Minggu, 04 Agustus 2013

Pokemon HeartGold/SoulSilver Bagian 7

Sebelumnya Bagian 6

Bagian 7:
AFTERMATH

Pokemon dari Wilayah Lain

Begitu kamu kembali ke kamar, segera pergi ke Kota Pallet dan bicara pada Prof. Oak. Ia akan memberikanmu Starter Kanto: Charmander, Squirtle, dan Bulbasaur. Pilihlah yang manapun yang kamu suka.


Setelah itu, pergilah ke rumah Mr. Pokemon di Rute 30. Ia akan memberikanmu Blue Orb (HeartGold) atau Red Orb (SoulSilver). Bawalah Orb itu ke Rute 47, lalu turunlah menuju laut. Surf ke kiri sejauh mungkin dan panjat tembok berbatu. Masuki Embedded Tower, di mana kamu bisa menghadapi Kyogre atau Groudon. Keduanya pada level 50. Jika kamu tidak sengaja mengalahkannya, mereka akan kembali setelah kamu melawan ulang Elite Four.

Jika kamu memiliki Kyogre dan Groudon yang ditangkap di Embedded Tower (bisa didapat dengan cara menukarkannya dari game lain), bawalah mereka berdua ke Prof. Oak. Ia akan memberikanmu Jade Orb. Bawa orb ini ke Embedded tower dan kamu akan menemukan Rayquaza Level 50 di sana.


Selanjutnya, terbang ke Kota Saffron dan masuki Silph. Co. Di sana kamu bisa menemukan Steven Stone. Bicara padanya dan ia akan memintamu memilih satu warna. Pilih merah dan ia akan memberikanmu Torchic, memilih biru dan ia akan memberikanmu Mudkip, dan pilih hijau agar ia memberikanmu Treecko. Semuanya pada level 5.


Bug-Catching Contest

Setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu, National Park mengadakan kontes menangkap serangga. Untuk bisa menang, kamu harus menangkap Pokemon serangga terbaik yang dilihat dari Max HP, Level, IV, dan lain sebagainya. Setelah National Dex, serangga yang bisa ditangkap di dalam kontes ini juga akan bertambah. Selengkapnya, baca saja petunjuk tentang Bug-Catching Contest di sini.

Battle Frontier

Fasilitas Battle ini nyaris tak ada bedanya dengan Battle Frontier di Platinum. Di sini, kamu bisa melakukan pertarungan di 5 fasilitas berbeda dan mendapatkan Battle Points (BP) yang bisa ditukarkan dengan berbagai macam item, TM dan Move Tutor.

1. Battle Castle

Fasilitas ini terletak di pojok barat daya. Di sini, semua Pokemon akan diubah menjadi level 50 dan kamu tidak diperbolehkan menggunakan item. Kamu akan dihadiahi Castle Point (CP) setiap berhasil mengalahkan Trainer. Kamu akan diberikan 10 CP di awal permainan dan setiap sebelum battle, kamu bisa menggunakan CP tersebut untuk menggunakan suatu opsi, seperti memulihkan Pokemonmu, mendapatkan informasi soal lawanmu yang berikutnya, atau mendapatkan held item untuk digunakan oleh Pokemonmu.

Setelah memenangkan 20 pertarungan berturut-turut, kamu akan menghadapi Castle Valet Darach di pertarungan ke-21. Jika menang, kamu akan dihadiahi Silver Print untuk Vs. Recorder-mu. Kalau kamu bisa menang berturut-turut hingga 48 kali, Darach akan menantangmu kembali. Menang lagi dan kamu akan mendapatkan Gold Print.

2. Battle Hall

Terletak di barat, sebelah utara Battle Castle. Di sini, penggunaan Pokemon Legenda tidak diperbolehkan. Pokemon yang ikut minimal Level 30, dan kamu bisa bebas menggunakan item. Kamu hanya bisa menggunakan 1 Pokemon di sini.

Begitu masuk, kamu akan diminta memilih salah satu dari 17 tipe yang akan kamu lawan. Tiap tipe dimulai pada Level 1 dan akan bertambah menjadi Level 10. Kamu akan melawan Pokemon sesuai tipe yang kamu pilih, misalnya, jika kamu memilih tipe Air, kamu bisa saja melawan Mudkip, Starmie, atau Kingdra. Penting untuk memilih Pokemon yang memiliki sedikit kelemahan dan mampu mempelajari move yang beragam.

Awalnya, Level Pokemon lawanmu akan cukup rendah, namun lama-lama levelnya akan meningkat. Jika kamu mampu mengalahkan 50 Pokemon berturut-turut, kamu akan ditantang oleh Hall Matron Argenta dan mendapatkan Silver Print begitu mengalahkannya. Menang 170 pertarungan berturut-turut dan Argenta akan melawanmu lagi, kalahkan dia untuk mendapatkan Gold Print.

3. Battle Tower

Menara ini terletak di ujung utara. Di sini aturannya cukup simpel--bawa 3 Pokemon dan menangkan sebanyak mungkin pertarungan. Kamu tidak bisa menggunakan item, namun kamu bisa menggunakan Held Item pada Pokemonmu. Sangat dianjurkan untuk menggunakan Pokemon dengan IV tinggi dan sudah di-EV Train. Baca di sini untuk mengetahui cara mendapatkan IV tinggi lewat breeding dan cara untuk melatih Pokemon secara kompetitif!

Menangi 20 pertarungan dan kamu akan ditantang oleh Tower Tycoon Palmer. Kalahkan ia untuk mendapatkan Silver Print dan sebuah Ribbon untuk setiap Pokemon yang ada di party-mu. Setelah 48 kali menang berturut-turut, ia akan melawanmu lagi. Kalahkan dia dan dapatkan Gold Print serta Ribbon lainnya untuk ketiga Pokemonmu.

4. Battle Factory

Terletak di sebelah barat. Di sini, kamu akan menggunakan Pokemon pinjaman yang memiliki level 50 atau 100, tergantung tipe pertarungan yang kamu pilih. Kamu harus memilih 3 di antara 6 Pokemon yang disediakan di awal, dan setiap akhir pertarungan, kamu bisa menukarkan Pokemon milikmu dengan salah satu Pokemon lawanmu. Pada awalnya, kamu akan diberikan beragam informasi soal lawanmu. Namun lama kelamaan, informasi yang diberikan akan semakin berkurang.

Kalahkan 20 Trainer dan kamu akan menghadapi Factory Head Thorton. Silver Print akan dihadiahkan atas kemenanganmu. Menang 48 pertarungan berturut-turut dan kamu akan menghadapinya lagi, dan kemenanganmu akan dihadiahi Gold Print.

5. Battle Arcade

Battle Arcade berlokasi di pojok tenggara. Di sini, kamu menggunakan 3 Pokemon milikmu, dan segala item bahkan held item tidak akan bisa digunakan di sini. Sebelum bertarung, kamu akan mendapat kesempatan untuk memutar roulette yang akan menentukan nasibmu di pertarungan berikutnya.

Ada dua warna dalam roulette, ikon dalam warna merah akan mempengaruhi lawanmu sementara yang hitam akan mempengaruhimu. Beberapa ikon seperti lambang petir akan menyebabkan paralyzed, ikon api akan menyebabkan burn, ikon tornado akan menyebabkan kabut muncul di tengah pertarungan, ikon berry akan memberikan Berry #1-10 sebagai held item, dan lain sebagainya. Jangan terlalu lama menentukan pilihan, karena jika kamu tak kunjung memilih, komputer yang akan memilihkan untukmu.

Arcade Star Dahlia akan menantangmu setelah kamu memenangkan 20 pertarungan berturut-turut. Jika kamu berhasil mengalahkannya, kamu akan dihadiahi Silver Print. Untuk mendapatkan Gold Print, kalahkan Dahlia setelah memenangi 48 pertarungan berturut-turut.


Pokeathlon

Pokeathlon adalah semacam olahraga triathlon, hanya saja pesertanya adalah para Pokemon. Pokeathlon diadakan di Pokeathlon Dome, sebelah barat National Park. Di sebelah kiri Dome, ada seorang wanita yang akan memberikanmu Apriblender, alat untuk membuat Aprijuice. Seperti halnya Pokeblock/Poffin pada kontes, Aprijuice akan meningkatkan stat yang dibutuhkan Pokemon dalam cabang-cabang Pokeathlon yang akan diikutinya.

Tiap Pokemon memiliki 5 stats Pokeathlon - Speed, Power, Skill, Stamina, dan Jump, dengan nilai tertinggi 5. Stat ini bisa dilihat di halaman terakhir bagian Summary. Stat beberapa Pokemon bisa saja sudah mencapai maksimal (tidak bisa ditambah lagi berapapun jumlahnya), sedangkan beberapa bisa ditingkatkan dengan pemberian Aprijuice.

Masuki Pokeathlon Dome dan bicara pada resepsionis di konter untuk mengikuti Pokeathlon. Whitney akan datang dan memberikanmu kostum khusus Pokeathlon. Di sini, kamu menggunakan 3 Pokemon untuk setiap perlombaan. Tiap perlombaan membutuhkan keahlian pada stat tertentu, jadi gunakan Pokemon yang cocok. Di akhir perlombaan, kamu akan mendapatkan Athlete Point (AP) berdasarkan berapa skor yang kamu dapatkan di perlombaan tersebut, plus 100 poin jika kamu keluar sebagai juara pertama di perlombaan itu. AP dapat ditukarkan dengan berbagai macam item.

Untuk membuat Aprijuice, masukkan beberapa Apricorn (maksimal 5 buah) ke dalam Apriblender. Berjalanlah sebanyak 100 langkah (1 cycle) untuk menghasilkan Aprijuice yang bisa digunakan hingga 3 kali. Perlu dicatat, beberapa jenis Aprijuice tidak hanya dapat meningkatkan stat namun juga dapat mengurangi stat. Untuk membuat dampak penurunannya lebih kecil, kamu harus meningkatkan 'mildness' dari Aprijuice dengan cara membawanya 'jalan-jalan' lebih lama dan mendiamkannya selama beberapa hari. Maksimal angka mildness adalah 255.

Selain itu, ada juga 'flavor' yang akan menentukan berapa banyak peningkatan stat yang didapat oleh Pokemon yang meminumnya. Cara meningkatkan flavor adalah dengan menambahkan lebih banyak Apricorn pada Aprijuice yang sudah jadi dan mencampurkannya lagi. Flavor memiliki nilai maksimal 100.

Berikut adalah jenis Apricorn dan stat yang akan ditingkatkan/diturunkannya:

Blu Apricorn - Meningkatkan SKILL - Flavor Dry - Dapat menurunkan JUMP
Grn Apricorn - Meningkatkan JUMP - Flavor Bitter - Dapat menurunkan SPEED
Pnk Apricorn - Meningkatkan SPEED - Flavor Sweet - Dapat menurunkan POWER
Red Apricorn - Meningkatkan POWER - Flavor Spicy - Dapat menurunkan STAMINA
Ylw Apricorn - Meningkatkan STAMINA - Sour - Dapat menurunkan SKILL
Blk Apricorn - Meningkatkan semua stat
Wht Apricorn - Menurunkan semua stat

Perhatikan juga, bahwa tiap Pokemon memiliki Nature, dan nature itu akan ikut mempengaruhi efektivitas Aprijuice yang diberikan padanya. Berikut adalah daftar Nature dan stat mana yang akan dipengaruhinya.

Hardy: -Speed, +Power (sedikit)
Lonely: +Power, -Stamina (banyak)
Brave: -Speed, +Power (banyak)
Adamant: +Power, -Jump (banyak)
Naughty: +Power, -Skill (banyak)
Bold: -Power, +Stamina (banyak)
Docile: +Stamina, -Jump (sedikit)
Relaxed: -Speed, +Stamina (banyak)
Impish: +Stamina, -Jump (banyak)
Lax: -Skill, + Stamina (banyak)
Timid: +Speed, -Power (banyak)
Hasty: +Speed, -Stamina (banyak)
Serious: +Speed, -Skill (sedikit)
Jolly: +Speed, -Jump (banyak)
Naive: +Speed, -Skill (banyak)
Modest: -Power, +Jump (banyak)
Mild: - Stamina, + Jump (banyak)
Quiet: -Speed, +Jump (banyak)
Bashful: -Power, +Jump (sedikit)
Rash: -Skill, +Jump (banyak)
Calm: -Power, +Skill (banyak)
Gentle: +Skill, -Stamina (banyak)
Sassy: -Speed, +Skill (banyak)
Careful: +Skill, -Jump (banyak)
Quirky: +Skill, -Stamina (sedikit)

Nature netral seperti Hardy, Docile, Bashful, Serious, dan Quirky memang akan memberikan perubahan, namun tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan stat lainnya.

Dan berikutnya adalah daftar lomba-lomba di Pokeathlon, rekor pencapaian tertinggi pada cabang tersebut, serta stat apa yang paling kalian butuhkan untuk bisa memenangkannya.

1. Block Smash
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Power & Stamina
Rekor: 80 balok
Dengan menggunakan stylus, hancurkan batu-batu yang ada di hadapan Pokemonmu. Jika Pokemonmu kelelahan, tukar dia dengan Pokemon lain dalam timmu. Nilai akan semakin tinggi jika kamu mampu memukul balok di titik yang sama.

2. Circle Push
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Power & Stamina
Rekor: 40 poin
Timmu akan ditempatkan di lingkaran berwarna yang masing-masing memiliki poin tertentu. Gerakkan Pokemonmu dengan stylus dan tabrak Pokemon dari tim lawan untuk menyingkirkan mereka dari lingkaran tempat mereka berada. Ketika waktu habis, poinmu akan ditentukan dari lingkaran tempat Pokemonmu berada.

3. Disc Jump
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Jump & Power
Rekor: 40 poin
Gerakkan Pokemon dengan stylus dan tap untuk membuat mereka melompat. Akan ada piringan yang beterbangan di atas mereka dan kamu harus melompat untuk menangkapnya. Poin yang kamu dapatkan bergantung pada lokasi di mana Pokemonmu mendarat. Semakin ke belakang, semakin banyak poinnya.

4. Goal Roll
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Skill & Power
Rekor: 3 poin
Permainan ini mirip sepakbola mini. Kamu harus mengontrol ke-3 Pokemonmu dan mendorong bola ke gawang lawan untuk mendapatkan poin.

5. Hurdle Dash
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Speed & Jump
Rekor: 100 detik
Lari gawang a la Pokemon. Ke-3 Pokemonmu akan berlari dengan sendirinya, yang harus kamu lakukan hanyalah men-tap mereka sehingga mereka melompati gawang yang ada di sepanjang jalur.

6. Lamp Jump
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Jump & Skill
Rekor: 350 poin
Tarik salah satu Pokemonmu ke bawah untuk membuat mereka melompat. Untuk setiap lampu yang disentuhnya ketika melompat ataupun hendak mendarat, kamu mendapatkan satu poin. Hati-hatilah agar Pokemonmu tidak saling menabrak satu sama lain ketika melompat!

7. Pennant Capture
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Skill & Speed
Rekor: 35 bendera
Gerakkan Pokemon dengan stylus. Kumpulkan bendera sebanyak mungkin lalu kembali ke garis start untuk menambah bendera yang dikumpulkan timmu. Jika kamu menabrak Pokemon lain dari belakang, kamu bisa mencuri bendera yang mereka bawa.

8. Relay Run
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Stamina & Speed
Rekor: 12 putaran
Gunakan stylus untuk menggerakkan Pokemon. Ada banyak halangan yang akan menanti di tengah jalur. Jika Pokemonmu kelelahan, tukar dengan Pokemon lainnya menggunakan opsi "Switch".

9. Ring Drop
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Stamina & Power
Rekor: 70 poin
Tujuan permainan ini adalah untuk mendorong Pokemon lawan keluar dari ring dengan menggerakkan Pokemonmu ke arah Pokemon lawan. Jika Pokemonmu terdorong keluar atau mulai kelelahan, tukar ia dengan Pokemon yang lain.

10. Snow Throw
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Skill & Power
Rekor: 30 hit
Gerakkan Pokemonmu ke arah tertentu dengan stylus dan ia akan melempar sebuah bola salju ke arah tersebut. Jika bola salju itu mengenai Pokemon lawan, kamu akan mendapatkan sebuah poin. Tap pada Pokemon untuk membuat mereka mengumpulkan salju dan membentuk semacam tameng untuk melindungi dari lemparan salju lawan, dan, jika salju ini dilempar, dapat membuat Pokemon lawan terdiam untuk beberapa detik.

Gym Leader Rematch

Setelah mengalahkan Elite Four untuk pertama kalinya, kamu bisa menemui para Gym Leader di luar Gym-nya untuk meminta nomor PokeGear mereka dan menghubungi mereka untuk melakukan rematch. Akan tetapi, hal itu hanya dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Rematch akan dilaksanakan di Fighting Dojo Kota Saffron, dan begitu mereka menerima ajakan rematch, mereka tidak akan meninggalkan Dojo sampai kamu mengalahkan mereka.

Berikut adalah waktu dan lokasi kita bisa menemukan para Gym Leader:

1. Falkner
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia pada hari Senin di lantai 4 Celadon Department Store. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Sabtu pagi.

2. Bugsy
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia pada hari Kamis di sebelah selatan Hutan Viridian. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Kamis siang.

3. Whitney
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 12 siang hingga 4 sore. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Sabtu siang.

4. Morty
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia pada hari Senin/Rabu di Bellchime Trail. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Selasa malam.

5. Chuck
Untuk mendapatkan nomornya, bicara pada istrinya di depan Gym kapanpun. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Rabu malam.

6. Jasmine
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 1-2 siang di Kafe Olivine. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Rabu siang.

7. Pryce
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 6-10 pagi di sisi barat Lake of Rage. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Senin pagi.

8. Clair
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 6-10 pagi di Dragon's Den setelah mengalahkan dia dan Lance dalam pertarungan ganda bersama Silver. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Jumat malam.

9. Brock
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 12 siang - 3 sore di bagian Diglett's Cave dekat Rute 2. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Sabtu malam.

10. Misty
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 4-6 sore di ujung Rute 25. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Rabu pagi.

11. Lt. Surge
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 9 pagi - 12 siang setelah menangkap Zapdos dengan menunjukkan Pikachu yang ditangkap dari Viridian Forest. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Jumat siang.

12. Erika
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia pada hari Sabtu/Minggu pukul 3-5 sore, setelah berbicara dua kali padanya. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Minggu pagi.

13. Janine
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 4-6 sore di Reception Gate menuju Victory Road. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Senin siang.

14. Sabrina
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia pada hari Jumat di pelabuhan Kota Olivine. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Minggu siang.

15. Blaine
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia pada hari Selasa di Pulau Cinnabar. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Selasa siang.

16. Blue
Untuk mendapatkan nomornya, mintalah Daisy memijat Pokemonmu tiap hari pukul 3-4 sore, dan setelah 5 kali, tunjukkan Pokemon dengan happiness maksimum pada Daisy dan ia akan memberikanmu nomor telepon Blue. Untuk melakukan rematch, telepon Blue setiap Minggu malam.


Keterangan:
Pagi: 04.00-09.59
Siang: 10.00-19.59
Malam: 20.00-03.59

Setelah mendapatkan nomor telepon mereka masing-masing, kamu bisa menemui mereka untuk berfoto bersama mereka. Berikut adalah lokasi dan waktu untuk berfoto:

Falkner: Celadon Department Store, sepanjang hari Rabu.
Bugsy: National Park, sepanjang hari Jumat.
Whitney: Goldenrod Department Store, pukul 6 sore - 9 malam.
Morty: Bellchime Trail, sepanjang hari Jumat.
Chuck: Rute 47, sepanjang hari Minggu.
Jasmine: Kafe Olivine, pukul 12-1 siang.
Pryce: Gym Mahogany, sepanjang waktu.
Clair: Dragon's Den, pukul 5 sore - 7 malam.
Brock: Diglett's Cave, hari Selasa pukul 5 sore - 9 malam.
Misty: Rute 25, dengan Pokemon tipe Air di slot pertama party-mu, pukul 2 siang - 4 sore.
Lt. Surge: Rute 39, sepanjang hari Sabtu.
Erika: Kota Celadon, sepanjang hari Senin.
Janine: Reception Gate, pukul 6 sore - 8 malam.
Sabrina: Pelabuhan Kota Olivine, sepanjang hari Senin
Blaine: Pulau Cinnabar, sepanjang hari Selasa.
Blue: Pulau Cinnabar, sepanjang hari Jumat setelah mengalahkan Red.

Shiny Leaf

Tahu kan, jika kita bicara pada Pokemon kita, terkadang mereka akan memberikan kita item berupa aksesoris? Nah, terkadang, mereka bisa saja memberikan kita item yang amat langka: Shiny Leaf! Pokemon dengan Nature tertentu, apabila diajak jalan-jalan di rumput Pokemon liar di rute tertentu, dapat menemukannya sewaktu-waktu. Jika kamu menemukan satu, bicara pada Ethan dan ia akan menyuruhmu mencari 5 helai. Begitu kamu memiliki 5 helai Shiny Leaves, ia akan memberikan sebuah mahkota yang akan ditampilkan di layar Summary. Mendapatkan mahkota ini juga akan menambahkan satu bintang di Trainer Card-mu. Lainnya? Tidak ada! Hanya itu saja manfaatnya menemukan Shiny Leaf.

Berikut adalah daftar Nature dan nomor rute di mana mereka bisa menemukan Shiny Leaf:

Adamant: 9, 15, 22, 24, 37, 42, 46       
Lonely: 10, 16, 25, 27, 38, 43
Bashful: 10, 16, 25, 27, 38, 43             
Mild: 11, 18, 26, 39, 44
Bold: 9, 15, 22, 24, 37, 42, 46       
Modest: 7, 8, 13, 14, 33, 36, 45
Brave: 9, 15, 22, 24, 37, 42, 46         
Naive: 1, 3, 5, 12, 18, 31, 34, 47
Calm: 2, 4, 6, 28, 32, 35, 48         
Naughty: 1, 3, 5, 12, 18, 31, 34, 47
Careful: 7, 8, 13, 14, 33, 36, 45         
Quiet: 7, 8, 13, 14, 33, 36, 45
Docile: 7, 8, 13, 14, 33, 36, 45         
Quirky: 11, 18, 26, 39, 44
Gentle: 2, 4, 6, 28, 32, 35, 48           
Rash: 11, 18, 26, 39, 44
Hardy: 9, 15, 22, 24, 37, 42, 46       
Relaxed: 2, 4, 6, 28, 32, 35, 48
Hasty: 11, 18, 26, 39, 44               
Sassy: 1, 3, 5, 12, 18, 31, 34, 47
Impish: 1, 3, 5, 12, 18, 31, 34, 47     
Serious: 7, 8, 13, 14, 33, 36, 45
Jolly: 1, 3, 5, 12, 18, 31, 34, 47       
Timid: 10, 16, 25, 27, 38, 43
Lax: 2, 4, 6, 28, 32, 35, 48

***

Well, selesai sudah petualanganmu di Kanto! Petunjuk di atas mungkin belum mencakup semua hal, jadi tugasmu untuk menemukan hal-hal baru yang bisa dilakukan pasca menamatkan game!

Walkthrough ini masih jauh dari sempurna, jadi jika ada hal-hal yang kurang atau perlu diperbaiki, silakan post disini!


Sumber gambar: Dokumen pribadi, Bulbapedia, Serebii, Pocketmonsters.net, Deviantart dan lain-lain.

4 komentar: