Minggu, 04 Agustus 2013

Pokemon HeartGold/SoulSilver Bagian 1

Bagian 1:
Walkthrough ini akan membantumu menjelajahi region Johto dan Kanto dalam versi remake dari game generasi 2 Gold/Silver/Crystal, yaitu Pokemon HeartGold/SoulSilver!

Cerita di Pokemon HeartGold/SoulSilver (HGSS) tidak jauh beda dengan versi aslinya, di mana cerita awal berlangsung di region Johto, tiga tahun setelah setting cerita FireRed/LeafGreen (FRLG). Kamu akan berperan sebagai Ethan/Lyra, mengalahkan ke-8 Gym, dan tentu saja menaklukkan Liga Indigo. Tapi tidak semudah itu, karena tim penjahat paling hebat di dunia Pokemon, Tim Roket, akan beraksi kembali! Namun, petualanganmu tidak serta-merta berhenti di sana, karena masih ada Region Kanto yang juga harus kamu taklukkan untuk bisa menjadi Trainer terkuat!

Untuk memulai game, pilih opsi “No Info Needed”. Prof. Oak akan menyambutmu dan menjelaskan tentang dunia Pokemon. Sekarang saatnya memperkenalkan dirimu! Pilih gender yang ingin kamu pakai sebagai karaktermu, masukkan nama yang diinginkan, dan saatnya kamu memulai petualanganmu!

PERHATIAN!!!
BAGI YANG BERMAIN DENGAN EMULATOR, HARAP RAJIN MELAKUKAN SAVE GAME UNTUK MEMINIMALISIR DAMPAK DARI FREEZE!!! ROM HGSS AKAN SELALU MENGALAMI FREEZE MENDADAK, JADI PASTIKAN KALIAN SERING MELAKUKAN SAVE GAME!!!


~ BAGIAN PERTAMA : JOHTO ~


LENCANA KE-1 : ZEPHYR BADGE

New Bark Town

Kamu akan muncul di kamarmu. Turunlah dan ibumu akan memberikanmu opsi untuk mengakses Bag, Save, Trainer Card-mu dan Option. Opsi-opsi itu akan muncul di layar bawah dan bisa langsung kamu klik. Sekarang, keluarlah dari rumahmu. Seekor Marill akan menyambutmu. Marill itu adalah milik second character Lyra (jika kamu bermain sebagai laki-laki) atau Ethan (jika kamu bermain sebagai perempuan. Dan untuk Walkthrough ini, kita akan menggunakan Ethan karena saya mainnya pakai cewek ). Masuki lab Prof. Elm di sebelahnya. Beliau akan menyambutmu dan memintamu membantunya dalam penelitian tentang Pokemon dan memberikanmu Pokemon pertamamu. Tiba-tiba, ia menerima e-mail dari temannya, Mr. Pokemon, yang memberitahukannya tentang penemuan Telur Pokemon. Prof. Elm memintamu untuk pergi menggantikannya. Sekarang saatnya memilih Pokemon pertamamu. Ada Chikorita si Pokemon tipe rumput, Cyndaquil si Pokemon tipe api, dan Totodile si Pokemon tipe air. Yang mana yang akan kamu pilih?


Prof. Elm juga memintamu untuk berjalan-jalan dengan Pokemonmu itu. Ya, inilah salah satu fitur menarik di HGSS, di mana kamu bisa berjalan-jalan dan berinteraksi dengan Pokemon. Tapi, kamu hanya bisa berjalan-jalan dengan 1 Pokemon saja setiap waktunya, yaitu Pokemon pertama dalam party-mu. Untuk bisa berinteraksi dengannya, tekan tombol D-pad dengan pelan agar karaktermu berputar di tempat dan menghadap ke arah Pokemon. Pokemon akan mengeluarkan reaksi berbeda-beda tergantung lokasi, waktu, dan tingkat happiness-nya. Jika kamu sudah akrab dengan Pokemonmu, kadang ia juga akan memberikanmu aksesoris. Oh ya, kamu juga bisa menyembuhkan Pokemonmu dengan mengecek PC di belakang Prof. Elm. Asisten Prof. Elm juga akan memberikanmu Potion sebelum keluar lab.

Di luar, Ethan sudah menunggumu dan menyarankanmu untuk menemui ibumu dulu. Beliau akan memberikanmu PokeGear, gadget multifungsi yang dapat digunakan untuk menelepon, melihat peta, dan mendengarkan radio. Namun saat ini kamu hanya bisa menggunakannya untuk menelepon saja. Klik nama orang pada kontak dan pilih “Call” untuk melakukan panggilan. Kamu juga bisa mengubah tampilan PokeGear-mu dengan mengklik tombol bergambar palu dan kunci inggris di kiri bawah. Saat kamu hendak melangkah ke rute 29, Prof. Elm akan memberikanmu nomornya. Nomor itu akan secara otomatis tersimpan di PokeGear-mu.

Route 29 --> Route 30

Di sini, setelah mendapatkan lencana pertama, kamu bisa menemui seorang gadis bernama Tuscany yang akan memberikanmu TwistedSpoon. Berjalanlah ke kiri lalu ke utara. Ada gerbang menuju Rute 46 di sana, tapi untuk sekarang tidak ada yang bisa kamu temukan di sana. Melangkahlah ke kanan dari gerbang itu untuk menemukan Potion. Di rute ini, kamu akan menemukan pohon Apricorn hijau atau Grn Apricorn, namun untuk sementara kamu belum bisa mengambil buahnya.

Di Kota Cherrygrove, seorang kakek akan menjelaskan padamu tentang tempat-tempat yang ada di sana. Setelah itu, ia akan memberikan Running Shoes padamu. Untuk mengaktifkan Running Shoes di HGSS ada 2 cara, pertama dengan cara klasik yaitu menekan tombol B saat berjalan, dan yang kedua adalah dengan mengklik tombol oranye dengan ikon sepatu di layar bawah. Jika kamu sudah mengklik tombol oranye tersebut, Running Shoes akan selalu aktif dan kamu tidak perlu capek-capek menekan tombol B setiap ingin berlari. Untuk menonaktifkan fitur ini, cukup mengklik tombol oranye itu lagi. Mudah, bukan?

Jika sudah selesai, lanjutkan perjalananmu ke Rute 30. Kakek yang tadi akan menghentikanmu dan memberikan Map Card untuk PokeGear-mu. Sekarang, kamu bisa melihat peta Johto dengan mudah, cukup mengklik gambar peta yang ada di PokeGear.


Di Rute 30, ambil Potion yang terlihat mata. Masuki (atau lewati saja) rumah yang ada pohon Grn Apricorn di sebelahnya untuk mendapatkan Apricorn Box. Sekarang kamu bisa memetik buah Apricorn yang kamu temui! Pohon Apricorn akan tetap berbuah tanpa perlu diapa-apakan. Cukup kembali dan mengeceknya tiap hari. Sekarang, lanjut ke rumah Mr. Pokemon di ujung utara. Jangan lupa untuk mengambil Antidote di tengah jalan serta Pnk Apricorn di samping rumah Mr. Pokemon.

Di dalam rumah, Mr. Pokemon akan menyambutmu dan memberikanmu item Mystery Egg. Melihat Pokemonmu, Prof. Oak akan memperkenalkan dirinya dan memintamu untuk membantunya mengisi Pokedex. Ia juga akan memberikanmu nomor teleponnya. Kembali ke luar, Prof. Elm meneleponmu dengan panik. Sepertinya ada hal buruk yang terjadi... sebaiknya kita segera kembali ke Kota New Bark!

Cherrygrove City --> New Bark Town

Tepat saat kamu akan melangkah ke Rute 29, seorang laki-laki berambut merah akan menghadangmu dan mengajakmu bertarung! Setelah kamu mengalahkannya, ia akan pergi. Uh-oh, rupanya ia menjatuhkan Trainer Card-nya. Kembali ke laboratorium Prof. Elm, rupanya salah satu Pokemon milik Profesor dicuri! Pencurinya diduga adalah bocah berambut merah tadi. Kamu akan mendapatkan pilihan untuk menamai Rivalmu. Di guide ini, kita akan memanggilnya Silver.

Setelah sang polisi pergi, Prof. Elm akan meminta Mystery Egg yang kamu dapatkan. Mengetahui bahwa kamu memiliki Pokedex, beliau menyarankanmu untuk menantang Gym di seluruh Johto dan mengikuti Liga Pokemon. Sebelum kamu memulai petualangan panjangmu, ada baiknya kamu menemui ibumu. Beliau akan menawarkan diri untuk menyimpan sebagian uang yang kamu dapatkan dari pertarungan melawan Trainer. Uang yang disimpan ibumu akan digunakannya untuk membeli barang-barang untukmu. Seorang pria akan muncul di PokeMart jika ibumu baru membeli barang dan pria itu yang akan memberikan barangnya padamu. Kalau kamu berubah pendirian, cukup bicara dengannya lewat PokeGear. Kamu juga bisa menyimpan sejumlah uang yang sudah kamu punya padanya, atau mengambil uangmu yang disimpannya.

Ingat tempat di mana sebelumnya Silver berdiri untuk mengintipi laboratorium Profesor? Cek tempat ia berada sebelumnya untuk mendapatkan Potion.

Kembali ke Rute 29, Ethan akan mengajarimu cara menangkap Pokemon serta memberikanmu beberapa Pokeballs. Perhentian berikutnya: Kota Violet!

Route 30 --> Violet City

Kembali ke Kota Cherrygrove lalu masuki Rute 30. Dari rumah dengan pohon Apricorn, pergilah ke utara di mana kamu akan ditantang oleh para Trainer. Beberapa Trainer akan memintamu untuk bertukar nomor telepon, terserah padamu untuk setuju atau tidak. Beberapa orang akan memberikan item padamu, mengajak rematch, atau cuma sekadar mengobrol. Lanjutkan ke utara hingga Rute 31. Kamu bisa memasuki Dark Cave, namun kamu tidak akan bisa menjelajahinya tanpa bantuan beberapa HM, jadi lewati saja dulu. Ambil Potion dan Blk Apricorn tidak jauh dari saya, juga PokeBall yang ada di pojok. Di gerbang menuju Kota Violet, Ethan akan memberikanmu Vs. Recorder. Selamat datang di Kota Violet!

Orang di depan Pokemon Center akan menukarkan Shard milikmu dengan Berry. Di lantai 2 Pokemon Center, seorang pria akan menanyakan Trainer seperti apa kamu. Pilihanmu akan menjadi spritemu yang muncul dalam Union Room.

Di dalam rumah beratap ungu di sebelah kiri Pokemon Center ada anak yang akan menukarkan Bellsprout milikmu dengan Onix miliknya. Di utara Pokemon Center, terdapat Trainer School dan Sprout Tower. Sebelum menantang Gym, ada baiknya kamu memanjat menara ini. Di menara ini kamu akan menemukan para Sage pengguna Bellsprout yang akan menantangmu bertarung. Jangan lupa untuk mengumpulkan item di sepanjang perjalanan. Di puncak menara, kamu akan melihat Silver yang rupanya sudah berhasil mengalahkan Elder pemimpin menara ini. Lakukan hal yang sama; kalahkan si Elder dan ia akan memberikanmu TM70, Flash. Gunakan Escape Rope di sebelah kanan Elder untuk keluar dari menara ini, atau cukup memanjat turun.


Jika sudah siap, saatnya untuk menantang Gym pertama, yang lokasinya tepat di depan Sprout Tower. Gym ini berspesialisasi tipe Flying dan dipimpin oleh Falkner. Jika kamu berhasil mengalahkannya, ia akan memberikanmu Lencana Zephyr dan TM51, Roost.


LENCANA KE-2 : HIVE BADGE

Violet City --> Ruins of Alph

Setelah keluar dari Gym, Prof. Elm akan meneleponmu dan mengatakan bahwa ia mengirimkan asistennya untuk memberikanmu telur Pokemon yang sebelumnya kamu berikan ke dia. Pergilah ke PokeMart dan pastikan ada slot kosong dalam party-mu. Telur itu nantinya akan menetas menjadi Togepi. Jika Togepi sudah menetas, letakkan dia di slot pertama party-mu dan tunjukkan pada Prof. Elm untuk mendapatkan Everstone.

Sekeluarnya dari PokeMart, seorang wanita misterius akan muncul dan memberikan sedikit nasihat padamu. Siapakah dia? Well, nanti juga kita akan tahu. ^_^ Sekarang saatnya membereskan sedikit urusan di Kota Violet. Pergilah ke ujung barat kota, menuju Rute 36. Pria gendut di sana akan memberikanmu HM06, Rock Smash. Ajarkan pada salah satu Pokemonmu dan gunakan untuk menghancurkan batu di dekat Trainer School. Cek bagian ujung jalan yang tertutup batu itu untuk mendapatkan Hyper Potion tersembunyi. Sekedar informasi, terkadang kamu juga bisa mendapatkan item dengan menghancurkan batu-batu semacam itu.


Kembali ke Rute 36, jika hari itu adalah hari Kamis, kamu akan menemui seorang bocah berkacamata bernama Arthur. Ia adalah salah satu anggota dari tujuh bersaudara yang akan muncul di tempat tertentu pada waktu tertentu dan memberikan item tertentu. Khusus Arthur, ia akan memberikanmu item Hard Stone. Saudaranya yang lain bernama Tuscany bisa kamu temui setiap Selasa di Rute 29, dan akan memberikanmu item TwistedSpoon. 5 saudara lainnya menyusul!

Dari PokeMart Kota Violet, pergilah ke selatan dan jangan lupa mengambil Ylw Apricorn. Sampailah kamu di Rute 32! Belok ke kiri dan kamu akan sampai di Ruins of Alph. Menghancurkan batu-batu di sini terkadang akan memberikanmu beragam Shards atau Fosil yang bisa kamu hidupkan menjadi Pokemon. Namun sabar saja mencobanya, karena batu-batu itu tidak selalu berisi item.

Jika kamu punya Arceus dari event Toys’ R’ Us atau Arceus dari Hall of Origin DPPt, kamu bisa mengaktifkan event yang akan memberikanmu salah satu dari Dialga, Palkia atau Giratina Origin Forme Level 1.

Di dekat pintu masuk, periksa batu yang berada di selatan papan nama Ruins of Alph untuk mendapatkan Great Ball. Pergilah ke utara dan hancurkan batu paling kiri. Periksa batu lain di belakangnya untuk sebuah Rare Candy. Dari sana, ambil dua langkah ke kanan dan enam langkah ke selatan, lalu ke kiri untuk sampai ke area ‘tersembunyi’ dengan sebuah Hyper Potion. Kembali ke selatan sedikit lalu masuki bangunan yang pintunya terbuka. Ikuti jalannya hingga kamu mencapai sebuah ruangan dengan puzzle Kabuto. Tapi, lupakan dulu puzzlenya. Pergilah ke belakang ruangan dan cek dinding yang berada di tengah. Akan muncul susunan huruf Unown yang membentuk kata “ESCAPE”. Tapi tenang dulu, ini bukan creepypasta. Gunakan sebuah Escape Rope dan sebuah ruangan akan terbuka! Ambil item-item di dalamnya.

Kembali ke puzzle Kabuto. Memecahkan puzzle itu pastinya bukan perkara rumit, kan? Klik pelan pada kepingan puzzle untuk memutarnya lalu drag potongan puzzle ke tempat yang diinginkan. Jika kamu berhasil, sebuah lubang akan muncul dan kamu otomatis jatuh ke dalamnya. Seorang pria akan memberikanmu Unown Report yang berfungsi untuk mendata setiap tipe Unown yang kamu tangkap. Ada 28 jenis Unown, namun di ruangan kamu berada saat ini hanya ada sebagian dari keseluruhan jenis. Sisanya baru bisa diakses nanti, jadi sekarang ambillah tangga di tengah ruangan dan kembalilah ke Rute 32.

Route 32 --> Union Cave

Berjalanlah ke selatan. Seorang pria akan memberikan Miracle Seed, item yang menguatkan power dari move tipe Rumput. Jangan lupa mengambil Repel yang ada di tengah rumput. Tidak jauh dari sana, kamu akan melihat sebuah tangga. Turuni tangga itu dan lawan 3 Fisherman yang sedang asyik memancing di jembatan. Di ujung jembatan, ambil tangga di kiri. TM09 Bullet Seed berada tidak jauh dari sana. Sedikit ke utara dari TM09 ada sebuah Great Ball.


Kembali ke selatan untuk menemukan sebuah Pokemon Center. Pada hari Jumat, di antara pepohonan di belakang Pokemon Center, kamu bisa menemui Frieda, salah satu dari tujuh bersaudara yang akan memberikanmu item Poison Barb. 

Bicaralah pada Fisherman di dalam Pokemon Center untuk mendapatkan Old Rod. Agar lebih praktis, register Old Rod sehingga kamu bisa mengaksesnya hanya dengan sekali klik. Di HGSS, kamu bisa meregister 2 item sekaligus. Keduanya akan muncul di layar bawah. Sementara itu, pria botak di dekatnya akan memberikanmu Lure Ball jika kamu menjawab “Yes”.

Keluar dari Pokemon Center dan lanjut ke selatan. Hancurkan batu yang ada di antara pepohonan di sebelah kanan untuk mendapatkan Shell Bell. Tepat di depan pintu masuk Union Cave, ambil 2 langkah ke kiri dan menghadaplah ke selatan. Tekan tombol A untuk sebuah Great Ball. Sekarang saatnya menjelajahi Union Cave.

Berjalanlah terus ke kiri, ambil X Attack dan turuni tangga menuju Basement 1. Lurus ke kiri, cek batu yang ada di tengah jalan untuk sebuah X Speed. Di ujung jalan ada TM39, Rock Tomb. Kemudian, ambil jalan yang ke utara untuk mendapatkan X Defend. Naik tangga dan kembalilah ke lantai 1. Lanjutkan perjalanan ke arah selatan. Kamu akan menemukan sebuah Great Ball. Dari sana, ke kiri, lalu ikuti jalan sempit di utara kolam untuk sebuah Potion . Ke selatan sedikit dan periksa batu di pojokan untuk sebuah Parlyz Heal. Ikuti terus jalannya hingga sampai ke luar. Jangan lupa untuk mengambil Awakening di dekat pintu keluar.

Route 33 --> Azalea Town

Selalu turun hujan di Rute 33... Ambil Pnk Apricorn dan Blk Apricorn, lalu segeralah menuju Kota Azalea. Di depan Sumur Slowpoke, kamu akan melihat seorang pria sedang berhadapan dengan orang berbaju hitam. Kira-kira, ada apa ya? Masukilah kota dan segera pergi ke rumah Kurt si pembuat Poke Ball. Jangan lupa untuk memetik Wht Apricorn di depan rumahnya. Kurt akan marah mendengar bahwa Tim Roket hendak mengambil ekor Slowpoke untuk dijual, jadi ia langsung pergi ke Sumur Slowpoke. Ikuti dia. Tapi sebelumnya, cek tumpukan kayu bakar di depan rumah di sebelah kiri Gym untuk sebuah Full Heal.

Masuki sumur Slowpoke dan Kurt akan meminta bantuanmu untuk memberi pelajaran pada para anggota Tim Roket. Masuklah ke ruangan berikutnya dan kamu akan menghadapi para Grunt. Ambil Super Potion yang terlihat mata, lalu turuni tangga setelahnya dan cek batu yang ada di jalan tersebut untuk mendapatkan Super Potion tersembunyi. Di ujung ruangan, sang bos Eksekutif Proton akan menghadapimu. Kalahkan dia dan seluruh anggota Tim Roket akan pergi.

Kamu pun kembali ke rumah Kurt. Ia akan menghadiahimu Fast Ball karena sudah membantunya. Mulai sekarang, kamu bisa memberikan Apricorn koleksimu untuk dijadikan Poke Ball eksklusif HGSS! Kamu bisa mendapatkan nomor Kurt setelah memberikannya Apricorn untuk dijadikan Poke Ball. Poke Ball buatannya akan jadi dalam 24 jam. Berikut adalah daftar PokeBall yang bisa dibuatnya menjadi Apricorn:

Blu Apricorn --> Lure Ball (efektif menangkap Pokemon yang ditangkap dengan cara memancing)
Blk Apricorn -> Heavy Ball (efektif menangkap Pokemon yang berbobot tinggi)
Grn Apricorn -> Friend Ball (Pokemon yang tertangkap akan memiliki base happiness 200)
Pnk Apricorn -> Love Ball (sangat efektif untuk menangkap Pokemon yang berlawanan gender dengan Pokemonmu. Tidak ada efeknya pada Pokemon tanpa gender)
Red Apricorn -> Level Ball (efektif menangkap Pokemon dengan level rendah)
Ylw Apricorn -> Moon Ball (efektif menangkap Pokemon yang berevolusi dengan Moon Stone)
Wht Apricorn -> Fast Ball (efektif menangkap Pokemon yang memiliki speed tinggi)
Kalau sudah siap, kamu bisa mulai menantang Gym! Gym Kota Azalea dipimpin Bugsy si ahli Pokemon Serangga. Kamu harus menunggangi Spinarak (?) raksasa yang meluncur di atas jaring-jaring. Gunakan tuas-tuas untuk mengubah arah bergeraknya Spinarak raksasa. Kalahkan Bugsy dan serangga-serangganya untuk mendapatkan Lencana Hive dan TM89, U-turn.



LENCANA KE-3 : PLAIN BADGE

Ilex Forest --> Route 34

Ketika kamu mencoba keluar menuju Hutan Ilex, Silver akan menghadangmu. Kalahkan dia dan masuk ke dalam hutan. Di sana, ada seorang pria yang meminta bantuanmu untuk menangkap Farfetch’d. Untuk bisa mendapatkan Farfetch’d itu, kamu harus menangkapnya dari belakang. Kalau kamu menangkapnya dari depan atau samping, dia akan lari. Lihat ranting-ranting yang ada di tanah? Jika kamu menginjaknya, Farfetch’d akan menghadap ke arah ranting yang kamu injak itu. Dengan memanfaatkan ranting, kamu bisa membuat Farfetch’d berputar arah dan menangkapnya dari belakang. Ada 2 Farfetch’d yang harus kamu tangkap, namun tidak akan terlalu sulit. Jangan lupa untuk mengambil Revive yang terlihat saat hendak menangkap Farfetch’d kedua. Pria itu akan menghadiahimu HM01, Cut, kalau kamu berhasil membantunya.


Kembali ke rumah dengan tumpukan kayu di depannya, yang berada di kanan Gym. Bicaralah pada pria berkacamata yang tadi meminta bantuanmu untuk mendapatkan item Charcoal. Ajarkan Cut pada salah satu Pokemonmu. Sekarang, kalau kamu cukup rajin, kembalilah ke Rute 32. Di bagian awal rute tersebut, ada sebuah pohon yang bisa dipotong. Bicara pada seorang pria di sana untuk mendapatkan TM05, Roar.

Well, jika semua urusan sudah selesai, saatnya kita kembali melanjutkan perjalanan. Potong pohon kecil pertama yang kamu temui. Di kuil di hadapanmu ini, kamu bisa mendapatkan Spiky-eared Pichu jika kamu punya Pokemon event Pikachu-colored Pichu. Kalau tidak, lanjut saja ke utara. Temukan Antidote yang bersembunyi di balik susunan 3 pohon yang ada di tepi kolam. Masuki jalan kecil tepat di sebelah selatan 3 pohon itu untuk menemukan X Attack yang juga agak tersembunyi. Sekarang lanjut ke kanan dan ke utara. Kamu akan melihat wanita seperti yang pernah kamu lihat di Kota Violet. Tapi abaikan dia dulu dan ikuti jalan ke kanan. Kamu akan sampai pada seorang pria yang menyeruduk pohon dengan kepalanya... Ya, dia adalah Move Tutor Headbutt. Ajarkan Headbutt pada Pokemonmu, minta ia untuk menyeruduk pepohonan, dan kamu mungkin akan menemukan Pokemon liar!

Sekarang kembali ke wanita misterius itu. Wanita yang menyebut dirinya Kimono Girl itu mengatakan bahwa ia tersesat. Pokemonmu akan menunjukkan jalan padanya dan ia pun akan pergi. Ikuti dia pergi, dan jangan lupa mengambil Ether yang ada di dekat sana. Jalan keluar pun sudah di depan mata!

Bicaralah pada wanita di samping Butterfree di gerbang untuk mendapatkan TM12, Taunt. Berikutnya adalah Rute 34. Rute ini simpel dan lurus, jadi sepertinya tidak membutuhkan banyak penjelasan. ^_^ Day-Care Center ada di rute ini. Ketika kamu melewatinya, Ethan akan muncul. Rupanya ia adalah cucu dari pemilik Day-Care di sini! Ia akan menunjukkan bagian dalam Day-Care, lalu, sebelum pergi, memberikanmu nomornya. Kakek pemilik Day-Care juga akan memberikan nomornya padamu, jadi ia bisa selalu mengabarkanmu soal Pokemon yang kamu letakkan di sana. Selain bisa di-breed, Pokemon yang kamu letakkan di Day-Care akan mendapatkan 1 Exp untuk setiap langkah yang kamu ambil. Lanjutkan perjalananmu ke utara. Para Polisi hanya akan bertarung denganmu pada malam hari, jadi kalau kamu belum bertarung dengannya di siang hari, kembalilah malamnya. TM63, Embargo, bisa ditemukan di belakang Trainer terakhir di rute ini.

Goldenrod City

Selamat datang di Kota Goldenrod! Seperti halnya jumlah bangunan di sini, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di kota ini.


Gedung di belakang Pokemon Center adalah Game Corner. Bicaralah pada pria di belakang meja untuk mendapatkan Coin Case. Di sini kamu hanya bisa memainkan game Voltrob Flip, semacam Minesweeper di mana kamu harus menebak di mana terdapat angka 1, 2, atau 3. Semakin besar angka yang kamu dapat, semakin banyak juga koin yang kamu dapat. Akan tetapi, kalau ternyata yang muncul malah Voltrob, maka game over. Game ini memang cukup sulit, jadi selamat mencoba. Kamu bisa menukarkan koinmu dengan Pokemon, TM, atau held items pada 2 pria di sebelahnya.

Dari Game Corner, pergilah ke perempatan di utara, belok kanan, lalu ke selatan. Wanita di rumah kecil berbentuk kubus di dekat sana adalah Happiness Rater dan akan memberitahukanmu tingkat happiness Pokemonmu. Lanjut ke selatan dari rumah itu dan kamu akan sampai di Bike Shop. Bicaralah pada pemilik toko untuk mendapatkan sebuah Sepeda. Kembali ke perempatan jalan dan ambil jalan ke kiri, lalu masuki gedung bercat hitam. Ini adalah Radio Tower. Wanita di tengah di balik konter akan melakukan pengundian lotere sekali tiap hari berdasarkan angka Trainer ID Pokemon-mu. Jika cocok, kamu bisa mendapatkan hadiah. Wanita di sebelahnya akan memberikanmu Radio Card jika kamu bisa menjawab 5 pertanyaannya dengan benar. Dengan Radio Card, PokeGear-mu kini bisa digunakan untuk mendengarkan radio! Jangan takut salah karena kamu bisa mencoba berkali-kali. Jika berhasil, gadis berambut pink di sebelah konter akan bicara padamu. Rupanya dia Whitney, Ketua Gym Kota Goldenrod.

Naiklah ke lantai atas dan bicara pada wanita di belakang meja. Buena akan memberikanmu Blue Card yang berfungsi untuk menyimpan poin yang kamu dapat dalam acara Buena’s Password. Poin itu nantinya bisa ditukarkan dengan beragam item. Cukup putar Radio di PokeGear, cari saluran yang menampilkan acara Buena’s Password, ingat-ingat passwordnya, lalu kembali ke mari dan beritahukan passwordnya pada Buena.

Keluarlah dari gedung, kembali ke perempatan sebelumnya dan ambil jalan ke utara. Tenda nyentrik di sebelah kiri jalan adalah lokasi Name Rater, kalau kamu mau mengganti nickname Pokemonmu. Masuki gedung di sebelah kiri tenda itu. Ethan akan muncul dan memberikanmu Fashion Case. Untuk apa? Turunlah ke lantai bawah dan belok kanan. Bicaralah pada dua orang itu untuk mengambil foto Pokemonmu yang menggunakan aksesoris dari Fashion Case. Tak hanya itu, kamu pun bisa meminta berdandan dengan kostum Tim Roket lalu berfoto dengan seluruh tim-mu. Kamu juga bisa memasuki pintu di dekat mereka. Hiker di sana akan memberikanmu sebuah aksesoris acak jika kamu membayar 100 PokeDollar. 

Selain tempat pemotretan, di terowongan itu kamu akan menghadapi beberapa Trainer. Di sana juga terdapat Pokemon Salon yang dikelola dua kakak-beradik secara bergantian. Dengan merawat Pokemonmu di salon itu, happiness-nya akan bertambah. Sang kakak hanya ada pada Selasa, Kamis dan Sabtu, dan memiliki hasil kerja yang lebih bagus dan biasanya akan meningkatkan happiness lebih banyak. Adiknya ada pada hari Rabu, Jumat dan Minggu. Biasanya hasil kerjanya tidak sebagus kakaknya. Di sebelah salon tersebut, ada toko obat herbal yang hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu. Kamu bisa membeli obat untuk Pokemon yang lebih murah, namun resikonya akan menurunkan happiness Pokemonmu.

Kamu akan sampai di ujung lain terowongan. Rumah kubus yang ada di dekat sana adalah rumah Bill, si pengelola Box PC wilayah Kanto dan Johto. Belok kiri dan kamu akan sampai lagi di Pokemon Center. Masukilah gedung bertingkat yang ada di seberang Pokemon Center. Sudah tahu gedung apa itu? Goldenrod Department Store!

Seperti biasa, Department Store selalu menyediakan beragam item, seperti battle item, vitamin untuk EV Training, TM, dan semacamnya. Di lantai 5, seorang pria akan menukarkan Machop miliknya dengan Drowzee milikmu. Machop itu memegang Macho Brace yang bisa berguna untuk EV Training. Pada hari Minggu, akan ada seorang gadis yang berdiri di samping penjual TM. Jika Pokemon pertama di party-mu memiliki happiness tinggi, ia akan memberikan TM27, Return.

Di lantai 6, bicaralah pada wanita di belakang konter untuk mengikuti Daily Drawing. Kamu cukup membayar 300 PokeDollar dan kamu akan mendapatkan 1 di antara 3 hadiah acak yang berbeda-beda tergantung hari. Bicara pada wanita di sebelahnya untuk mengetahui hadiah apa yang bisa didapatkan hari itu. Jika sudah puas berbelanja, masuklah ke dalam lift dan turun ke B1F. Di sana ada banyak item yang bisa kamu kumpulkan. Bicaralah pada orang-orang yang ada di sana agar mereka menyuruh para Machoke untuk menggeser kontainer. Kalau sudah siap, kamu bisa mulai menantang Gym!


Gym Kota Goldenrod yang terletak di samping tenda Name Rater ini berspesialisasi tipe Normal. Kamu harus berjalan melalui semacam ‘labirin’ agar sampai di tempat Whitney berada. Berhati-hatilah karena Pokemon milik Whitney tidak bisa dianggap remeh! Jika kamu mengalahkannya, Whitney akan memberimu... lho? Dia malah menangis! Kalau kamu mencoba untuk pergi, salah satu Trainer di sana akan berkata bahwa Whitney memang selalu begitu kalau kalah. Bicaralah lagi pada Whitney untuk (akhirnya) mendapatkan Lencana Plain dan TM45, Attract.


LENCANA KE-4 : FOG BADGE

Goldenrod City --> Route 37

Begitu keluar dari Gym, masukilah toko bunga tepat di samping Gym. Bicara pada wanita di dalamnya untuk mendapatkan Squirtbottle. Item ini diperlukan untuk menyingkirkan pohon aneh yang bergoyang-goyang di Rute 36. Mungkin kamu akan tertarik untuk menyiapkan sebanyak mungkin Ultra Ball...

Keluar dari Kota Goldenrod ke utara. Di gerbang menuju rute berikutnya, bicaralah pada penjaga yang ada di belakang konter. Ia akan meminta kita untuk mengirimkan seekor Spearow dan sebuah surat kepada temannya, si pria gendut di Rute 31. Pastikan party-mu memiliki satu tempat kosong. Jika kamu berhasil menyelesaikan permintaannya, kamu bisa mendapatkan TM44, Rest. Tapi, kamu bisa saja memilih untuk membuang surat yang dibawa si Spearow dan menjadikan Spearow milik pria itu sebagai milikmu... ya, itu terserah.

Lanjut ke Rute 35. Lurus ke utara, lalu belok kanan menuju rerumputan. Ambil belokan pertama ke kiri untuk mendapatkan Parlyz Heal yang berada di tengah pepohonan. Lanjut ke selatan, ambil TM66 Payback di ujung jalan. Sekarang kembalilah dan masuki gedung di samping si Polisi. Dari sini, kamu bisa memilih lurus untuk ke National Park atau Pokeathlon Dome. Setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu, akan diadakan kontes menangkap Pokemon serangga alias Bug-Catching Contest dengan hadiah menarik.


Bicaralah pada wanita yang sedang bersama Persian untuk mendapatkan Quick Claw. Di tempat ini, ada beberapa bagian rumput yang tinggi sehingga tidak bisa dilewati dengan sepeda. Pergilah ke area kanan atas. Ada bukaan di antara pagar yang bisa kamu lewati. Ikuti jalan ke selatan untuk mendapatkan Soothe Bell, lalu jalan ke utara yang memutar untuk menemukan TM28, Dig, di antara pepohonan. Jika urusanmu sudah selesai, keluarlah lewat pintu timur dan kita akan sampai di Rute 36. Ambil Blu Apricorn dan ikuti jalannya sampai di tempat ‘pohon’ yang aneh itu. Gunakan SquirtBottle padanya dan... dia akan menyerangmu! Pohon itu sebenarnya adalah Sudowoodo. Disarankan untuk menangkapnya karena ini adalah satu-satunya kesempatanmu untuk mendapatkannya. Setelah Sudowoodo disingkirkan, gadis bernama Floria yang ada di dekat situ akan memberikanmu Berry Pots dan beberapa Berry. Dengan Berry Pots ini, kamu bisa menanam Berry yang kamu miliki. Hanya saja, sekarang kamu bisa membawa tanaman Berry ke mana pun kamu pergi! Praktis, bukan?

Lanjut ke utara. Belok kanan untuk mendapatkan Hyper Potion. Teruskan ke utara, memasuki Rute 37, dan kamu pun akan sampai di Kota... tunggu dulu! Sebelum masuk ke kota, belok kiri dan kamu akan menemukan Red Apricorn, Blu Apricorn dan Blk Apricorn. Oh ya, pada hari Minggu, kamu juga bisa menemukan Sunny, anggota 7 bersaudara yang akan memberikanmu Magnet. Sekarang barulah saatnya kita memasuki Kota Ecruteak.

Ecruteak City

Ketika memasuki Pokemon Center, Bill akan memperkenalkan dirinya. Setelah ia pergi, kamu bisa mengikutinya ke rumahnya di Kota Goldenrod. Ia akan memberikanmu seekor Eevee. Sekarang masuki rumah di sebelah kiri Pokemon Center. Pria di sana akan memberikanmu Dowsing MCHN, alat untuk mendeteksi item tersembunyi yang ada di sekitarmu. Jika kamu membuka Dowsing MCHN, di layar bawah akan muncul lingkaran radar besar dengan kotak kecil di tengahnya. Kotak di tengah itu adalah lokasimu. Tekan sembarang tempat pada lingkaran radar. Jika ada item yang tersembunyi, di radar akan muncul sebagai titik berwarna oranye. Jika kamu menekan dekat dengan item, area di sekitar item akan berubah semakin terang dari oranye menjadi kuning. Pastikan kamu selalu menggunakannya untuk menemukan item di sekitarmu!

Sekarang masuki Dance Theatre di utara Pokemon Center. Kamu akan melihat anggota Tim Roket sedang mengganggu seorang Kimono Girl! Jadilah pahlawan dan kalahkan anggota Tim Roket itu. ketika kamu hendak meninggalkan teater, seorang bapak-bapak akan memberikanmu HM03, Surf. Tapi kamu belum bisa menggunakannya di luar pertarungan tanpa lencana keempat! Jadi, siap untuk menantang Gym?

Tapi, rupanya Ketua Gym Ecruteak sedang tidak ada di sini, dan kamu diminta untuk mencarinya di Burned Tower. Sebelum itu, pergilah ke timur menuju Rute 42. Ada TM65 Shadow Claw menunggumu. Jika kamu berusaha memasuki saya, seorang Hiker akan muncul dan memberikanmu HM04, Strength. Sekarang, kembalilah dan masuki Burned Tower. Kamu akan bertemu dengan seorang fans berat Suicune—Eusine. Morty sang Ketua Gym juga ada di sini, tapi sepertinya ia belum berniat kembali ke Gym-nya. Teruskan perjalananmu ke utara untuk bertemu dengan Silver. Well, seperti biasa, kalahkan dia. Setelah ia pergi, sekarang waktunya untuk mengeksplorasi reruntuhan menara ini.

Abaikan tangga untuk sementara waktu. Berjalanlah ke utara dan kamu akan mendapatkan Antidote. Ikuti jalan itu hingga kamu sampai di 3 buah batu yang bisa di-Rock Smash. Hancurkan salah satunya untuk mendapatkan HP Up. Sekarang turunilah tangga yang sebelumnya kamu lewati. Jika kamu berusaha mendekati Entei, Raikou, dan Suicune, mereka akan langsung kabur. Eusine akan datang menemuimu dan membicarakan soal Suicune sebelum akhirnya ia dan Morty pergi. Gunakan Strength untuk menggeser batu abu-abu yang menghalangi jalanmu. Pergi ke utara untuk mendapatkan TM12, Taunt. Sekarang, saatnya untuk keluar dari menara ini.

Mulai detik ini, kamu akan bisa menemui Entei dan Raikou di alam liar. Keduanya memiliki Level 40 dan akan selalu berusaha kabur jika kamu menemuinya, jadi gunakan Pokemon dengan Arena Trap/Shadow Tag atau gunakan move seperti Mean Look untuk mencegah kaburnya mereka. Kamu bisa mengecek di rute mana mereka berada dengan membuka peta di PokeGear. Selamat mencari!


Ngomong-ngomong, sudah saatnya kita menantang Morty. Gym-nya sangat gelap dan setiap kamu mengalahkan Trainer di sana, lilin yang mereka pegang akan dimatikan dan membuat suasananya jadi makin gelap. Hiiy... Hati-hati juga dengan langkahmu, karena jika kamu melangkah keluar jalur dan terjatuh, kamu harus mengulang dari awal. Kalahkan Morty dan Gengar-nya untuk mendapatkan Lencana Fog serta TM30, Shadow Ball.

bersambung Bagian 2

4 komentar:

  1. Mau nanya, klu pokemon starter nya cyndaquil apa bisa lanjut ke kanto??

    BalasHapus
  2. Pokemon lainnya itu evolusi sendiri atau musti pake stone?

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat gan. Agan memang rajin buat sepanjang, lengkap dan runtut ini.

    BalasHapus