Minggu, 04 Agustus 2013

Pokemon HeartGold/SoulSilver Bagian 5

Sebelumnya Bagian 4

Bagian 5:
LENCANA KE-13 : RAINBOW BADGE

Route 7 --> Celadon City

Empat Lencana berikutnya sepertinya akan kita dapatkan dalam interval yang cukup singkat mengingat tidak banyak hal yang akan kita lakukan di Kanto. Terbang ke Kota Saffron dan masuki Rute 7 di barat. Satu-satunya hal yang akan kamu lakukan di sini adalah mengambil Mental Herb di utara. Setelah itu, masukilah Kota Celadon.

Ikuti jalan di belakang Pokemon Center dan lurus ke ujung kiri untuk mendapatkan TM67, Recycle. Sekarang kembalilah ke tengah kota. Saatnya mengunjungi Celadon Department Store yang terkenal itu!

Celadon Department Store menjual barang yang hampir sama dengan Goldenrod Department Store, hanya saja ada beberapa perbedaan pada konter TM. Di lantai 2, bicaralah pada pria bertopeng yang sedang menghadap ke rak. Ia adalah Crasher Wake, Gym Leader Kota Pastoria, Sinnoh. Ia akan memberikanmu aksesoris berupa 3 topeng starter Sinnoh.

Tepat di sebelah Department Store terdapat sebuah kondominium, yakni Celadon Condominiums. Pergilah ke ruangan di atap via lift di lantai 2 pada malam hari, dan pria di dalam ruangan itu akan menceritakanmu cerita seram, lalu memberikanmu item Spell Tag.

Di kota ini juga terdapat Game Corner, namun sayangnya mereka juga hanya menyediakan game yang sama - Voltrob Flip. Akan tetapi, hadiah yang disediakan berbeda dengan Game Corner Goldenrod. Di tempat penukaran hadiah, kamu bisa bicara pada pria berambut pirang dan ia akan memberitahukanmu tipe Hidden Power yang dimiliki Pokemonmu.


Pergi ke selatan kota dan gunakan Cut untuk menyingkirkan pohon kecil yang menghalangi jalan menuju Gym Celadon. Untuk bisa menembus lebatnya kebun di Gym ini, kamu juga memerlukan Cut. Kalahkan Erika untuk mendapatkan Lencana Rainbow dan TM19, Giga Drain.


LENCANA KE-14 : BOULDER BADGE

Cycling Road

Pergilah ke barat menuju Rute 16. Ada beberapa rute yang harus disapu bersih sebelum mendapatkan lencana berikutnya. Yang pertama adalah Cycling Road, jalan yang hanya bisa dilalui dengan bersepeda. Di sepanjang rute ini hingga Rute 18, ada banyak Trainer yang harus kau lawan. Jalannya cukup simpel, jadi kamu tidak akan tersesat. Di ujung lain Cycling Road adalah Kota Fuchsia, jadi sekarang kembalilah ke Kota Vermilion.

Route 11 --> Route 2

Pergi ke timur menuju Rute 11. Aktifkan channel PokeGear untuk membangunkan Snorlax yang menutupi jalan. Snorlax ini hanya ada satu, jadi ada baiknya jika kamu menangkapnya. Sekarang, bereskan dulu para Trainer di Rute 11 sebelum melanjutkan ke Diglett's Cave. Begitu masuk Rute 11, cari bukaan di pagar dan pergi ke selatan untuk menemukan Sticky Barb di pinggir laut. Di tengah-tengah rute juga ada sebuah pohon Grn Apricorn. Selanjutnya pergi ke pojok kanan atas untuk menemukan TM86, Grass Knot. Jika sudah, masukilah Diglett's Cave.

Turun ke bawah. saya ini sangat simpel dan jauh lebih pendek dari Diglett's Cave di game generasi sebelumnya jadi ikuti jalan ke utara. Kamu akan sampai di Rute 2. Pergi ke utara untuk sebuah Carbos dan ke selatan ke sebuah pohon Pnk Apricorn. Masuki rumah di dekat pohon itu untuk mendapatkan Nugget. Masukilah gerbang di selatan dan bicara pada asisten Prof. Oak untuk mendapatkan Sacred Ash. Sekarang, kembali ke pintu masuk Diglett's Cave dan potong pohon yang ada di sebelah kirinya. Jalan sedikit ke utara dan sampailah kamu di Kota Pewter.

Pewter City

Di Pokemon Center, ada seorang pria yang akan menukarkan Xatu miliknya dengan Haunter milikmu. Di sebelah kiri PokeMart, ada seorang kakek yang akan memberikanmu item Silver Wing (di HeartGold) atau Rainbow Wing (di SoulSilver). Dengan ini, kamu bisa menangkap Pokemon legendaris kedua. Kamu bisa menggunakannya langsung sekarang juga. Jalan menuju tempat mereka berada masih sama dengan yang sebelumnya pernah dijelaskan--Lugia di Whirl Island dan Ho-oh di Bell Tower. Namun pada kesempatan kali ini, mereka memiliki level 70, jadi berhati-hatilah.

Dari tempat kakek itu, pergilah ke utara dan petik Blu Apricorn serta Wht Apricorn. Sekarang pergi ke kiri dan kamu akan sampai di sebuah gedung besar: Museum Pewter. Tapi jangan masuk dulu, melainkan, ikuti jalan sempit di antara semak di depan museum dengan pintu masuk museum. Hancurkan batu yang menghalangi jalanmu menuju sebuah Wise Glasses. Di dalam museum, bicara pada pria di ruangan kanan dan kamu bisa menghidupkan kembali berbagai fosil yang kamu temukan. Pokemon yang dihidupkan dari fosil semuanya level 20. Ingat, fosil hanya dapat ditemukan dengan menghancurkan bebatuan di beberapa tempat seperti Ruins of Alph. Namun, persentase kemunculannya amat kecil, jadi kamu harus bersabar.


Sekarang masukilah Gym yang terletak di depan museum. Gym Pewter ini terbilang kecil, dengan hanya dua orang Trainer selain Brock si Gym Leader. Kalahkanlah ahli Pokemon tipe Batu ini untuk mendapatkan Lencana Boulder dan TM80, Rock Slide.


LENCANA KE-15 : VOLCANO BADGE

Route 3 --> Route 4

Tujuan kita berikutnya adalah Mt. Moon, jadi masukilah Rute 3 di timur. Di sebelah selatan Rute 3, ada 4 buah lubang yang masing-masing berisi sebuah meteorit. Gunanya adalah untuk mengubah form Deoxys. Lanjutkan perjalananmu ke timur. Ketika kamu memasuki rerumputan tinggi, ikuti jalan ke selatan, naik tangga, dan temukan Big Root di ujung jalan itu. Kembali ke jalur utama dan teruskan ke timur. Ada sebuah Pokemon Center tepat di depan pintu masuk menuju Mt. Moon, jadi kamu bisa menyembuhkan Pokemonmu tanpa harus berjalan jauh ke Pewter.

Dan... tebak siapa yang akan langsung menantangmu bertarung begitu kamu memasuki gunung ini. Silver! Setelah mengalahkannya, ia berkata bahwa ia akan pergi ke Dragon's Den. Yah, kita bisa mengikutinya nanti. Naiki tangga di kanan dan melangkahlah ke luar menuju Mt. Moon Square. Di sini ada sebuah toko yang menjual beberapa barang seperti Poke Doll dan Lemonade. Jika kamu datang ke sini pada hari Senin malam pukul 20.00-23.59, tokonya akan tutup, namun kamu akan dapat melihat sekumpulan Clefairy menari! Salah satu dari Clefairy itu akan menyadari keberadaanmu dan mereka pun kabur, meninggalkan sebuah Moon Stone. Kamu bisa melakukan ini tiap Senin malam.


Masuki saya di selatan dan ikuti jalannya ke luar hingga kamu sampai di Rute 4. Lurus ke kanan. Ambil HP Up di ujung rute ini, lalu terbang kembali ke Kota Pewter. Saatnya pergi ke selatan, menuju Hutan Viridian.

Viridian Forest --> Pallet Town

Berjalanlah ke selatan dan ikuti terus jalannya menuju timur. Ambil Dire Hit dan Blue Flute di tengah jalan. Ke selatan, turuni anak tangga paling ujung untuk mendapatkan TM77, Psych Up (kak alvin? XD) di belakang sebaris pohon. Belok kiri, abaikan dulu pintu keluar dan terus ikuti jalannya ke kiri dan ke utara. Kamu akan menemukan sebuah Leaf Stone di antara dua set anak tangga. Kamu akan sampai di sisi selatan Rute 2.

Potong pohon di sisi kanan untuk menemukan Elixir, setelah itu, lanjut ke Kota Viridian. Di sebelah PokeMart ada sebuah gedung baru: Trainer House. Di sini kamu bisa melawan orang terakhir yang kamu ajak mensinkronisasikan PokeWalker. Namun jika kamu tidak pernah melakukan sinkronisasi PokeWalker sebelumnya, kamu akan melawan seorang Trainer default yang memiliki 3 Pokemon bentuk evolusi terakhir dari starter Johto. Semua Pokemon yang bertarung di sini akan diset ke level 50, namun yang levelnya di bawah 50 tidak akan diubah. Kamu tidak bisa menggunakan item di sini. Dan jika kamu berhasil menang, kamu akan mendapatkan 1 BP (Battle Point), yaiu poin yang bisa ditukarkan dengan sejumlah item di Battle Frontier.

Selanjutnya, gunakan Cut atau Surf untuk bicara pada pria di sebelah kanan Pokemon Center dekat jalan menuju Rute 22. Ia akan memberikanmu TM85, Dream Eater. Saatnya pergi menuju Rute 1 di selatan. Lompati langkan di sebelah kiri untuk mendapatkan Blk Apricorn. Selanjutnya simpel, cukup lurus ke selatan dan kamu akan sampai di Kota Pallet dalam sekejap.

Rumah Trainer Blue ada di kanan atas. Kakak perempuannya, Daisy, akan memijat Pokemonmu jika kamu mengunjunginya tiap sore pukul 15.00-16.00. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan happiness. Well, tidak banyak yang bisa kamu lakukan di sini, jadi Surf dan meluncurlah ke Rute 21.

Route 21 --> Seafoam Island

Surf lurus ke selatan hingga kamu mencapai Pulau Cinnabar. Setelah erupsi gunung berapi, pulau itu kini menjadi nyaris tak berpenghuni, dan hanya ada sebuah Pokemon Center di sana. Kamu bisa menemukan Blue di sana, tapi ia tidak akan melawanmu sebelum kamu mendapatkan 7 lencana. Jadi, Surf ke timur menuju Seafoam Island. Gunakan Dowsing MCHN di depan pintu masuk Seafoam Island untuk menemukan DeepSeaTooth, item yang akan meningkatkan Special Attack Clamperl dan mengevolusikannya menjadi Huntail jika ia ditukarkan.


Masuk ke dalam. Turuni tangga yang diselimuti es. Geser batu yang menghalangi jalan dan pergi ke kiri. Turuni tangga berikutnya yang kamu lihat dan ambil sebuah Water Stone. Kembali ke 3 batu yang kamu geser di awal, dorong batu sebelah kiri ke atas dan batu di sampingnya ke kanan untuk mendapatkan Grip Claw.

Setelah itu, pergi ke atas bukit dan ambil Ice Heal. Turuni tangga di sebelah kirinya menuju basement 2, lalu meluncur di atas lantai es dan lanjut ke kanan menyeberangi lantai es berikutnya. Meluncurlah ke selatan tepat di hadapan seorang Trainer, lalu belok kanan. Turuni tangga menuju basement 3. Ambil TM13, Ice Beam, di utara, lalu kembali lagi ke B3.

Geser batu di sebelah kiri atas untuk membuka jalan ke tangga di sebelah utaranya. Ambil Ultra Ball dan kembali ke atas. Di selatan, ada lantai es dengan 3 balok es di tengahnya. Dorong balok es sebelah kiri dan tengah ke atas atau ke bawah, lalu dorong balok es terakhir ke kiri. Kamu akan menemukan balok es lagi. Dorong balok es paling kanan ke atas dan balok es paling kiri ke arah kanan. Meluncurlah ke sebuah Big Pearl. Sekarang turuni tangga di selatan.

Surf dan ikuti terus jalannya menuju tangga berikutnya. Naiki dua tangga berikutnya hingga kamu sampai di jembatan kayu. Seberangi jembatan itu, turuni tangga lagi hingga ke dasar, dan Surf ke kiri. Bersiaplah karena kamu akan menghadapi Pokemon Burung Legendaris nomor 1, Articuno! Ia memiliki level 50, jadi siapkan Pokemon yang cukup tinggi levelnya.


Jika kamu sudah menangkapnya, Surf ke kiri hingga kamu menemukan sebuah tangga. Naiki tangga itu, pergi ke selatan, abaikan tangga berikutnya, dan ambil Revive di sebelah kanan. Barulah kita naik ke lantai selanjutnya. Geser batu di sebelah utara tangga dan naiki anak tangga hingga kamu sampai di bagian luar Seafoam Island yang lain.

Saatnya melanjutkan penjelajahan kita sedikit lagi sebelum mendapatkan lencana kelima belas. Surf ke utara dan ke kiri, lalu gunakan Dowsing MCHN untuk mendapatkan DeepSeaScale, item yang akan meningkatkan Special Defense dari Clamperl dan mengevolusikannya menjadi Gorebyss apabila Clamperl ditukar sambil memegang item ini. Sekarang, Surf lurus ke timur hingga kamu sampai di Rute 19.


Di sebelah selatan sepasang Trainer yang berenang bersebelahan, ada sepetak pasir dengan TM55, Brine, di atasnya. Dari sana, lurus ke utara dan kamu akan sampai di pantai selatan Kota Fuchsia. Terbang ke Pulau Cinnabar dan berenang kembali ke Seafoam Island. Naiki tangga menuju lantai atas. Tebak ruangan apa ini!


Yaps, inilah Gym ketujuh di wilayah Kanto. Karena Pulau Cinnabar sudah luluh lantak, sang Gym Leader pun terpaksa memindahkan Gym-nya ke tengah Pulau Seafoam. Namun, bukan berarti kamu bisa melewatinya dengan mudah, karena bebatuan di dalam saya itu membentuk labirin yang dapat mempersulit jalanmu menuju ke tempat Blaine berada. Kalahkan sang ilmuwan ahli tipe Api ini untuk mendapatkan Volcano Badge dan TM50, Overheat.


LENCANA KE-16 : EARTH BADGE

Cinnabar Island --> Viridian City


Well, ingat Blue yang kalian temui di Pulau Cinnabar? Bicara lagi padanya dan ia akan menyuruhmu pergi ke Gym Kota Viridian. Ikuti saja dia dan masuki Gym Viridian. Lantai Gym ini dipenuhi panel-panel yang akan menggerakkanmu ke arah yang ditunjukkan pada panel itu. Kamu tidak akan bisa berhenti bergerak kecuali kamu sampai di lantai berwarna abu-abu. Temukan jalan menuju Blue menunggu dan kalahkan dia untuk mendapatkan lencana terakhir, Lencana Earth, dan TM92, Trick Room.

Selanjutnya Bagian 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar