Tim Plasma yang terakhir. Kalahkan ia dan dapatkan kembali tengkorak Pokemon Naga tersebut. Burgh dan Lenora akhirnya datang menyusul... tapi anggota Tim Plasma itu berhasil pergi bersama seorang pria tua bernama Gorm, yang mereka sebut dengan “Seven Sages”.

Lenora akan memberikanmu hadiah Moon Stone atas bantuanmu. Melangkahlah ke kanan untuk kembali ke jalan utama Hutan Pinwheel, dan jangan lupa untuk mengalahkan beberapa Trainer di jalan utama tersebut yang mungkin belum kamu lawan. Sekarang saatnya melanjutkan perjalanan ke kota berikutnya, Kota Castelia.



Skyarrow Bridge -->Kota Castelia

   Di Skyarrow Bridge Gate, bicaralah pada Hiker di pojok ruangan untuk mendapatkan Quick Claw, hold item yang memungkinkan Pokemonmu menyerang lebih dulu dalam pertarungan. Sekarang saatnya menyeberangi Skyarrow Bridge, jembatan terpanjang di Dunia Pokemon (sejauh ini). Kota Castelia  yang superbesar ini memiliki 4 jalan di antara gedung-gedungnya, dan di depan tiap jalan itu, terdapat dermaga yang juga memiliki nama berbeda-beda. Sekarang mari kita susuri satu persatu jalan di kota terbesar di Dunia Pokemon ini!

 
Begitu masuk ke Kota Castelia, langsung belok ke selatan. Kamu akan sampai di sebuah dermaga kecil. Bicaralah pada pria berbaju putih dan ia akan menanyakan yang mana di antara Trio Monyet Elemen yang ingin kamu evolusikan, dan akan memberikan batu evolusi yang sesuai dengan monyet yang kamu pilih.

Castelia Street terletak di paling kanan, dekat pintu masuk Kota Castelia. Di sini ada gedung GameFreak. Di dalamnya ada seorang gadis kecil yang akan memberitahumu tentang Pokemon Zorua. Gedung berikutnya terletak di seberang gedung GameFreak. Di sana ada gadis yang akan memberikan pijatan pada Pokemonmu sekali sehari, yang berguna untuk meningkatkan happiness. Di lantai 11 gedung yang sama, seorang Hiker akan memberikanmu TM44, Rest. Di depan Castelia Street adalah Cruise Dock, dan sejauh ini di sana hanya ada sebuah kapal pesiar yang diparkir. Kamu belum bisa menaiki kapal itu sekarang.

Jalan berikutnya adalah Mode Street. Di sinilah tempat dijualnya Casteliacones, eskrim khas kota Castelia yang hanya dijual tiap hari Selasa kecuali pada musim dingin (memangnya siapa yang mau makan eskrim di musim dingin?). Di sini juga ada Studio Castelia. Pria dengan dandanan kuning-oranye di dalamnya akan memintamu menunjukkan satu Pokemon dengan tipe tertentu tiap harinya, dan jika kamu berhasil memenuhi permintaannya, ia akan memberikanmu sebuah Berry. Prime Pier terletak di depan Mode Street. Sejauh ini di sana hanya ada sebuah kapal hitam misterius dan sedikit orang.

Tepat di sebelah kiri mulut jalan Mode Street, ada sebuah gedung bernama Battle Company. Seperti namanya, gedung ini dipenuhi oleh para karyawan dan ilmuwan yang akan mengajakmu bertarung Pokemon. Kalahkan mereka semua, dan sang direktur akan menantangmu bertarung. Jika berhasil mengalahkannya, ia akan memberikanmu hadiah Exp. Share. Beberapa pegawai juga akan memberikanmu Timer Balls, Quick Balls, dan Scope Lens.

Di sebelah Mode Street ada Narrow Street, jalan paling sempit di Kota Castelia. Isinya cuma beberapa orang misterius dan tong sampah... ketika kamu melintas, seorang pria berpakaian serbahitam akan memberikanmu TM70, Flash. Masuklah ke dalam kafé, pelayan di sana akan memberikanmu Lemonade jika ini kali pertama kau berkunjung ke sana. Dermaga bernama Unity Pier terbentang tepat di hadapan Narrow Street.

 Tepat di sebelah jalan terakhir, ada gedung “Passerby Analytics HQ”, semacam kantor yang mendata berbagai hal tentang orang-orang di Castelia... dan ketuanya akan menyuruhmu menjadi salah satu anggota pencari data mereka dan melakukan survey terhadap orang-orang. Terserah padamu untuk melakukan tugas itu atau tidak, sih. Jalan terakhir hanya berisikan Pokemon Gym dan sebuah gedung kosong. Tepat di depannya adalah Liberty Pier.

 
Kesemua jalan itu akan bermuara di Central Plaza. Di sana, ada seorang Dancer yang akan menantangmu bertarung. Setelah bertarung, ia akan memintamu untuk mencarikan teman baginya sehingga ia bisa membentuk grup Dancer. Kalau kamu sudah menjelajahi seluruh jalanan dan dermaga di Castelia, kamu pasti bisa dengan mudah menemukan 2 Dancer lainnya. Mereka akan bergabung dengan Dancer di Central Plaza. Setelah kamu berhasil mengumpulkan semua anggota, bicaralah dengan Dancer yang di tengah untuk mendapat Amulet Coin.

Sekarang saatnya menantang Gym! Namun ketika kamu hendak menantangnya, Burgh si Ketua Gym malah pergi dan memberitahukanmu bahwa lagi-lagi Tim Plasma berulah. Ikutilah dia ke Prime Pier. Di sana kalian akan bertemu dengan Bianca dan Iris. Rupanya Pokemon milik Bianca diambil oleh Tim Plasma. Ikuti Burgh yang mengejar Tim Plasma ke gedung kosong di dekat Gym.

Anggota Tim Plasma akan menantangmu bertarung. Setelah itu, mereka akan mengembalikan Munna milik Bianca dan pergi begitu saja. Sekarang saatnya menantang Burgh untuk mendapatkan lencana ketiga.

   Gym milik Burgh berisi pintu-pintu berlapis ‘madu’ yang harus kau tembus dengan susah payah untuk menuju ruangan selanjutnya. Gunakan tombol-tombol di lantai untuk membuka jeruji-jeruji besi dan mencapai tempat Burgh berada. Jika kamu berhasil mengalahkan ahli tipe Bug ini, ia akan memberikanmu lencana Insect dan TM76, Struggle Bug.

Keluar dari Gym, Bianca hendak menantangmu dan menunggumu di gerbang menuju Rute 4. Sebelum ke sana, ada baiknya kamu mengecek gedung-gedung di sekitar jalan keluar menuju Rute 4. Di gedung pertama sebelah kanan jalan, ada seorang gadis yang akan memberikan TM45, Attract, di lantai 47. Name Rater ada di gedung tepat di seberang gedung pertama. Di gedung berikutnya, bicaralah kepada pria berbaju putih yang akan mengomentari pencapaian Pokedex-mu dan memberikanmu Eviolite jika kamu sudah bertemu cukup banyak Pokemon.

Di Gate Rute 4, kamu akan bertemu dan bertarung dengan Bianca seperti yang sudah dijanjikannya. Setelah ini, kamu siap melanjutkan perjalananmu menembus gurun pasir Rute 4!
 
 Bersambung Bagian 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar