Minggu, 04 Agustus 2013

Pokemon HeartGold/SoulSilver Bagian 3

Sebelumnya Bagian 2

Bagian 3:
POKEMON LEAGUE!

New Bark Town

Begitu kamu sampai di luar, Prof. Elm akan meneleponmu dan memintamu datang ke Lab-nya segera. Terbanglah ke Kota New Bark dan masuki Lab sang Profesor. Beliau akan memberikanmu Master Ball, bola yang bisa menangkap Pokemon apapun tanpa gagal!

Sekarang, karena kita sudah bisa memakai Waterfall, ada beberapa tempat menarik yang bisa kita kunjungi. Pergi ke Cianwood dan masuki Rute 47. Turun ke lautnya dan gunakan Surf. Kamu akan melihat ada sebuah air terjun tinggi di ujung kiri. Panjat air terjun itu dan ikuti jalannya untuk mendapatkan White Flute. Setelah itu, terbanglah ke Kota Ecruteak!

Mt. Mortar


Ups, jangan masuki Teater Kota Ecruteak dulu! Pergilah ke Rute 42. Seberangi air dan masuki Mt. Mortar. Surf, panjat air terjun raksasa di utara, dan masuki pintu di tengah menuju ruangan berikutnya. Surf ke kiri untuk mendapatkan Rare Candy. Kembali ke pintu masuk ruangan, Surf ke kolam pertama di kanan dan ke utara untuk mendapatkan Max Potion.

Surf kembali di kolam di kanan bawah dan ikuti jalannya ke utara. Belok ke kiri ketika kamu bisa, lompat, lalu teruskan ke kiri hingga kamu menemukan kolam lainnya. Jalan ke kiri sedikit dan lompati langkan pertama yang kamu lihat untuk sampai ke tempat TM40, Aerial Ace, berada. Kembali lagi ke kolam terakhir dan kali ini berjalanlah lurus ke kanan. Surf lagi melewati kolam berikutnya, ambil Escape Rope di sebelah utara, dan Surf lagi ke kiri di kolam di sampingnya. Lompati langkan kedua yang kamu temui untuk mendapatkan Dragon Scale. Lompat lagi dan ambil Elixir yang terletak agak ke kiri, lalu Surf di kolam terdekat untuk mencapai sebuah tangga turun.

Di lantai berikutnya, ikuti jalan yang berbukit-bukit dan ambil Iron di sebelah kiri. Kembali ke jalan utama dan teruslah menuju sisi kanan ruangan. Ketika kamu sampai di persimpangan antara ke kanan dan ke selatan, ambil jalan ke kanan dan ikuti hingga kamu mendapatkan sebuah Iron Ball. Balik ke persimpangan sebelumnya dan ikuti terus jalannya hingga sampai di sebuah tangga turun. Lewati dulu tangganya, ambil Max Revive di sebelah kiri, dan gunakan tangga yang kamu lewati.

Di lantai bawah, ikuti anak tangga di kanan untuk mencapai tempat Black Belt Kiyo. Kalahkan ia dan ia akan memberimu Tyrogue Level 10, Pokemon yang bisa berevolusi menjadi 3 Pokemon berbeda: Hitmonlee, Hitmonchan, atau Hitmontop. Saatnya kembali ke Kota Ecruteak dan masukilah Teater Kota Ecruteak.

Ecruteak Dance Theatre

Di sini, kamu akan menghadapi ke-5 Kimono Girls yang sudah pernah kamu temui sebelumnya. Mereka akan menggunakan 5 Pokemon evolusi Eevee: Umbreon, Espeon, Flareon, Jolteon, dan Vaporeon. Mereka akan menantangmu satu-persatu tanpa jeda, jadi persiapkan Pokemonmu dengan baik! Jika kamu menang, mereka akan memberikanmu Clear Bell (HeartGold) atau Tidal Bell (SoulSilver).

Setelah itu, saatnya untuk menuju tempat kemunculan Pokemon Legendaris Ho-Oh atau Lugia. Pemain HeartGold tidak perlu berjalan cukup jauh--cukup masuki Barrier Station di utara kota dan masuki Bell Tower. Pemain SoulSilver harus menyiapkan Pokemon dengan Surf, Flash dan Whirlpool, karena kita akan menemui Lugia di Whirl Islands. Jangan lupa siapkan sebanyak mungkin Ultra Balls!

Bell Tower

Bicara pada biksu di ujung kanan Barrier Station dan ia akan mengizinkanmu lewat. Masuki Bellchime Trail, lalu ke dalam Bell Tower. Naiklah hingga lantai 3.

Lompati lerengan yang ada di lantai untuk bisa sampai ke bagian lantai lainnya. Ingat, kamu tidak bisa melompat balik melalui lerengan yang sama. Lompat ke kiri untuk mengambil Full Heal, lalu lompat lagi ke kanan. Ikuti terus jalannya dan kamu akan sampai di tangga menuju lantai 4.

Di lantai berikutnya, lompat ke selatan, kiri, selatan, kiri, ke selatan terus hingga sampai di sebuah Ultra Ball. Lompat ke kanan sekali lalu ikuti jalan ke selatan hingga sampai di sebuah PP Up. Lompat ke kiri hingga kamu sampai di pojok kiri bawah ruangan dan ambil Escape Rope. Lompat dua kali ke kanan dan dua kali ke kiri untuk menuju ke lantai 5.

Lompat 2 kali ke kanan, jalan sedikit, lalu ikuti lompatan ke selatan. Lompat sekali ke kiri, sekali ke selatan, lalu ambil jalan paling kanan dan lompat 2 kali ke selatan. Kamu akan sampai di tengah ruangan, dekat pilar, di mana terdapat Rare Candy. Lompat 2 kali ke kanan dan turuni tangga di pojok kanan bawah. Kamu akan kembali ke lantai sebelumnya.

Balik ke lantai 5, ikuti jalan sebelumnya: 2 kali ke kanan, sekali ke selatan, sekali ke kiri, sekali ke selatan, dan kali ini ambil jalan paling kiri dan lompat dua kali ke selatan. Akan ada dua jalan lagi. Ambil jalan sebelah kanan dan panjat tangga menuju lantai 6.

Ruangan kali ini cukup simpel. Ambil Max Potion, ikuti jembatan ke kanan dan berikutnya ambil jembatan paling utara agar bisa mendapatkan Full Heal. Lompat dua kali untuk sampai di lantai 7.

Kotak yang bercahaya di lantai adalah teleporter. Berdiri di atas teleporter pertama. Kamu akan berada di tengah-tengah ruangan. Berdiri di atas teleporter di berikutnya di sebelah kiri. Kamu sekarang berada di lantai 9. Ada 2 jalan menuju ke kiri; ambil jalan paling utara. Lompat 3 kali ke kiri, sekali ke selatan, lalu 3 kali lagi ke teleporter berikutnya. Kamu akan berada di lantai 8. Lompat ke kiri untuk mendapatkan Nugget lalu lompat ke kanan lagi untuk kembali ke lantai 9.

Lompat ke kiri lalu ikuti jalannya hingga kamu sampai di teleporter selanjutnya. Masuki teleporter itu, ambil Max Elixir, lalu kembali ke lantai 9. Lompat ke kanan 4 kali dan berdiri di atas teleporter pertama yang membawamu ke ruangan ini, lalu di lantai 7, teleport balik ke teleporter pertama yang kamu temui. Dari sini, lompat terus ke kanan, ambil Max Revive, lalu lompat ke selatan dan masuki teleporter selanjutnya.

Sampai di lantai 8. Langsung menuju teleporter lainnya di selatan. Kamu akan sampai di lantai 9 lagi. Lurus ke kiri, ambil HP Up, lalu masuki teleporter berikutnya. Di lantai ini, lurus ke utara, abaikan teleporter dan seberangi jembatan untuk sebuah Full Restore. Sekarang baru masuki teleporter sebelumnya dan ikuti tangga menuju lantai 10.


Saksikan bagaimana Kimono Girls menari dan Ho-Oh muncul! Bersiaplah untuk menangkapnya. Jika kamu tidak sengaja mengalahkannya, ia akan kembali lagi ke sini setelah kamu mengalahkan Elite Four.

Whirl Islands

Terbang ke Kota Olivine dan Surf lurus ke Rute 41. Kamu akan sampai di pulau sebelah timurlaut. Seberangi pusaran air di sebelah selatan pulau dan Surf masuk menuju saya.

Aktifkan Flash dan ikuti jalan paling utara ke sebuah tangga turun. Di lantai berikutnya, terus berjalan ke selatan dan turuni tangga menuju lantai berikut. Ambil Max Revive dan bicaralah pada si biksu. Ia akan mengizinkanmu lewat setelah melihat Silver Wing milikmu. Turuni jalan melandai dan masuki saya untuk mendapatkan Rare Candy. Keluar dari saya itu dan turun lagi sampai ke dasar dan masuki saya berikutnya. Saksikan Kimono Girls menari dan Lugia pun muncul! Sama seperti Ho-oh, dia juga akan kembali lagi ke sini setelah kamu mengalahkan Elite Four, jika sebelumnya kamu mengalahkannya.


***

New Bark Town

Jika urusanmu dengan para Legenda sudah selesai, terbang ke Kota New Bark. Surf ke kanan dan kamu akan sampai di Rute 27. Seorang pria akan menyambutmu karena untuk pertama kalinya, kamu menginjakkan kaki di Kanto! Surf di air sebelah selatan dan lurus menuju Rare Candy. Kembali lagi ke tempat pria itu dan masuki Tohjo Falls.

Tohjo Falls --> Route 26

Surf, panjat air terjun dan ikuti jalannya ke kanan. Naiki anak tangga terdekat dan ambil Moon Stone di ujung kiri. Kembali ke air terjun dan keluar via pintu di selatan. Masuki rumah terdekat dan nenek di dalamnya akan memberikanmu TM37, Sandstorm, jika Pokemon pertama dalam party-mu memiliki happiness tinggi. Surf ke timur dan mendaratlah.

Seberangi pusaran air di selatan jembatan kayu untuk mendapatkan TM02, Dragon Claw. Ikuti jalan darat ke timur, ambil Destiny Knot yang kamu temukan di tengah rumput, dan kamu akan sampai di Rute 26. Lurus terus ke utara dari jembatan kayu. Kamu akan menemukan sebuah rumah dengan pohon Blu Apricorn di sebelahnya. Gadis di dalam rumah itu akan mengizinkanmu mengistirahatkan Pokemonmu di sana. Dari rumah itu, belok kiri ke tengah rerumputan liar dan kamu akan menemukan rumah milik Tujuh Bersaudara di selatan.

Lanjutkan perjalananmu ke utara. Belok ke kanan di persimpangan. Sebelum memasuki bangunan di ujung jalan, belok kiri dan lompati langkan untuk mendapatkan Max Elixir. Sekarang, kembali dan masuki bangunan tersebut. Itu adalah Reception Gate, gerbang menuju Victory Road yang juga menghubungkan Kanto dan Johto. Jalan ke kiri menuju Mt. Silver, dan jalan ke kanan menuju Kanto, tapi keduanya ditutup untuk sementara. Maka masukilah gerbang di utara.

Victory Road

Geser batu ke utara dan turuni tangga di kiri. Ambil Potion dan seberangi jembatan kayu. Turuni tangga di kiri dan ambil Full Heal di bawah jembatan. Jalan ke utara dan geser batu sebelah bawah dan ikuti jalannya menuju Max Revive. Kembali ke tempat batu dan naiki tangga di utara menuju lantai berikutnya.

Naiki tangga di sebelah selatan dan ikuti jalannya ke tangga lain yang akan membawamu ke lantai atas. Masuki lubang di lantai dan lanjut ke utara. Geser batu sekali saja ke kiri dan turuni tangga untuk mengambil Full Restore. Dorong lagi batu itu ke kanan dan lanjutkan perjalananmu ke lantai berikutnya.

Jalanlah melewati lubang dan lanjut ke kiri. Di utara, di antara batu-batu yang bisa dihancurkan, temukanlah sebuah Ultra Ball. Berikutnya, ada dua buah lubang lagi. Masuk ke lubang utara dan ambil HP Up. Naiki tangga terdekat dan lurus ke utara. Hindari lubang berikutnya dan temukan Rare Candy tersembunyi di balik batu besar. Sekarang masuki lubang sebelumnya dan ikuti tangga di kiri untuk mendapatkan TM26, Earthquake. Naik lagi ke lantai sebelumnya. Lanjut ke kanan, hancurkan 3 buah batu yang tersusun berbaris dan dapatkan TM79, Dark Pulse. Bersiaplah karena Silver akan menantangmu begitu kamu hendak melangkah keluar!

Pokemon League


Seperti biasa, kamu harus mengalahkan para Elite Fours dan sang Champion sekaligus, jadi habiskan saja uangmu untuk membeli Full Restores sebanyak mungkin. Yang akan kamu hadapi adalah Will, ahli tipe Psychic; lalu Koga, ahli tipe Racun; Bruno, ahli tipe Petarung alias Fighting; dan Karen, ahli tipe Dark. Sang Champion, Lance si ahli Pokemon tipe Naga akan menggunakan tim penuh berisi 6 Pokemon, dengan Pokemon terkuatnya memiliki level 50. Kalahkan mereka dan buktikan kalau kamu adalah Trainer terkuat!

Bersambung Bagian 4

3 komentar:

  1. gan itu yang di whirl island yang mau dapetin lugia kurang akurat gan. nggak ketemu ketemu lugianya

    BalasHapus
  2. Itu rainbow wingnya ga dapet dah gan? Gimana yaa caranya? Pliss

    BalasHapus