Jumat, 09 Agustus 2013

Pokemon Black And White Bagian 3

Sebelumnya Bagian 2

Bagian 3: 
Twist Mountain --> Kota Icirrus: Bersalju atau Tidak Bersalju?
Jika musim dingin tiba, dua tempat ini akan ditutupi salju tebal. Karena itu, akan ada beberapa tempat yang hanya bisa dikunjungi selama salju turun. Sisanya hanya bisa dikunjungi jika tidak ada salju yang menutupi. Pertama-tama, kita jelajahi dulu Twist Mountain yang tidak bersalju.
 Twist Mountain: Tidak Bersalju
   Berjalanlah hingga sampai ke bagian tengah-luar Twist Mountain yang berlereng-lereng. Ikuti jalan ke utara terlebih dahulu untuk mendapatkan Revive. Ke selatan, ada Full Heal di ujung lainnya. Sekarang masuki pintu yang baru saja kamu lewati. Ada 2 jalan, ambillah jalan tengah terlebih dahulu baru melanjutkan ke jalan paling kanan. Kamu akan sampai di luar lagi. Masuki pintu di ujung jalan tersebut. Di balik batu di ujung kanan ada Moon Stone.
Turuni tangga yang tadi kamu lewati dan belok kiri. Ambil Max Potion yang terlihat di mata. Jalan ke barat, ambil Ether yang tergeletak, lalu masuki pintu terdekat. Di dalam sini, lagi-lagi ada 2 jalan. Ikuti jalan tengah untuk mendapatkan Nugget lalu lanjutkan penjelajahanmu via jalan sebelah kiri. Kembali ke luar, di sebelah kananmu ada seorang Dokter yang bisa menyembuhkan Pokemonmu. Lanjut ke utara, dan ambil pintu pertama. Ikuti belokan pertama ke utara yang kamu temui dan kamu akan sampai di bagian dasar Twist Mountain. Di sini ada dua pintu lagi, satu di bagian selatan dan satu lagi di sebelah kananmu. Pintu di selatan akan membawamu ke ruangan berisi Icy Rock dan TM91, Flash Cannon, sementara pintu di kanan akan mengakhiri petualanganmu di gunung ini.
Twist Mountain: Bersalju
 
Sebenarnya, Twist Mountain di musim dingin JAUH lebih mudah untuk dilewati. Pertama-tama, berjalanlah hingga sampai ke bagian tengah-luar gunung, lalu ikuti jalan ke utara di mana kamu akan menemukan Revive. Salju yang bertumpuk di sana bisa kamu lewati begitu saja. Dari titik Revive berada, turun sejajar orang yang ada di sebelah kirimu, lalu belok kanan, lewati pintu pertama yang kamu temui, dan masuki pintu yang diapit dua tembok. Ikuti jalannya dan kamu pun akan sampai di Kota Icirrus.
Apa? Kurang menantang? Baiklah, ini dia rute jauhnya:
Dari tempat Revive, lurus terus lalu masuki pintu di ujung jalan. Turuni tangga, lalu belok kanan. Kamu akan menemui seorang Ace Trainer. Dari tempat si Trainer, belok kiri untuk mendapatkan TM90, Substitute. Kalau belok kanan, kamu akan menghadapi dua pilihan: turuni tangga di utara dan urusanmu di gunung ini selesai. Masuki pintu yang di selatan, kamu akan kembali ke bagian tengah gunung.
Kembali ke tempat Revive, sekarang ikuti jalan kayu itu ke selatan dan belok kanan untuk mendapatkan Full Heal. Sekarang masuki pintu yang baru saja kamu lewati. Ada 2 jalan, ambillah jalan tengah terlebih dahulu baru melanjutkan ke jalan paling kanan. Kamu akan sampai di luar lagi. Masuki pintu di ujung jalan tersebut. Di balik batu di ujung kanan ada Moon Stone.
Turuni tangga yang tadi kamu lewati dan belok kiri. Ambil Max Potion yang terlihat di mata. Jalan ke barat, ambil Ether yang tergeletak, lalu masuki pintu terdekat. Di dalam sini, lagi-lagi ada 2 jalan. Ikuti jalan tengah untuk mendapatkan Nugget lalu lanjutkan penjelajahanmu via jalan sebelah kiri. Kembali ke luar, di sebelah kananmu ada seorang Dokter yang bisa menyembuhkan Pokemonmu. Dari tempat si Dokter, lurus terus lalu belok ke selatan sedikit. Masuki pintu pertama yang kamu lihat karena di dalamnya ada Metal Coat.
   Ruang dengan Icy Rock masih bisa diakses dengan menuruni salju hingga kamu sampai di pintu yang terletak di paling dasar gunung ini. Sekarang kembalilah ke pintu keluar yang sudah disebutkan sebelumnya untuk mengakhiri perjalananmu.
Kota Icirrus --> Dragonspiral Tower
Cedric menyambutmu dan menceritakan sedikit soal Dragonspiral Tower, menara tertua di Unova yang ada di utara. Di Kota Icirrus ini terdapat gedung Pokemon Fan Club, di mana di dalamnya juga ada seorang Happiness Checker. Jika kamu memasuki rumah tepat di sebelah Gym, kamu akan ‘dipaksa’ para penghuni rumah untuk mengikuti kuis berhadiah yang diselenggarakan sekali tiap hari. Di Pokemon Center, seorang nenek akan memberimu TM31, Brick Break. 
 
Seperti halnya Twist Mountain, Kota Icirrus dan Rute 8 juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan antara musim dingin dengan musim-musim lainnya. Di musim dingin, sebagian genangan air besar akan membeku dan bisa dilewati dengan meluncur, sementara di musim lainnya kamu bisa berjalan seperti biasa di atasnya dan menemukan Pokemon liar (Baca: Maggyo!). Dan hanya di musim dingin, kamu bisa mengakses rumah yang terletak jauh di sudut tenggara kota, di mana kamu akan bertemu dengan seorang ‘teman lama’. Istrinya akan memberikanmu RageCandyBar, yang berfungsi untuk ‘membangunkan’ patung Darmanitan di depan pintu masuk Relic Castle.
   Gym Icirrus menggunakan tipe Es. Ketua Gym Brycen akan memberikanmu Lencana Freeze dan TM79 Frost Breath jika kamu berhasil menaklukkannya. Di luar, Cheren, Bianca, dan Shadow Triad muncul, mengindikasikan sudah waktunya untuk pergi ke Dragonspiral Tower. Jadi tunggu apa lagi? 
Prof. Cedric Juniper akan memberikanmu Old Gateau sebelum kamu pergi ke menara itu.Dari jembatan di depan Dragonspiral Tower, Surf ke kanan untuk menemukan Trainer dan TM63, Embargo, yang bersembunyi. Masuk ke dalam menara dan naik ke lantai 2. Kamu bisa menaiki tiang-tiang yang rubuh itu untuk mendapatkan item.
   Di lantai 3, kamu akan menemui ‘tanjakan-tanjakan’ kecil yang bisa kamu lompati, namun sekalinya lewat, kamu tidak bisa kembali lagi lewat jalan yang sama. Jalan paling tengah akan membawamu ke Shiny Stone, sedangkan jalan ketiga akan membawamu ke lantai 4. Brycen dan Cheren sedang sibuk melawan Tim Plasma, tapi kamu harus tetap melaju ke puncak menara! Lewati lantai 5 hingga sampai di lantai 6, di mana empat anggota Tim Plasma akan melawanmu secara beruntun. Dan di lantai terakhir... ambil popcorn dan duduklah untuk menikmati scene berikut.
Well, setelah melihat N membangkitkan salah satu Pokemon Naga Legendaris, semua orang setuju bahwa kamu harus membangkitkan Pokemon Naga lainnya. Terbang ke Kota Nimbasa dan segera meluncur ke Desert Resort. Masuki pintu menuju Relic Castle yang dijaga patung Darmanitan.
Relic Castle
 
Turuni tangga di samping gadis yang dulu memberimu fosil. Masuk ke dalam pasir hisap di lantai itu dan turun lagi ke basemen 2 (B2). Lewati pasir hisap pertama dan kedua, ambil TM30 Shadow Ball, dan masuk ke pasir hisap kedua. Di B3, lewati seorang Grunt dan pasir hisap pertama di sebelah kirinya, lalu masuk ke pasir hisap di bagian kiri atas. Ada Sun Stone menunggumu. Gunakan tangga untuk sampai ke 2 lantai sebelumnya. Kembali ke B3, kali ini masuk ke pasir hisap yang terdekat dengan Grunt kedua di lantai itu. Di lantai B4, langsung masuk saja ke pasir hisap di hadapanmu. Kamu akan bertemu dengan Alder dan Ghetsis.  
Setelah dua orang itu berdebat, kalian akan berada di luar Relic Castle. Prof. Juniper menghubungimu dan menyuruhmu SEGERA ke Museum Nacrene. Lenora akan memberikanmu Dark/Light Stone yang dicari-cari. Tapi bagaimana cara membangkitkannya? Ketua Gym Kota Opelucid adalah jawabannya. Terbang kembali ke Kota Icirrus dan saatnya melanjutkan perjalanan.
Rute 8 --> Kota Opelucid
   Rute 8 dipenuhi genangan air yang akan membeku di musim dingin. Ambillah TM36 Sludge Bomb yang nangkring di tepi kolam dengan pohon tumbang di tengahnya. Tidak jauh dari sana adalah Moor of Icirrus. Ada beberapa Trainer dan item di sana, tapi tidak ada yang terlalu penting untuk saat ini. Seorang gadis berpayung di sebelah timur Rute 8 akan memberikanmu TM42, Façade. Tidak jauh dari sana, seorang lagi gadis berpayung akan memberikanmu hold item Rock tergantung jam berapa kamu menemuinya, dan ia akan memberikannya tiap hari. Lanjutkan perjalananmu menuju Tubeline Bridge, setelah selesai mengalahkan Bianca.
Bicaralah pada Battle Girl di tengah jembatan untuk mendapatkan TM43, Flame Charge. Ghetsis dan Shadow Triad rupanya sudah menunggumu di ujung jembatan. Lanjutkan perjalananmu ke Rute 9. Seorang Pitcher akan melemparimu dengan TM56, Fling... Cocok sekali. Shopping Mall Nine terletak di sini, dan seperti halnya department store lain di penjuru Dunia Pokemon, di sini kamu bisa membeli aneka barang. Tepat di seberang Shopping Mall Nine, terdapat sebuah gua bernama Challenger’s Cave, namun kamu belum bisa memasukinya sebelum mengalahkan Elite Four.
 
Kota Opelucid akan terlihat berbeda tergantung versi yang kamu mainkan. Di Black, kota ini memiliki kesan futuristik, sementara di White, kota ini bernuansa kuno. Setelah selesai mendengarkan pidato lain dari Ghetsis, ikuti Iris ke rumah Drayden. Di sana, mereka akan menjelaskan tentang Pokemon Naga Legendaris. Setelah itu, salah satu dari mereka akan kembali ke Gym, siap menunggu tantangan darimu. Drayden adalah lawanmu di versi Black, sementara Iris akan kauhadapi di versi White. Meskipun begitu, mereka menggunakan Pokemon yang sama. Sebelum itu, mari menjelajahi sedikit kota ini!
Seorang pria di rumah di belakang Pokemon Center akan memintamu untuk mencarikan Pokemon dengan move Charge. Tapi, Pokemon itu haruslah berasal dari versi game yang berbeda. Jika kamu memainkan Black, Pokemon itu harus berasal dari versi White dan begitu sebaliknya. Jika kamu berhasil, ia akan memberikanmu hold item Cell Battery.
Di belakang rumah itu ada Battle House yang berisikan Trainer yang akan menantangmu Rotation Battle (Black) atau Triple Battle (White). Kamu bisa menantang mereka sekali tiap harinya. Gadis di rumah di sebelah kirinya akan memberikanmu Destiny Knot. Kembali ke alun-alun kota tempat tadi Ghetsis berorasi. Kakek di rumah di dekat sana akan memberikanmu Props untuk acara Musical.
   Gym terakhir! Di sini kamu akan melewati jalan berbentuk badan naga. Untuk bisa mengubah-ubah arah kepala naga menghadap, gunakan tombol yang ada di tangan naga-naga itu. Dan untuk bisa mencapai tangan naga, kamu harus melompat dari bagian lantai yang berbentuk anak panah putih ketika tangan itu berada di bawah tempatmu. Perhatikan juga ke mana kepala naga mengarah.
 
Yah, coba saja dan kamu akan mengerti. :D Drayden dan Iris memiliki tim yang sama, hanya berbeda gender. Mereka akan memberikan lencana Legend dan  TM82, Dragon Tail.
Prof. Juniper sudah menunggumu di luar Gym. Dia akan memberikanmu Master Ball, bola monster yang tidak akan pernah gagal menangkap. Disarankan menggunakan Master Ball hanya jika bertemu dengan Pokemon Legenda yang selalu kabur. Di mana ada Pokemon Legenda seperti itu? Sekaranglah saatnya kita menemuinya!
Lurus ke Gate Rute 10. Si penjaga akan memberitahukanmu bahwa ada hujan badai di Rute 7. Terbang ke Kota Mistralton dan segera menuju rumah peristirahatan di sana. Hujan badai akan segera menyambutmu, dan ketika kamu melewati rumah itu, si nenek pemilik rumah akan menyuruhmu masuk. Di dalam, ia akan menceritakanmu tentang Pokemon Legenda pencipta badai, Tornadus (Black) atau Thundurus (White). Keluar dari rumah itu, hujan sudah berhenti, tapi... si Pokemon Legenda yang baru saja diceritakan pun muncul! Ia akan segera kabur lagi.
   Untuk bisa mengetahui di rute mana ia berada, periksalah bulletin board di setiap Gate dan cari daerah mana yang sedang mengalami Thunderstorm. Selamat mencari!
Rute 10 --> Victory Road
 
Sementara itu, lanjutkan perjalananmu ke Rute 10. Belum seberapa berjalan, kedua sahabatmu datang dan Cheren akan mengajakmu bertarung sebelum kamu pergi menantang Pokemon League. Dari sana, ikuti jalan sempit ke utara dan kamu akan mendapatkan TM05, Roar. Rute ini sangat singkat dan simpel, sehingga sebentar saja kamu sudah sampai di Badge Check Gates. Lewati kedelapan gerbangnya hingga kamu sampai di hadapan Victory Road.
Di ruangan pertama, langsung Surf ke utara untuk mendapatkan Max Revive. Naiki tangga yang tadi dilewati dan langsung menuju ke luar. Di luar, dua pria akan menunjukkanmu cara meluncuri tebing-tebing luar Victory Road. Jadi, lakukanlah hal yang sama dengan dinding terdekat dan kamu akan kembali ke lantai 1. Masuki kembali ke dalam, kali ini melalui pintu di kanan, Surf ke utara untuk mengambil Rare Candy dan naik tangga ke lantai 2. Abaikan pintu menuju ke luar dan terus ke lantai 3. Kamu akan sampai lagi di luar. Pergi ke kanan dulu dan turuni tebing untuk mendapatkan TM12, Taunt.
Kembalilah ke lantai 3, kali ini belok kiri dan masuki pintu pertama yang kamu lewati. Ikuti tangga ke atas untuk mengambil Full Restore. Turun lagi ke lantai 3 dan masuki pintu paling kiri. Naiki tangga. Ada seorang Dokter di sini. Naiki tangga di dekatnya, lalu satu tangga lagi. Di lantai berikutnya, ada 2 pintu menuju luar. Pintu di kiri akan membawamu ke sebuah Full Heal, sementara pintu kanan akan membawamu ke luar. Meluncurlah dari sisi paling kanan dan kamu akan menemukan sebuah pintu. Ikuti jalan itu dan kamu akan sampai di ruang kecil dengan pintu menuju ke luar dan tangga lainnya. Turuni tangga itu, geser batu yang menghalangi jalan dan masuki Trial Chamber di sebelah kiri. Anggota terakhir Trio Musketeer ada di sini.
 
Setelah melakukan apapun yang kamu suka ke Terrakion, kembali ke ruang di atas dan kali ini masuki pintu ke luar. Taraa! Jalan ke Pokemon League terbuka lebar!
Jika kamu meluncuri tebing di depan jalan menuju Pokemon League, kamu bisa mendapatkan item, tapi itu artinya harus berjalan jauh untuk bisa sampai ke Pokemon League lagi... Jadi, pergilah ke Pokemon League terlebih dahulu lalu kembali ke Victory Road. Lihat Ranger yang berdiri di tepi tebing? Meluncur di sisi sebelah kirinya akan membawamu ke TM93 Wild Charge  dan sebuah Ultra Ball.
   Terbanglah ke Pokemon League dan kali ini meluncurlah di sebelah kanan si Ranger untuk mendapatkan Nugget. Masuki pintu di belakang Nugget itu dan kamu akan sampai di tempat TM02, Dragon Claw, berada. Keluar dari ruangan itu dan terbang kembali ke Pokemon League. Perbanyak stok Ultra Ball-mu jika sudah menipis. Sekarang, siapkah dirimu menantang Elite Four Unova?
Pokemon League --> N’s Castle
   Begitu kamu memutuskan untuk masuk, gerbang akan ditutup sampai kamu bisa mengalahkan kesemua Elite Four... Naiki tangga mana saja untuk sampai ke tempat Elite Four. Tidak ada urutan khusus, kamu bisa mulai dari mana saja. Keempat Elite Four itu adalah Shauntal si pengguna Pokemon Hantu aka Ghost; Grimsley si ahli Pokemon tipe Dark, Marshal yang memakai tipe Petarung alias Fighting; dan Caitlin pengguna tipe Psychic. Gunakan lingkaran warp hijau yang ada di ruangan mereka untuk kembali ke aula awal. Setelah keempatnya ditaklukkan, kamu bisa menggunakan patung di tengah aula untuk mencapai tempat Sang Champion berada.
   Tapi rupanya N sudah berhasil mengalahkan Alder! Ketika kamu bersiap hendak menantang N, sebuah kastil raksasa muncul dari bawah tanah, mengelilingi Pokemon League. N akan menunggumu di sana untuk pertarungan terakhir dengannya!
Begitu kamu masuk ke dalam kastil tersebut, enam dari Seven Sages akan menghadangmu. Tapi para Ketua Gym datang untuk menghadapi mereka sebagai gantinya (ada yang tahu kenapa Trio Gym Striaton tidak datang?). Pergi ke kiri dan kamu akan menemukan tangga menuju lantai berikutnya. Kastil ini sama sekali tidak rumit, hanya saja terdiri dari banyak ruang. Di lantai 3, akan ada Grunt yang bisa membawamu kembali ke Pokemon League jika kamu mau. Oh ya, jangan lupa memasuki ruang bermain N kalau kamu penasaran dengan musik latarnya yang konon agak menyeramkan...
Ruangan terakhir adalah tempat di mana N menunggumu. Tontonlah adegan di mana Zekrom (Black) atau Reshiram (White) memasuki (dan menghancurkan) ruangan. Stone milikmu juga bereaksi! Untuk bisa menghadapi N, kamu harus menangkap Pokemon Legenda yang muncul dari Stone milikmu tersebut dan menggunakannya dalam pertarungan melawan N. Namun, jika party maupun boks PC-mu penuh, kamu bisa menangkapnya kembali di puncak Dragonspiral Tower. Kalau kamu tidak sengaja mengalahkannya, sang Pokemon tidak akan pergi dan kamu hanya disuruh mencoba lagi, begitu seterusnya.
Begitu kamu mengalahkan N, tahu-tahu Ghetsis muncul dan membeberkan rencana Tim Plasma yang sebenarnya—yang diinginkan olehnya. Dan karena kamu sudah menggagalkan rencananya, untuk itu, dia akan mengalahkanmu. Keraskan volume speaker, karena musik latarnya benar-benar keren!
  Saksikan adegan terakhir sebelum akhirnya bagian kredit bergulir... THE END!

Sebenarnya masih belum END loe...

Selanjutnya Bagian 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar