Minggu, 04 Agustus 2013

Pokemon HeartGold/SoulSilver Bagian 6

Sebelumnya Bagian 5

Bagian 6:
SANG TRAINER LEGENDARIS

Jalan-jalan Jilid Dua

Sekarang kamu sudah punya 16 Lencana, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Begitu kamu keluar dari Gym, Prof. Oak akan meneleponmu menyuruhmu datang ke laboratoriumnya di Kota Pallet. Tebak apa yang akan dia berikan padamu? Ya, HM08, Rock Climb!

Ingat jalur berbentuk lingkaran-lingkaran yang biasanya muncul di tepi tebing? Dengan Rock Climb, kamu bisa memanjat jalur itu. Ada banyak tebing untuk dipanjat di Johto dan Kanto, jadi sebaiknya kita mulai acara jalan-jalan bagian kedua. Mt. Silver sudah bisa diakses, namun kita akan pergi ke sana terakhir.

Terbang ke Kota Celadon dan masuki Celadon Condominiums. Pergi ke lantai 3, mana Ethan akan menemuimu dan bicara sedikit sebelum pergi. Bicara pada pria di depan globe raksasa dan ia akan memberikanmu GB Sounds, key item yang memungkinkanmu untuk mengganti BGM dalam game menjadi BGM dari Gold/Silver asli.

Masuki Diglett's Cave via Kota Pewter. Turun ke dalam terowongan dan panjat dinding yang sebelah kanan. Ikuti jalannya menuju Rock Incense. Kembali turun ke jalur utama, pergi ke selatan sedikit dan panjat dinding di kiri untuk sebuah PP Max. Sekarang keluar dari sana, terbang ke Kota Lavender, dan masuki Rock Tunnel. Belok kiri dan turuni tangga menuju ruangan berikutnya. Segera pergi ke kanan untuk menemukan beberapa tembok yang bisa dipanjat. Turuni panjatan pertama dan keempat untuk sebuah Oval Stone dan Iron, setelah itu keluarlah dari sini.

Terbang ke Pulau Cinnabar. Panjat tembok sebelah kanan di belakang Pokemon Center, panjat naik sekali dan turun sekali untuk mendapatkan Magmarizer. Sekarang pergilah ke Kota Cherrygrove. Surf ke laut di kiri, lalu panjat temboknya. Pohon paling kiri bisa kamu Headbutt untuk mendapatkan Taillow, dan ia hanya bisa ditemukan di satu pohon itu saja. Sekarang pergilah ke Rute 39 dan panjat tembok pertama yang kamu temui. Ikuti jalannya ke kanan. Pohon di ujung jalan ini adalah satu-satunya tempat untuk mendapatkan Burmy via Headbutt. Panjat turun tembok di sebelah utara untuk sebuah Lax Incense.

Terbang ke Kota Mahogany dan masuki Mt. Mortar. Panjat tembok pertama, pergi ke selatan lalu keluar lewat pintu di kiri. Panjat turun untuk mendapatkan Dubious Disc, lalu kembali ke dalam Mt. Mortar. Belok kanan dan ke utara menuju ruangan lain. Pergi ke utara, lewati dulu tembok yang bisa dipanjat dan teruskan ke utara untuk mendapatkan Full Incense. Sekarang kembali dan panjat tembok yang sebelumnya.

Panjat tembok berikutnya di utara, terus ikuti jalan, dan panjat tembok lainnya. Kamu akan menemukan sebuah Protector di ujung jalan ini. Keluar dari sini dan pergi ke National Park. Cari bukaan pagar di bagian kanan atas taman dan panjat dinding di sebelah kanan. Di sini kamu akan menemukan Shiny Stone, dan sebuah pohon--pohon paling utara--yang merupakan satu-satunya tempat untuk mendapatkan Cherubi, via Headbutt.

Itu semua adalah hal-hal penting yang bisa didapatkan via Rock Climb. Sekarang, saatnya menangkap beberapa Pokemon legendaris yang tersisa! Siapkan Ultra Ball sebanyak mungkin dan pergi ke Kota Cerulean. Pergi ke utara dan Surf ke sungai via rerumputan di Rute 24. Masuki saya di ujung kiri sungai itu.

Cerulean Cave


saya ini hanya akan terbuka setelah kamu mendapatkan 16 Lencana, karena di dalamnya terdapat Pokemon yang amat kuat. Gunakan Flash dan Surf ke utara. Belok kanan di belokan kedua dan naik tangga menuju lantai 2. Ikuti jalan di labirin kristal, lalu hancurkan 2 batu di ujung jalan untuk mendapatkan TM24, Thunderbolt. Kembali ke lantai 1 dan Surf ke kiri melewati kolong jembatan.

Mendaratlah di kiri, ambil Nugget, dan naik lewat tangga sebelah selatan. Ikuti jalan ini ke sebuah PP Up lalu kembali ke lantai sebelumnya. Pergilah ke selatan dan ikuti jalannya ke sebuah Full Restore. Lanjutkan perjalananmu hingga sampai ke sebuah tangga, abaikan saja tangga itu dan belok kiri. Ikuti jalan hingga kamu sampai di jembatan kayu.

Abaikan tangga di dekatnya dan seberangi jembatan itu. Belok kanan untuk mendapatkan Max Elixir dan belok kiri untuk mendapatkan Sea Incense. Sekarang naiki tangga yang berada tepat sebelum jembatan ini. Ikuti jalan ke kiri, belok ke selatan di persimpangan pertama, lalu belok kanan di persimpangan kedua hingga kamu sampai ke persimpangan ketiga, di mana di sebelah kanan terdapat sepasang batu yang bisa dihancurkan. Ada sebuah Odd Incense menanti di ujung jalan ini.

Kembali ke persimpangan kedua, kali ini ambil jalur kiri bawah (di sebelah selatan jalur yang ada batunya). Ikuti jalan itu menuju sebuah Ultra Ball. Sekarang, kembali ke persimpangan pertama di dekat tangga menuju ruangan ini dan ambil jalan yang mengarah ke utara. Ada persimpangan lagi; kali ini belok kanan. Turuni dua tangga berikutnya dan pergi ke utara. Belok kanan di persimpangan pertama dan ambil Max Revive. Pergi ke selatan menuju tepi kolam, lalu belok kiri untuk mendapatkan Ultra Ball.

Di dekat sana ada sepasang tembok yang bisa dipanjat. Panjat turun melalui tembok sebelah kanan dan temukan Dusk Stone. Panjat naik kembali lewat tembok yang sama dan Surf ke kiri. Jalan ke utara, lalu panjat turun tembok di sebelah kanan untuk mendapatkan Electirizer. Pergi ke selatan, belok kiri, dan panjat turun lagi. Surf ke selatan, abaikan belokan pertama dan belok di ujung jalan untuk mendapatkan Black Sludge.

Kembali Surf dan ikuti belokan sebelumnya hingga kamu mencapai tempat sang Pokemon Legendaris Mewtwo berada. Simpan game-mu karena ini adalah satu-satunya kesempatanmu untuk mendapatkannya. Dia memiliki level 70 dan terkenal dengan serangannya yang kuat, jadi gunakan Pokemon Tipe Dark untuk bisa menahan serangannya. Gunakan tangga yang ada di belakangnya untuk keluar dari saya ini.


Berikutnya, pergi ke Power Plant. Di samping gedung, kamu akan menemukan... jeng jeng jeng... Zapdos! Anggota kedua dari Trio Burung Legendaris ini memiliki Level 50. Saatnya untuk menambah koleksi Pokemon Legendamu!


Ingat saat Silver menyuruhmu pergi ke Dragon's Den? Jika belum ke sana, pergilah sekarang. Surf ke selatan menuju kuil di tengah saya. Kamu dan Silver akan melakukan pertarungan ganda melawan Lance dan Clair. Persiapkan dirimu dengan baik karena kedua sepupu itu sudah menjadi lebih kuat sekarang. Setelah pertarungan ini, baik Silver, Clair maupun Lance akan pergi. Mulai sekarang, setiap hari Senin dan Rabu, Silver akan menantangmu kapanpun kamu mencoba untuk bertarung dengan Elite Four. Selain hari itu, kamu bisa langsung menghadapi Elite Four tanpa harus mengalahkannya dulu.

Setelah itu, persiapkan dirimu untuk dungeon terakhir! Pastikan level Pokemon-mu di antara 80-90, karena kamu akan menghadapi Trainer terkuat di Dunia Pokemon. Terbanglah ke gerbang Victory Road, lalu ambil jalan ke kanan menuju Rute 28.

Di sini, ikuti jalur selatan ke arah barat hingga kamu sampai di sebuah Pokemon Center. Potong pohon kecil di sebelah kanan Pokemon Center itu dan bicara pada gadis di dalam rumah di sana untuk mendapatkan TM47, Steel Wing. Di sebelah kanan rumah itu, ada TM35, Flamethrower. Kembali ke Pokemon Center, Surf ke kiri di kolam di depannya untuk mendapatkan Reaper Cloth. Jika sudah siap, masukilah Mt. Silver.

Mt. Silver

Surf dan panjat air terjun. Masuki pintu terdekat dan ambil Expert Belt di dalamnya. Kembali ke air, Surf ke kiri dan panjat tembok naik lalu turun ke sebuah air terjun lainnya. Masuki ruangan di utara. Sudah bisa melihat siapa yang akan kita temui di ruangan ini? Benar sekali, Moltres! Panjat turun tembok di sekelilingnya dan bersiaplah menangkapnya. Sama seperti kedua temannya, ia berada pada level 50.


Kembalilah ke pintu masuk Mt. Silver dan panjat tembok terdekat dengan pintu masuk. Keluar lewat pintu di samping. Ambil Escape Rope dan ikuti jalannya ke barat. Setelah menaiki 3 set anak tangga, ikuti jalan ke selatan untuk mendapatkan TM76, Stealth Rock. Sekarang ke utara, turun tangga dan masuki pintu pertama yang kamu lihat. Ambil Full Restore di pojok ruangan dan kembali ke luar, lalu ikuti jalan hingga kamu sampai di pintu berikutnya.

Ikuti jalannya ke kiri dan ke utara, lalu naiki tangga menuju ruangan berikutnya. Di ruangan berikut ini, naiki anak tangga pertama, lalu putari ruangan berlawanan arah jarum jam, melewati anak tangga kedua, menuju sebuah Max Elixir. Sekarang naiki anak tangga kedua tadi, putari ruangan, dan ambil Max Revive di ujung jalan. Naiki anak tangga ketiga di sebelah kirinya dan ikuti jalan ke kiri hingga sampai ke sebuah Calcium. Sekarang, keluar lewat pintu di utara.

Wow, di luar bersalju!!! (norak) Ikuti jalan ke kanan dan masuki pintu pertama yang kamu lihat. Ambil Protein di selatan dan keluar lagi. Masuki pintu berikutnya, lalu keluar lewat pintu selanjutnya, kemudian pergi ke selatan hingga kamu melihat tembok berbatu yang berada di samping pintu lainnya. Panjat tembok itu, belok kiri, panjat tembok kedua, lalu belok kanan untuk mengambil Pure Incense.

Sekarang kembali ke pintu di paling bawah dan masuk, lalu keluar lagi lewat pintu di kiri. Panjat tembok, lalu panjat tembok paling kanan dua kali untuk mendapatkan Dawn Stone. Kembali ke jejeran 3 tembok berbatu. Panjat tembok yang di tengah dan masuki pintu saya. Panjat tembok di ujung jalan ini dan keluar menuju puncak Mt. Silver yang diselubungi badai salju.


Ada seseorang di ujung jalan ini. Dia adalah Red, sang Trainer legendaris yang merupakan protagonis di serial game Red/Blue/Yellow dan FireRed/LeafGreen. Dia memiliki tim penuh berisi 6 Pokemon dan Pokemon terkuatnya adalah Pikachu yang berada pada level 88. Selain itu, badai salju yang terus turun juga dapat mengurangi HP Pokemon yang bukan tipe Es sedikit demi sedikit. Sudah siapkah kamu menghadapinya?

Setelah kamu mengalahkannya, game akan disave otomatis dan credits akan muncul. Setelah ini, setiap Pokemon dalam party yang kamu bawa untuk melawan Red akan mendapat Legend Ribbon. Selamat, kamu sudah berhasil menamatkan HGSS!

Selanjutnya Bagian 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar