Jumat, 09 Agustus 2013

Pokemon Black And White Bagian 2

Sebelumnya Bagian 1

Bagian 2:
Rute 4 --> Desert Resort
 
Berjalan ke utara sedikit dan kamu akan menemui Cheren, yang akan langsung menantangmu bertarung. Kamu bisa beristirahat dan menyembuhkan Pokemonmu di rumah kecil di dekat sana.
Dari rumah peristirahatan itu, melangkahlah ke kiri menuju daerah berpasir dan ke utara menuju tempat konstruksi di mana kamu bisa menemukan TM41, Torment. Aktifkan selalu Dowsing Machine-mu karena di sini ada banyak item tersembunyi. Kembali ke jalan aspal dan lurus menuju sebuah persimpangan. Belok kiri dan masuk ke rumah kecil di pojok untuk mendapatkan TM28, Dig. Keluar dari rumah, pergi lurus ke utara untuk mencapai Desert Resort.
 
Seperti halnya di pintu masuk Hutan Pinwheel, di dekat pintu masuk Desert Resort pun ada seorang dokter yang akan menantangmu bertarung, dan akan menyembuhkan Pokemonmu setelah itu. Jadi jangan khawatir dan pastikan kamu menjelajahi seluruh sudut gurun yang luas ini. Untuk sementara, bagian-bagian Relic Castle belum dapat dijelajahi secara penuh. Namun kamu bisa memasuki pintu masuk utama Relic Castle dan mendapatkan fosil Pokemon dari seorang gadis Backpacker di dalam sana. Fosil itu bisa kamu hidupkan kembali di Museum Nacrene. Ingatlah, untuk melewati pasir hisap di dalam Relic Castle, kamu harus berjalan, jangan lari, dan jangan berjalan tepat di tengah pasir hisap itu.
TM39, Rock Tomb, bisa kaudapatkan di pojok kiri bawah area Desert Resort. Nah, setelah puas berkunjung ke Desert Resort, saatnya menuju Kota Nimbasa!
Desert Resort --> Kota Nimbasa
   Di Nimbasa Gate, Profesor Juniper dan Cheren sudah menunggu. Professor akan memberikan Ultra Balls pada kalian. Sekarang saatnya bertemu dengan model cantik Elesa yang banyak diperbincangkan orang. Di mana lagi kalau bukan di Kota Nimbasa?
Tapi lagi-lagi Tim Plasma menunjukkan batang hidungnya! Kali ini mereka menyerang kakek-kakek pemilik Day-Care di Rute 3. kamu harus membantu kakek itu dan mengalahkan Tim Plasma. Si kakek akan memberikan kalian... jeng jeng jeng jeng! Sebuah sepeda sebagai ucapan terima kasih. Saatnya bersepeda keliling Kota Nimbasa!
Kemudian mendadak Bianca datang dan berkata hendak mengunjungi Pokemon Musical. Ikuti ke mana ia pergi, dan si pemilik teater Pokemon Musical akan memberi kalian Prop Case, semacam bentuk lain dari kotak aksesoris-nya D/P/Pt. Kamu juga bisa mengikuti Pokemon Musical kalau mau, tinggal bicara pada resepsionis. Gadis di dekat PC di dalam gedung Musical akan memberikanmu TM49, Echoed Voice.
Keluar dari gedung Musical, kamu akan melihat sedikit scene yang melibatkan Bianca, ayahnya, dan Elesa. Kembalilah ke amusement park setelah itu. Kamu akan kembali bertemu dengan N, dan dia akan mengajakmu naik bianglala. Saat itulah ia juga akan memberitahukan siapa dirinya sebenarnya. Setelah turun dari bianglala, N akan menantangmu bertarung untuk mengulur waktu agar anak buahnya bisa lari.
Setelah itu, di sana, setiap hari kamu akan menemui seorang Trainer yang akan mengajakmu bertarung dan naik bianglala.
  Sekarang saatnya menantang Gym yang letaknya persis di samping bianglala. Gym dengan spesialisasi tipe Listrik tersebut dilengkapi roller coaster yang akan membawamu ke tempat sang Ketua Gym nan seksi, Elesa, menunggu. Kalahkan ia dan kamu akan mendapatkan Lencana Bolt serta TM72, Volt Switch. Ia tahu setelah ini kau akan menuju Kota Driftveil, jadi ia akan meminta sang Ketua Gym Driftveil untuk menurunkan jembatan dan menunggumu di Rute 5. Tapi sebelum itu, mari kita jelajahi Kota Nimbasa sedikit lagi!
Masuki Gear Station dan seorang gadis akan memberikanmu Vs. Recorder. Gear Station adalah tempat semacam Battle Frontier, di mana kamu bisa menaiki salah satu kereta dan harus bertarung dengan Trainer-Trainer di dalamnya. Di rumah di belakang Pokemon Center, akan ada orang yang memberikanmu Sun Stone. Di rumah di sebelahnya, ada orang yang akan memberikanmu HM04, Strength, dan Soothe Bell, apabila Pokemon pertama dalam party-mu memiliki happiness tinggi.
   Lalu, sudahkah kamu mengunjungi stadion olahraga Nimbasa? Jika belum, ada baiknya kamu pergi ke sana. Karena di Big Stadium dan Small Court, akan ada Trainer yang dengan senang hati menantangmu bertarung jika waktu latihan para atlet tiba. Trainer itu akan berubah tiap hari dan jumlahnya akan bertambah seiring waktu, jadi pastikan kamu selalu mengunjunginya secara rutin!
Berbeloklah ke sebelah timur menuju Rute 16. Di Gate menuju Rute 16, seorang atlet akan memberikanmu Macho Brace. Di Rute 16, ada beberapa Trainer dan batu besar yang bisa digeser menggunakan Strength. Di rute ini juga terdapat TM66, Payback. Namun kamu belum bisa memasuki Marvelous Bridge di ujung timur rute ini untuk sementara waktu. Kembali ke Kota Nimbasa dan segera menuju Rute 5, di mana Elesa sudah menunggumu. 
Rute 5 -->Kota Driftveil
   Cheren akan mengajakmu bertarung begitu kamu menginjakkan kaki di Rute 5. Setelah itu, kau, Cheren dan Elesa akan bertemu dengan Alder si Juara alias Champion wilayah Unova. Ia memintamu dan Cheren untuk bertarung melawan 2 anak TK. Setelah selesai, saatnya untuk melanjutkan perjalanan menuju Jembatan Driftveil. Saksikan adegan di mana jembatan yang dijuluki Jembatan Charizard itu turun perlahan-lahan!
Di jembatan Driftveil, terkadang kamu mendengar suara kepakan sayap diikuti dengan kemunculan bayangan berbentuk lingkaran kecil. Berdirilah di atas bayangan itu untuk mendapatkan item berupa EV Wings atau pertarungan dengan Ducklett/Swanna liar.
   Sesampainya di Kota Driftveil, Clay si Ketua Gym rupanya kesal karena anggota Tim Plasma yang dikejarnya kabur. Ia menyuruh kau dan Cheren untuk mencari mereka sebelum menantang Gym-nya. Sebelum itu, mari kita berkeliling Kota Driftveil sejenak. Di rumah kedua yang kamu temui begitu memasuki kota ini, kamu bisa menemui seorang yang akan mengajari move Fire Pledge, Grass Pledge atau Water Pledge pada startermu jika mereka punya happiness yang cukup. Sekarang beralihlah ke sepasang rumah di belakang rumah Tutor tersebut. Di rumah sebelah kanan, ada seorang kakek yang akan memberimu Shell Bell jika kamu sudah memiliki data 50 Pokemon di Pokedex. Sementara bocah di sebelah si kakek akan menukarkan Minccino milikmu dengan Basculin miliknya.
Driftveil Market terletak di sebelah barat kota. Di sana ada seorang pria berpakaian serbahitam yang akan memberikanmu Expert Belt jika kamu bisa menunjukkan Pokemon level 30 ke atas. Di luar Driftveil Market kamu bisa menemui Charles yang akan secara rutin menantangmu dalam pertarungan Triple Battle (White) atau Rotation Battle (Black).
   Setelah puas berjalan-jalan, saatnya kembali ke tujuan utama kita: mencari anggota Tim Plasma! Bergeraklah ke selatan di mana Cold Storage berada. Temukan seorang pekerja Cold Storage yang ‘bersembunyi’ di antara 2 gudang untuk mendapatkan Rocky Helmet. Masukilah Cold Storage melalui pintu kecil di depan gudang yang dijaga seorang pekerja. Cheren akan mengikutimu masuk. Di dalam sini, beberapa bagian lantai membeku menjadi es yang licin sehingga kamu harus pandai-pandai meluncur ke arah yang tepat.
Pada lantai es bagian pertama, meluncurlah ke atas dari pojok kiri bawah, lalu meluncur ke kanan dan ke bawah untuk mendapatkan TM55, Scald, yang bersembunyi di pojokan. Lanjutkan menjelajah ruangan ini, dan kamu akan sampai di depan sebuah kontainer besar yang terbuka. Cheren datang dan mengajakmu untuk memeriksanya. Di situ rupanya Tim Plasma bersembunyi! Saatnya mengalahkan mereka satu-persatu. Setelah itu, Clay dan anak buahnya akan menggiring mereka keluar. Saatnya menantang Gym!
   Bagi yang sudah main seri D/P/Pt, mungkin akan merasakan sedikit kemiripan antara Gym Canalave-nya Byron dengan Gym Driftveil ini. Di sini, kamu harus mengoperasikan lift untuk membawamu menjelajahi Gym. Pilih tanda panah turun saat ingin lift turun, atau tanda panah atas saat ingin lift naik. Clay menunggumu di bagian terbawah Gym ini. Kalahkan dia untuk mendapatkan lencana kelima, Quake dan TM... lho? Dia tidak memberi TM, malah menyuruhmu menunggu di depan gua di ujung Rute 6! Oh, baiklah... tujuan selanjutnya: Rute 6!
Rute 6 --> Gua Chargestone
Bianca datang. Pertarungan lagi. Dan kali ini ia membawa hadiah yang benar-benar menarik... HM02, Fly! Sekarang, kamu bisa terbang ke semua kota yang sudah pernah kamu kunjungi. Terbanglah ke Kota Nuvema dan kunjungi Profesor Juniper. Ia akan memberikan TM54, False Swipe, atas kerja kerasmu dalam mengisi data Pokedex. Untuk seterusnya, Prof. Juniper akan memberikanmu TM, termasuk TM10 Hidden Power dan TM17 Protect jika kamu dapat mencapai jumlah tertentu pada Pokedex-mu, jadi pastikan untuk selalu mengunjunginya dengan rutin.
 
Kembali ke Rute 6. Di sana ada sebuah laboratorium yang meneliti cuaca. Seorang ilmuwan akan memintamu untuk menangkap Deerling dan memperlihatkan padanya tiap kali bentuk Deerling berubah menurut musim. Lanjutkan perjalananmu dan kamu akan sampai di depan sebuah gua yang tertutup sarang... laba-laba? Periksalah sarang itu dan Clay akan muncul. Rupanya, itu sarang Galvantula! Clay meminta Krokorok-nya untuk menghancurkan sarang itu dan ia pun akhirnya memberikanmu TM78, Bulldoze. Saatnya menjelajah Gua Chargestone!
N dan anak buahnya yang misterius rupanya sudah menunggumu di dalam. Setelah berbicara panjang lebar, ia pun pergi dan kamu kembali bebas menyusuri gua ini... yah, tidak sebelum Bianca dan Prof. Juniper datang dan memberikanmu Lucky Egg.
Untuk menjelajahi gua ini, kamu harus mendorong batu-batu berukuran sedang yang melayang-layang ke arah batu-batu besar. Dengan begitu kamu bisa membuka jalan lewat. Selain itu, di gua ini (dan semua gua lainnya), kamu mungkin akan melihat gumpalan tanah yang muncul tiba-tiba. Istilahnya "dust-cloud" atau "ground-shaking spot". Prinsipnya mirip dengan grass-shaking spot, namun jika kamu menghampiri gumpalan tanah itu, kamu bisa mendapatkan item elemental Jewel, batu evolusi, atau pertarungan dengan Drilbur/Excadrill. Ya, ini adalah satu-satunya cara untuk menemui 2 Pokemon itu di alam liar. Gua ini juga merupakan tempat di mana kamu bisa mengevolusikan Nosepass menjadi Probopass dan Magneton menjadi Magnezone.
 
Turun ke basemen 1, kamu akan menemui Dokter yang bisa menyembuhkan Pokemonmu jika kamu berhasil mengalahkannya. Tim Plasma? Tentu saja mereka juga ada di sini! Turuni tangga ke basemen 2 yang ada di dekat dua anggota Tim Plasma terakhir untuk mendapatkan beberapa item dan pertarungan dengan Trainer. Sekarang saatnya kembali ke lantai atas. Tebak siapa yang sudah menunggumu untuk bertarung!
Setelah sedikit perbincangan, bersiaplah untuk menginjakkan kaki di Kota Mistralton.
Kota Mistralton --> Rute 7
Rumah di samping Pokemon Center adalah tempat di mana Move Deleter dan Move Relearner berada.
Kamu akan bertemu dengan Skyla si Ketua Gym dan Prof. Cedric Juniper. Prof. Juniper yang ini akan memperbaharui Pokedexmu. Setelah itu... menantang Gym? Belum! Skyla mengatakan ia melihat sosok Pokemon di puncak Celestial Tower di Rute 7. Maka kamu pun sebaiknya ke sana.
Jangan lupa untuk memeriksa landasan pacu di sebelah barat kota. Kamu bisa menemukan banyak item tersembunyi dengan bantuan Dowsing Machine. Di dekat sebuah pesawat terbang, kamu juga bisa mendapatkan TM58, Sky Drop.
 
   Beranjaklah menuju Rute 7. Seorang gadis akan memberikanmu TM57, Charge Beam. Perhatikan rumput-rumput di rute ini? Ya, semuanya rumput tinggi, dan jika kamu ingat rumput yang sama di game R/S/E, rumput ini juga tidak bisa dilewati sepeda. Di rumput ini juga seringkali terdapat grass-shaking spot. Di atas rumput-rumput tinggi itu terdapat titian kayu kecil yang harus kau lewati dengan hati-hati. Kalau kamu diam terlalu lama, atau kamu berlari keluar jalur, kamu akan terjatuh. Kadangkala, kamu juga akan menemui rumput tinggi yang warnanya lebih gelap. Sudah bisa menebaknya? Ya, itu adalah rumput double battle—versi lebih tinggi!
Di dekat sana juga ada rumah, di mana seorang Hiker akan menukar Boldore milik kita dengan Emolga miliknya. Perlu dicatat bahwa Emolga hanya muncul di grass-shaking spot pada rute-rute tertentu. Celestial Tower ada di bagian utara rute ini.
   Tapi jika kamu mengambil jalan ke kanan sebelum menara tersebut, kamu bisa mengistirahatkan Pokemonmu di rumah yang ada di dekat sana. Ingat-ingat letak rumah ini, ya! Sekarang saatnya memanjat Celestial Tower!
   Celestial Tower bisa dibilang adalah versi lain dari Menara Kota Lavender-nya FR/LG, Mt. Pyre-nya R/S/E, ataupun Lost Tower di D/P/Pt. Tidak hanya di dalamnya terdapat kuburan, tempat ini juga dihuni Pokemon hantu dan sejenisnya. Oh ya, jangan lupa, di menara ini kamu juga bisa menemukan TM61, Will-O-Wisp, serta TM65, Shadow Claw. Panjatlah tangga-tangga spiral menara ini untuk sampai ke puncak, di mana Skyla sudah menunggumu. Ia akan memintamu untuk membunyikan bel Celestial Tower. Setelah selesai, kamu bisa terbang kembali ke Kota Mistralton dan bersiap mengalahkan Skyla.
   Gym tipe Flying ini menggunakan metode yang rada ‘sadis’ untuk membawamu menjelajahi bagian-bagiannya, yaitu dengan melontarkanmu menggunakan cannon-cannon raksasa. Dekati cannon tersebut, ia akan melontarkanmu ke arah berlawanan dari arahmu datang, jadi pastikan kamu memasukinya dari arah yang benar. Kalahkan Skyla dan ia akan menghadiahimu Lencana Jet serta TM62, Acrobatics.
Kota Mistralton --> Twist Mountain
Keluar dari Gym dan kamu akan disambut oleh orang yang sudah tidak asing lagi. Kenapa dia selalu mengikuti kita, ya? Apa mungkin dia stalker? Yah, setelah dia pergi, masuki rumah di belakang Pokemon Center dan bicara pada kedua anak kecil. Mereka akan memberitahumu tentang harta karun mereka di ujung landasan pacu. Pergilah ke sana dan dapatkan TM40, Aerial Ace.
kembalilah ke Rute 7, dan lanjutkan perjalananmu dari rumah peristirahatan yang disebutkan sebelumnya.  Jangan lupa mengambil TM81, X-Scissor, tidak jauh dari rumah itu. Kamu pun akan sampai di Twist Mountain.
 
Cheren akan menantang kalian bertarung lagi. Seusai bertarung, Alder muncul dan memberikan hadiah kepada kalian berdua—HM03, Surf. Ajarkan Surf pada salah satu Pokemonmu. Sekarang kamu punya 2 pilihan: melanjutkan perjalanan ke Twist Mountain, atau beristirahat sejenak dari tujuan utama dan menelusuri sudut-sudut Unova yang belum tersentuh olehmu?
Side Journeys: Berselancar Keliling Unova
Yang ingin jalan-jalan sejenak, terbanglah ke Kota Nuvema. Ingat kan, di sisi Rute 1, ada bagian yang langsung menuju ke laut? Dengan Surf, kamu bisa menjelajahi bagian itu sekarang. Berjalanlah terus hingga kamu mencapai Rute 17. Rute ini sebagian besar berupa perairan dan kadangkala kamu akan melihat bagian air yang bergerak sangat cepat. Aliran ini tidak bisa dihindari, jadi hati-hati jangan sampai terbawa arus!
TM06, Toxic, bisa kamu temukan di air yang dangkal. Dengan menunggangi arus air, kamu pun akan sampai di sebuah ‘pulau’ kecil. Di dalam sebuah rumah di pulau ini, seorang Ranger akan memberikanmu Telur Pokemon, jadi kalau kamu mau menerimanya, pastikan kamu punya 1 tempat kosong di party-mu. Turuni tangga di samping rumah si Ranger. Ingat baik-baik lokasi sekitar sini, karena kelak kamu akan kembali ke sini lagi. HM05, Waterfall, juga dapat ditemukan di dekat sini. Jangan sampai melewatkannya ya!
Dari tempat HM05 berada, lanjut ke utara, lalu turuni tangga dan kamu akan bertemu dengan pantai lagi. Naiki arus ke timur yang akan menyeretmu ke P2 Lab.  TM24, Thunderbolt, bisa ditemukan di sini. Selebihnya di sini tidak ada yang menarik. Kembali ke air, lalu berjalanlah hati-hati di antara arus yang bergerak ke kanan dan ke atas. Kamu akan sampai di tempat seorang Swimmer Male berada.
   Dari tempat si Swimmer itu, surfing ke air tenang di bawah sebongkah batu kecil hingga kamu sampai di tempat seorang Swimmer Female. Temukan jalur air yang tenang di bawah Swimmer Female itu, dan kamu akan terbawa ke pantai lain di pulau pertama yang kamu singgahi. Dari sini, kamu bisa menemukan seorang Trainer dan TM19, Telekinesis.
Rute 17 dan 18 sudah dilahap, sekarang saatnya meluncur ke beberapa tempat lain. Pertama-tama kita terbang ke Kota Striaton. Siapkan Dowsing Machine! Apa kamu ingat taman dengan kolam di sebelah barat kota? Beberapa item tersembunyi siap diambil dengan bantuan Dowsing Machine. Sekarang siapkan satu Pokemon yang bisa menggunakan Flash dan bergeraklah menuju Gua Wellspring. Gunakan Surf dan kamu akan mencapai tangga menuju B1. Di sini gelap, jadi gunakan Flash!
Di sini kamu akan menemukan sebuah jalan kecil yang diapit dua kolam. Surf ke kolam di kanan untuk mendapatkan TM47, Low Sweep. Kembalilah ke jalan yang sebelumnya dan lanjutkan ke utara. Kumpulkan item, lanjutkan Surf ke utara dan kamu akan sampai di dataran lain di mana TM52, Focus Blast, sudah menunggumu. Ekspedisi Gua Wellspring pun selesai!
Keluar dari Gua Wellspring, Surf di danau yang terletak tepat sebelum Kota Nacrene. Bagian utaranya belum kamu kunjungi, ‘kan? Setelah itu, bawa Pokemon yang bisa menggunakan Waterfall ke Hutan Lostlorn di Rute 16 dan panjat air terjunnya jika kamu tertarik mendapatkan Rare Candy. Tempat berikutnya adalah Kota Driftveil! Ingat jalan menuju laut yang ada di samping Pokemon Center? Surf dari sana ke arah mercusuar (?) untuk mendapatkan Water Stone. Sekarang untuk ekspedisi yang sebenarnya, pastikan kamu membawa persiapan berikut: Pokemon dengan Strength, Flash, serta sebanyak mungkin Ultra Ball atau Dusk Ball!
Pergi ke Rute 6 dan Surf untuk mengambil item pertama yang kamu lihat di pinggir sungai. TM84, Poison Jab, pun jadi milikmu. Lanjutkan ke jembatan di mana seorang gadis berpayung berada. Surf ke utara dan ambil item Silk Scarf yang ada di pinggir sungai. Lihat ada pintu masuk gua? Untuk mencapainya, Surf ke sungai di belakang laboratorium dan sampailah kamu di Gua Mistralton.
   Tempat ini juga gelap, jadi gunakan Flash untuk memudahkan hidupmu. Geser batu yang menunggu di selatan, lalu batu kedua, dan kamu akan menemukan tangga yang membawamu ke lantai 2. Geser lagi batu pertama yang kamu temui dan naiki anak tangga tersebut. Berjalanlah ke kanan, lalu ambil jalan ke selatan terlebih dahulu untuk mendapatkan Hard Stone. Sekarang lanjutkan ke paling utara, naiki anak tangga lalu ke kiri untuk mendapatkan TM80, Rock Slide. Kembalilah ke jalan sebelumnya. Di sebelah kanan, setelah menggeser batu besar, ada tangga menuju lantai 3 yang sebelumnya kau lewati.
Selamat datang di Guidance Chamber! Berjalanlah ke kiri dan kamu akan bertemu seorang kakek yang akan menceritakanmu tentang 3 Pokemon legenda: Cobalion, Virizion, dan Terrakion. Tertarik untuk mencarinya? Sabar dulu! Ambil jalan ke kanan dari tempat si kakek untuk mendapatkan Dusk Stone. Kembali ke tempat si kakek, pergilah ke kanan dan ambil Revive. Sekarang ikuti jalan yang ada di belakang si kakek. Geser batu berikutnya yang kamu temui. Sebelum mencapai ujung jalan, save game-mu karena kamu akan menghadapi... jeng jeng jeng! Cobalion! Hujan Ultra Ball dan Dusk Ball!
 
Setelah berhasil _menangkap_ Cobalion, si kakek datang dan mengatakan bahwa kini Virizion dan Terrakion mungkin sudah menunggu kedatanganmu. Keluar dari gua ini dengan cara apapun yang kamu suka. Masih adakah sisa Ultra Ball? Kalau iya, sekarang saatnya mendatangi tempat tujuan akhir acara jalan-jalan ini. Hutan Pinwheel!
Setelah menyeberangi 2 jembatan kecil di jalan utama Hutan Pinwheel, belok kanan dan masuk di antara pagar yang terbuka. Jika sebelumnya kamu sudah mencoba masuk sana, seorang kakek akan menghalangimu, tapi sekarang, kakek itu hilang dan kamu bebas melanjutkan penjelajahan!
Turun ke sungai terlebih dahulu dan Surf ke barat karena sebuah Silver Powder menunggumu. Kembali ke tempat awal, ikuti sepasang anak tangga kecil di sebelah kanan yang akan membawamu turun menuju TM22, Solarbeam. Sekarang melangkahlah sedikit ke utara lalu belok kanan sampai kamu menemui batang kayu berlubang yang bisa dilewati. Di ujung jalan itu terdapat tempat bernama Rumination Field, di mana Virizion telah menunggu!
   Berakhirlah sudah acara jalan-jalan kita. Terbang ke Kota Mistralton karena sudah saatnya untuk menaklukkan Twist Mountain.

Selanjutnya Bagian 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar