Jumat, 09 Agustus 2013

Pokemon Black And White Bagian 4

Sebelumnya Bagian 3

Bagian 4:
Aftermath

Game akan disave otomatis dan kamu akan kembali ke kamarmu. Ketika kamu turun, seorang tokoh dari versi D/P/Pt akan muncul di rumahmu... Yap, Polisi Internasional Looker! Ia memintamu untuk mencari 6 anggota Seven Sages yang terpencar di penjuru Unova. Dan untuk membantu misimu, ia akan memberikanmu... Super Rod? Apa hubungannya? Tapi ya, terima sajalah...

Di luar rumah, Cheren dan Bianca sudah menunggumu. Prof. Cedric pun datang dan mengupgrade Pokedex kalian ke National Mode. Kini kamu bisa menyimpan data dari 649 Pokemon, dan tentu saja, menemukan Pokemon-Pokemon dari generasi-generasi sebelumnya. Pokemon-Pokemon generasi lama terkadang muncul dalam suatu swarm/outbreak, yang infonya bisa kamu dapatkan di bulletin board di Gate.

Saatnya memulai pencarian terhadap Seven Sages. Ingat tempat di mana kamu mendapatkan HM Waterfall?

 
Datangi tempat itu dan kamu akan dengan mudah menemukan Rood, anggota Seven Sages pertama. Ia juga akan memberikanmu TM32, Double Team. Setelah itu terbanglah ke Kspan lang=ota Striaton dan masuki Dreamyard. Masuk lewat pagar paling kanan.

 
Dulu, di sini ada sebuah kerucut jalan menghalangi, namun sekarang benda itu sudah hilang dan kamu bisa melewatinya untuk sampai ke bawah tanah Dreamyard. Ketika kamu mencapai permukaan di sisi lain, anggota kedua Seven Sages, Gorm, rupanya sudah menunggu. Ia memberikan TM75, Swords Dance, sebelum pergi bersama Looker. Pergi ke kiri dan turuni tangga. TM85 Dream Eater siap digasak.

Menjelajahi Unova, Bagian Kedua

Terbang ke Kota Opelucid dan keluar melalui gerbang timur, menuju Rute 11. Panjat air terjun terdekat dan ambil TM50, Overheat. Turuni air terjun lainnya di sebelah kanan dan ambil Protector di pojok kanan atas. Kembali ke jalan utama dan selamat datang di Village Bridge! Seperti namanya, desa ini terletak di atas jembatan kuno. Begitu keluar dari Gate, meluncur ke selatan dan belok kanan. Kamu bisa mendapatkan Leftovers di sebuah tong sampah. Lurus ke utara dan surf ke pulau mini di tengah sungai untuk sebuah Calcium. Lanjut surf ke kanan, lalu belok kanan untuk menemui seorang Baker yang menjual Berry Sandwich.

 
Jika kamu setuju untuk bekerja padanya, kamu harus bicara pada semua pelanggan dan mengingat pesanan mereka, lalu mengirimkan pesanan pada orang yang tepat. Sebuah Berry akan jadi hadiahmu jika kamu melakukannya dengan benar. 

Kamu bisa mengistirahatkan Pokemonmu di rumah di ujung timur jembatan. Lanjut ke Rute 12. TM53, Energy Ball, ada di depan mata. Kamu pun akan sampai di Kota Lacunosa. Penduduk di sini tidak pernah keluar rumah saat malam hari karena mereka percaya ada Pokemon pemakan manusia yang berkeliaran. Seorang nenek di sana juga akan menceritakanmu tentang Pokemon yang ada di lubang di belakang kota. Untuk memecahakan misteri itu, pergilah ke Rute 13.

 
Lurus dan seberangi jembatan, seorang gadis akan memintamu untuk mengumpulkan surat-surat (Grams) yang dijatuhkan seekor Wingull. Kumpulkan 3 surat yang tercecer di sepanjang rute itu dan berikan pada gadis itu (sisanya dibawa oleh seorang kakek dan gadis berpayung). Wingull pun pergi dan meninggalkan TM89, U-turn untukmu.

Kembali ke bagian pantai. Di dalam sebuah rumah di sana, ada seorang kakek yang akan mengajarkan Ultimate Move pada final form Pokemon Starter dari generasi manapun yang kamu miliki, asalkan mereka memiliki happiness tinggi. Di depan rumahnya, seorang pria akan memberikanmu item acak tiap harinya. Kembali ke tempat kakek yang memberikanmu suratnya Wingull. Surf ke utara dari sana, naik tangga lalu masuk ke gua. Giant Chasm!

 
Telusuri gua ini searah jarum jam. Ke kiri, gunakan Strength pada kedua batu yang kamu temui untuk mendapat 2 Star Piece. Geser batu ketiga untuk sebuah Comet Shard.Di ujung lorong kamu akan menemui 2 jalan menuju selatan, ambil yang mana saja dan turuni tangga. Kamu akan sampai di luar lagi. TM13 Ice Beam dan TM03 Psyshock dapat ditemukan di sini. 

Tujuanmu adalah sebuah lubang di bagian tengah. Badai salju akan turun tiba-tiba dan semua pohon di tempat itu akan lenyap. Pergi ke utara, naik tangga dan masuki pintu gua. Kyurem menunggumu di dalam, jadi selamat berjuang menangkapnya!

 
Kembali ke Rute 13 dan pergi ke ujung selatan. Naik tangga lalu geser batu untuk mendapatkan TM29, Psychic. Ke kanan, gunakan Cut untuk mendapatkan Electirizer. Surf ke utara dari pantai, lewati pulau kecil, dan ambil DeepSeaScale dari air dangkal di dekatnya. Kembali ke daratan utama dan ikuti jalan ke kanan dan selatan hingga kamu sampai di Kota Undella. Kota ini dipenuhi villa dan orang-orang kaya yang menghabiskan musim panas di Unova. Seorang gadis akan memberikanmu HM06, Dive.

 
Gunakan Dive pada area gelap di Undella Bay untuk mengunjungi Abyssal Ruin. Di sana, kamu bisa mendapatkan item kuno dan Elemental Plate untuk mengubah tipe Arceus, namun berhati-hatilah karena setelah beberapa lama melangkah, arus akan membawamu keluar sehingga kamu harus mengulang menjelajahinya dari awal. 

 
Villa di belakang si gadis yang memberikan Dive adalah milik Champion Sinnoh, Cynthia. Ia ada di sana selama musim semi dan musim panas. Kamu bisa menantangnya bertarung tiap hari selama musim semi. Saat musim panas, salah satu penghuni villa akan menukarkan Cinccino milikmu dengan Munchlax miliknya. Di depan villa paling besar, seorang anak akan menantangmu bertarung lalu mengajakmu masuk ke villanya. Bertarunglah dengannya tiap hari dan ia akan mengajak lebih banyak temannya untuk bertarung denganmu. Di villa besar itu juga ada seorang kolektor yang akan membeli item-item kuno dari Abyssal Ruins dengan harga fantastis. 

Saatnya melanjutkan perjalanan ke Rute 14 yang berkabut. Panjat air terjun pertama di kiri dan ambil Ultra Ball. Panjat air terjun tepat disebelahnya dan kamu akan menemukan Giallo yang akan memberikanmu TM08 Bulk Up.
 
Tinggal 3 Sages lagi tersisa. Dari Giallo, melangkah ke kiri, turuni air terjun, lalu ke daratan di kiri—Abundant Shrine! Jika kamu membawa Thundurus dan Tornadus dalam party, kamu bisa menangkap Landorus di sini. Selain itu, ada banyak item yang bisa kamu temukan di sini, antara lain TM35, Flamethrower, Razor Fang, dan TM92 Trick Room.

Sekarang kembali ke pintu masuk Abundant Shrine. Surf lurus ke barat lalu naik ke daratan. Ke kanan, kamu akan melihat sebuah Reaper Cloth di utara dekat kaki air terjun. Kembali ke daratan sebelumnya dan lanjutlah ke selatan. Ikuti jalan ke kiri untuk keluar dari Rute 14.

             
Kamu akan sampai di Black City (Black) atau White Forest (White). Di Black City, kamu bisa menemukan Trainer-Trainer yang akan menantangmu bertarung, sementara di White Forest kamu bisa menangkap Pokemon-Pokemon tertentu yang tidak bsia didapatkan di daerah lain di Unova. Trainer di Black City maupun Pokemon liar di White Forest akan berubah dan bertambah jika kamu melakukan komunikasi Entralink. 

Berikutnya adalah Rute 15. Jika mengambil jalan lurus, kamu akan sampai di Poke Transfer Lab di mana kamu bisa memindahkan Pokemon dari generasi sebelumnya ke Black/White. Untuk mendapatkan item-item, turuni tangga ke selatan dan geser batu besar dengan hati-hati lalu ambil Up-Grade yang nangkring di pojokan. Geser batu berikutnya di sebelah kiri untuk mendapatkan TM09, Venoshock. Teruskan ke kiri dan kamu akan menemukan karavan. Wanita di dalamnya akan menukarkan Rotom miliknya dengan Ditto milikmu.

Lanjut ke Marvelous Bridge.Terkadang, di sini kamu akan menemui seorang gadis hantu berdiri di pinggir jembatan... Sama seperti Driftveil Drawbridge, di sini kamu juga bisa menemukan bayangan-bayangan kecil yang akan memberikanmu EV Wings atau pertarungan dengan Ducklett/Swanna liar. Shadow Triad muncul lagi, kali ini hanya untuk memberimu Adamant, Lustrous dan Griseous Orb. Tidak jauh dari sana, seorang pria akan menjual Magikarp kepadamu seharga 500 PokeDollar. Di sisi lain jembatan adalah Rute 16. Selamat, kamu sudah menjelajahi hampir seluruh wilayah di Unova!!

Soal Seven Sages, kamu bisa menemui Zinzolin di Cold Storage (ya, di tempat dulu kita menangkapnya). Ia akan memberikanmu TM01, Hone Claws. Sekarang meluncurlah ke Kota Mistralton dan masuki Gua Chargestone. Pergilah ke bagian terbawah gua itu. Bronius tidak akan menyerahkan diri sebelum kamu bisa mengalahkan 2 Grunt yang ikut bersamanya. TM69, Rock Polish, akan menjadi hadiahmu.

  Menjelajahi Relic Castle, Bagian Kedua

Hampir selesai! Dari Nimbasa, pergilah ke Desert Resort. Ingat bagian dasar Relic Castle yang belum sempat kamu telusuri gara-gara Alder dan Cheren keburu membawamu pergi? Kembalilah ke sana. Prof. Juniper akan muncul dan memberimu RageCandyBar kedua. Turunlah hingga mencapai lantai terbawah. Masuki pintu di sebelah kanan. Seorang Grunt Tim Plasma terkejut melihatmu dan lari. Ada yang tidak beres! Ikuti dia dan ia akan bertarung melawanmu. 

Labirin Relic Castle bermula dari sini, tapi seharusnya tidak terlalu menyesatkan. Dari ruangan pertama, masuki pintu selatan, lalu pintu kiri, pintu selatan lagi, pintu kiri, pintu kiri lagi, hingga akhirnya kamu sampai di tempat Ryoku berada. Ia akan memberikanmu TM04 Calm Mind sebelum menyerahkan diri.

Ambil pintu ke utara di mana seekor Volcarona menunggumu. Untuk keluar dari tempat ini, kembali ke ruangan Ryoku sebelumnya. Lalu masuki pintu kiri, kiri, atas, kiri, atas,kiri, hingga kamu sampai ke sebuah tangga. Ikuti tangga itu. Kamu akan sampai di pintu keluar bagian baratlaut Relic Castle, di mana kamu juga bisa mendapatkan TM26, Earthquake. 

The Royal Unova

 
Ingat kapal pesiar yang tertambat di Prime Pier Kota Castelia? Setelah mengalahkan Elite Four, kamu bisa menumpang kapal mewah itu untuk berkeliling di perairan sekitar Kota Castelia. Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat sejumlah Trainer yang bisa kamu lawan. Royal Unova hanya berlayar sekali sehari dengan jadwal sebagai berikut:

Musim Semi (Spring): 17:00-19:59
Musim Panas (Summer): 19:00-20:59
Musim Gugur (Autumn): 17:00-19:59
Musim Dingin (Winter): 16:00-18:59

Kamu hanya bisa menaikinya dalam waktu yang terbatas. Setelah batas waktu habis, kamu akan diberikan hadiah tergantung hari dan berapa banyak Trainer yang kamu kalahkan.

Gear Station dan Kota Anville

Seperti game-game generasi sebelumnya, Black/White juga menyediakan fasilitas Battle bernama Battle Subway. Fasilitas ini terletak di Gear Station, Kota Nimbasa. Di sini kamu bisa menaiki kereta-kereta bawah tanah dan bertarung melawan Trainer. Jika kamu menang 7 kali berturut-turut, kamu bisa mendapatkan sejumlah Battle Points (BP) yang bisa ditukarkan dengan item atau TM. Jika kamu menang 21 kali berturut-turut, kamu akan berhadapan dengan sang Subway Master. 

Ada 8 kereta yang bisa kamu ambil, yaitu kereta Single Battle, Super Single Battle, Double Battle, Super Double Battle, Multi Battles, Super Multi Battles, WiFi Battle dan kereta menuju Kota Anville. Subway Master Ingo akan menghadapimu di Single Battle dan Super Single. Subway Master Emmet akan menjadi lawanmu di Double Battle dan Super Double. Dan jika kamu mengikuti Multi Battles atau Super Multi Battles, mereka berdua yang akan kau hadapi. 

Kamu juga bisa pergi ke Kota Anville, kota kecil yang terletak di pojok jika dilihat dalam peta. Banyak orang berkunjung ke sini untuk melihat kereta pada akhir minggu. Beberapa orang itu akan mengajakmu barter item.

Challenger's Cave

Ada lagi tempat yang belum dijelajahi? Jika ada, Challenger’s Cave-lah jawabannya. Pergi ke Kota Opelucid dan masuki gua di Rute 9 itu. Kalian akan membutuhkan Flash untuk menjelajahinya.
  

Dari ruangan pertama, langsung turun ke lantai berikutnya. Lurus ke kanan, ke paling utara, lalu ke kiri untuk sebuah PP Up.  Naiki tangga di dekat gadis Ace Trainer. Seberangi jembatan ke selatan untuk sebuah Nugget. Kemudian, kembali ke tempat si gadis Ace Trainer dan ambil jalan ke kiri di dekatnya. Ada sebuah tangga turun. Di lantai berikutnya, pergilah ke utara dan Surf ke kanan. Sampai di ujung, naik ke daratan di utara. Seberangi jembatan-jembatan itu dan terus ke kanan, menyeberangi jembatan lain, hingga kamu bertemu wanita Veteran yang berdiri di pinggir sungai. Surf ke sungai di belakangnya dan langsung lurus ke utara untuk mendapatkan Oval Stone.

 Dari tempat Oval Stone, Surf ke kanan lalu ke selatan hingga kamu menemukan daratan di sebelah kanan, yang berada di bawah jembatan. Item Black Belt menunggumu tidak jauh dari sana. Kembalilah ke tempat wanita Veteran berada. Turuni tangga di sebelah kiri dan ikuti jalannya hingga kamu mendapatkan TM71, Stone Edge. Kamu akan sampai di tempat awal. Well, Challenger’s Cave sudah berhasil kita taklukkan!

Mereka Menunggu Untuk Kita Kalahkan (lagi)!

Kita sudah melawan Elite Four, namun N mendahului kita sebelum kita sempat bertarung dengan Alder si Champion. Kini kesempatan untuk menantangnya terbuka lebar. Pergilah ke Pokemon League dan kalahkan lagi Empat Raja Langit untuk bisa bertarung dengan sang Champion dan menjadi juara yang sesungguhnya!

Selain para Elite Four dan Champion, kita juga bisa bertarung melawan 2 sahabat kita, Cheren dan Bianca. Cari Cheren di Rute 5, lalu dia akan bisa ditemui untuk bertarung tiap hari di lantai teratas Victory Road. Bianca ada di Lab Prof. Juniper dan ia akan menerima tantangan bertarung tiap Sabtu dan Minggu.

Satu lagi Trainer yang bisa kita kalahkan adalah GameFreak Morimoto. NPC yang didasari dari tokoh asli Shigeki Morimoto ini bisa ditantang tiap hari di lantai 22 gedung GameFreak Kota Castelia.

Setelah itu? Kamu bebas melakukan apa saja! Mengisi Pokedex? Atau mungkin saja kamu menemukan sesuatu yang tidak disebutkan di walkthrough ini? Ingatlah, perjalanan sebagai seorang Trainer tidak akan pernah berakhir!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar